Kamis, 12 November 2015

Daftar Tempat Wisata di Klaten Jawa Tengah

Daftar Tempat Wisata di Klaten Jawa Tengah - Terdapat berbagai macam daerah di wilayah Jawa Tengah salah satunya adalah Klaten. Daerah Klaten ini terdapat di antara dua pusat yang masih kental dengan tradisi kebudayaannya, yaitu Kerajaan Surakarta dan Kesultanan Yogyakarta. Jika anda sedang berada didaerah sini, maka jangan sampai lupa untuk  mengunjungi berbagai macam tempat wisata di Klaten. Berikut beberapa tempat wisata di Klaten yang harus anda kunjungi.

10 Tempat Wisata di Klaten

1. Candi Prambanan

Candi Prambanan
Wikipedia.org
Candi Prambanan merupakan ikon yang sangat terkenal di daerah Jawa Tengah. Cand ini terletak diantara dua perbatasan daerah yaitu Kabupaten Klaten dan Provinsi Yogyakarta. Jadi banyak orang yang mengatakan bahwa candi yang sangat mendunia ini juga sebagai tempat wisata di Klaten. Candi Prambanan terkenal dengan cerita  legendanya yaitu antara Roro Jonggrang dengan Bandung Bondowoso. Konon menurut legenda yang tersebar luas di masyarakat adalah bahwa candi yang keseribu di Candi Prambanan tersebut merupakan sosok Roro Jonggrang yang dikutuk oleh Bandung Bondowoso.

2. Objek Mata Air Cokro (OMAC)

Objek Mata Air Cokro (OMAC)
solopos.com
Tempat wisata di Klaten selanjutnya adalah Objek Mata Air Cokro atau biasa disebut oleh penduduk sekitar sebagai Umbul Cokro Tulung. Wisata ini terdapat di Desa Cokro Kecamatan Tulung Kabupaten Klaten. Umbul Cokro Tulung ini luasnya mencapai 15.000 meter persegi. Air yang diperoleh dari Umbul Cokro Tulung itu sendiri berasal dari mata air yang jernih dan bersih. Selain itu juga aliran sungai yang tenang dan bersih serta berbagai macam pepohonan yang rindang yang ditanam dan dirawat oleh pengelola tempat wisata tersebut membuat tempat ini semakin nyaman untuk dikunjungi.

Terdapat berbagai macam wahana di Umbull Cokro Tulung ini diantaranya adalah waterboom, flying fox, water sliding, serta tempat bermain untuk anak-anak. Yang unik dari tempat wisata di Klaten ini adalah adanya upacara tradisional Padusan yang memang selalu dilaksanakan setiap satu hari sebelum puasa. Masyarakat disini mempunyai kepercayaaan bahwa untuk menjalankan puasa sebelumnya kita harus mensucikan diri kita terlebih dahulu. Jadi masyarakat Klaten disini akan berbondong-bondong untuk mandi ditempat pemandian air tersebut dengan harapan agar puasanya dapat diberikan kelancaran dan dapat berjalan dengan baik.

3. Menyelam di Umbul Ponggok

Menyelam di Umbul Ponggok
mytaktiktuk.blogspot.co.id
Menyelam di laut dan melihat ikan-ikan didasar lautnya mungkin sudah biasa. Tapi tempat wisata di Klaten ini menyediakan hal yang unik yaitu menyelam sambil bergaya menonton televisi ataupun bermain video game. Jadi menyelam di Umbul Ponggok ini bukan menyelam dilaut lepas melainkan menyelam disebuah kolam renang yang berbentuk raksasa. Jadi kolam renang ini didekorasi serekayasa mungkin seperti diletakkan bebatuan yang mirip dengan batu karang dan ikan-ikan yang berbagai macam bentuk dan warna sehingga terlihat mirip sekali dengan dasar lautan.

4. River Boarding

river boarding kali pusur
riverboardingpusur.blogspot.co.id
Jika anda penikmat wisata adrenalin silahkan anda mencoba objek wisata air river boarding di Kali Pusur. Tempat wisata di Klaten yang selanjutnya ini letaknya tidak jauh dari tempat wisata Umbul Cokro Tulung. Diobjek wisata ini kalian akan menikmati rasanya mengarungi sungai dengan aliran yang tidak menentu kadang  cepat, kadang lambat dan landai, namun bisa juga menjadi deras dan jeram. Untuk river boarding ini sendiri sudah dipastikan aman karena disana anda akan ditemani oleh dan didampingi oleh pemandu dan operatornya.

5. Museum Gula Gondang Winangoen

Museum Gula Gondang Winangoen

Dilihat dari namanya anda pasti sudah menebak bahwa museum ini adalah museum yang berkaitan dengan gula. Tentu saja kalian semua benar. Museum yang terletak Desa Gondang, Kecamatan Jogonalan, Kabupaten Klaten ini merupakan sebuah museum yang terletak didalam pabrik gula yang luasnya mencapai 100 hektar. Museum ini juga katanya merupakan museum gula yang terbesar se-Asia Tenggara. Didalam museum ini terdapat banyak sekali barang-barang replika atau buatan yang bersangkutan dengan  pembuatan gula tersebut. Selain itu juga terdapat berbagai macam benda bersejarah seperti foto-foto  pada zaman dahulu, alat komunikasi sewaktu masa penjajahan. Untuk mengetahui informasi tentang gula anda dapat mengunjungi perpustakaan gula di museum tersebut. Disini juga sudah dibuat greenpark, waterpark, outbond, dan juga flying fox. Terdapat juga arena bermain untuk anak-anak dan juga kafe untuk bersantai.

