Jumat, 08 Januari 2016

Wisata Gunung Api Purba Yogyakarta

Dari namanya saja pasti Anda dapat menebak bahwa gunung api ini dulunya tempat tinggal manusia Purba bukan hehe. Yang jelas belum ada bukti sejarah yang menyatakan gunung api Purba tempat tinggalnya manusia Purba, namun bisa juga mungkin dulunya tempatnya manusia Purba. Sehingga orang menamakannya gunung api Purba.

Gunung Api Purba Yogyakarta

Gunung Api Purba terletak di Nglanggeran, Patuk, Gunungkidul, DI Yogyakarta. Gunung ini termasuk kawasan ekowisata di Yogyakarta. Gunung api Purba berada di ketinggian, dan meliputi kawasan seluas 48 hektar dari total 762,09 hektar luas Desa Nglanggeran. Dari Yogyakarta lokasi wisata yang sudah banyak didatangi orang ini berjarak sekitar 25 kilometer.
Gunung Api Purba Yogyakarta 2

Biaya tiket masuk kawasan gunung api Purba cukup murah yaitu sebesar Rp. 2.000/ orang, sedangkan biaya parkir mobil Rp. 5.000. Walau dengan biaya murah seperti itu, pengelolaan wisata di Nglanggeran telah mampu mendatangkan pendapatan sebesar Rp 1,4 miliar pada tahun 2014 dengan jumlah kunjungan wisatawan mencapai 325.000 orang.
Gunung Api Purba Yogyakarta 3


Sebuah angka fantasitis, jika mengingkat dulunya kawasan ini sering dieksploitasi warga dengan mengambil batu dan menebang pohonnya. Lewat pendekatan sekelompok anak muda yang tergabung dalam Karang Taruna, desa ini kemudian disulap menjadi desa wisata dengan konsep pengelolaan ekowisata.
Gunung Api Purba Yogyakarta 4

Pemandangan Kota Yogyakarta dari celah dua batu raksasa di kawasan wisata Gunung Api Purba Nglanggeran, Gunungkidul, DI Yogyakarta. Kini penduduk setempat mendapat pendapatan dari menyewakan homestay, menjual beraneka kuliner dan berbagai fasilitas penunjang wisata lainnya. Sungguh sebuah usaha pengelolaan destinasi wisata yang wajib ditiru.

Di pintu masuk ke pendakian Gunung Api Purba telah disambut dengan bangunan pendopo khas Yogya, dan beberapa ornamen pelengkap, seperti lampu taman. Toilet yang bersih juga terdapat di beberapa sudut. Papan-papan penunjuk tersebar di mana-mana yang memudahkan pengunjung mendapatkan informasi.

Gunung Api Purba Nglanggeran terletak di zona Pengunungan Selatan Jawa Tengah-Jawa Timur atau di sub zona Pengunungan Baturagung dengan ketinggian 700 meter dari permukaan laut. Beberapa lerengnya cukup curam dan terjal, bahkan beberapa membentuk dinding batu. Gunung ini secara geologi merupakan endapan vulkanik tua berjenis andesit, yang diperkirakan berumur antara 60 hingga 70 juta tahun yang lalu. Batu-batu raksasanya membentang sekitar 800 meter dan setinggi 300 meter.

Selain potensi gunung api purbanya, di kawasan ekowisata Nglanggeran juga dijumpai fauna dan flora langka seperti tanaman tremas dan kera ekor panjang. Di sekitar lokasi itu juga masih berkembang kegiatan seni dan budaya lokal seperti bersih desa. Batu-batu raksasa yang membentuk dinding khas di kawasan wisata Gunung Api Purba Nglanggeran, Gunungkidul, DI Yogyakarta.
Dari kejauhan, kawasan gunung api purba ini menyajikan pemandangan yang ekstotis dengan berbagai gunung kecil lainnya yang dinamai warga sesuai dengan bentuknya, seperti Gunung Lima Jari, Gunung Kelir, Gunung Wayang dan sebagainya.

Keunikan lainnya adalah di puncak Nglarenggang terdapat Dusun Tlogo Mardidho yang hanya boleh dihuni oleh tujuh kepala keluarga. Warga di sana percaya jika kepala keluarga yang tinggal di dusun ini kurang atau lebih, maka akan terjadi hal-hal buruk yang tidak diinginkan. Hingga saat ini, dusun itu tetap dipertahankan dihuni oleh tujuh kepala keluarga. Jika ada anak-anak mereka membentuk keluarga baru, maka keluarga tersebut harus meninggalkan dusun Tlogo Mardhido.

Tak hanya trekking ke Gunung Api Purba, di kawasan ekowisata Nglanggeran terdapat juga beberapa obyek wisata seperti Embung Nglanggeran dan Air Terjun Kedung Kandang serta aktifitas bercocok tanam warga di sana.

Wisata Gunung