6. Bukit Sidagura

Bukit Sidagura
nonobudparpora.wordpress.com
Tempat wisata di Klaten berikutnya adalah Bukit Sidagura. Bukit Sidagura terletak disebelah utara Rowo Jombor tepatnya di Desa Krakitan, Kecamatan Bayat Kabupaten Klaten. Jika kita berada dipuncak bukit tersebut maka kita akan melihat pemandangan yang sangat indah dari bukit ini. Diantaranya kita dapat melihat kawasan Rowo Jombor dan perbukitan yang menjulang kelangit di Pegunungan Kendeng Selatan dari atas Bukit Sidagora ini. Yang menarik dari tempat ini adalah terdapat juga kegiatan kebudayaan warga Krakitan yang disebut Syawalan. Kegiatan ini dilakukan setelah melaksanakan ibadah puasa di bulan Ramadhan. Jadi kita anda ingin menyaksikan kegiatan ini silahkan datang ke Desa Rakitan setelah lebaran.

7. PT. Aquafarm Nusantara

nonobudparpora.wordpress.com
Tempat wisata ini memang merupakan sebuah perusahaan yang berasal dari Perusahaan Modal Asing. Perseroan Terbatas (PT) ini terletak di Desa Wunut Kecamatan Tulung Kabupaten Klaten. PT. Aquafarm Nusantara adalah sebuah perusahaan yang bergerak dibidang pembibitan ikan nila merah dan juga ikan nila hitam. Sebelum dijual bebas dipasaran proses awalnya adalah terlebih dahulu benih-benih ikan ini dikirim kedaerah Kabupaten Wonogiri dan Kabupaten Wonosobo atau disebut juga sebagai Wadas Lintang. Setelah benih-benih ini dibesarkan dikedua Kabupaten tersebut barulah dapat dijual kepasaran hingga diekspor ke negara Amerika. Tempat ini merupakan tempat wisata pendidikan karena dapat mengajarkan bagaimana cara memelihara dan membudidayakan ikan. Bagi anda yang ingin mencoba usaha dan bisnis ikan nila merah dan hitam ini silahkan kunjungi perusahaan ikan nila ini di Desa Wunut.

8. Warung Apung

tempatwisatadaerah.blogspot.com
Warung Apung merupakan tempat wisata di Klaten yang mungkin jarang anda temui diluar daerah. Karena kebanyakan warung pada umumnya adalah warung yang dibangun diatas tanah. Namun untuk didaerah Klaten ini berbeda dengan warung yang lainnya. Warung yang letaknya berada didaerah Rowo Jombor, Kabupaten Klaten merupakan warung yang dibangun diatas air sehingga membuat warung ini terapung diatasnya. Warung disini menyediakan berbagai macam hidangan makanan yang kebanyakan adalah ikan yang hidup diair tawar, seperti ikan gurame, nila, lele, dan lain sebagainya. Pada hari-hari tertentu di Warung Apung ini biasanya terdapat sebuah hiburan seperti orkes dangdut.

9. Desa Wisata Pokak

Desa Wisata Pokak
nonobudparpora.wordpress.com
Desa ini merupakan sebuah desa wisata yang terkenal dengan kerajinan replika mobil serta perayaan tradisi Sendang Sinangko. Tradisi ini merupakan tradisi turun-temurun yang dilakukan masyarakat desa Pokak, Kecamatan Ceper, Kabupaten Klaten. Sendang Sinangko merupakan sebuah tradisi dimana masyarakatnya akan menyembelih kambing dari puluhan hingga ratusan kambing. Tradisi ini dilakukan untuk rasa syukur mereka kepada Sang Pencipta karena telah memberikan kelimpahan terhadap mata air sendang sehingga mereka bisa panen dengan hasil yang melimpah.

10. Wisata Makam Sunan Tembayat

Wisata Makam Sunan Tembayat
wisatamu.com
Terdapat banyak wisata religi yang terdapat di Klaten, salah satunya yang terkenal adalah Makam Sunan Tembayat. Tempat wisata di Klaten yang berunsur religi ini terdapat didaerah Kecamatan Bayat. Sunan Tembayat merupakan seseorang yang telah menyebarkan agama Islam didaerah Klaten dan jasadnya pun dikubur didaerah Bayat ini. Sunan Tembayat belajar ilmu agama Islam melalui Sunan Kalijaga dan menurut cerita yang tersebar dari masyarakat Sunan Tembayat merupakan bagian dari kisah asal-usul Kota Salatiga.

Daftar Tempat Wisata di Klaten Jawa Tengah Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Yusuf Fikri

0 komentar:

Posting Komentar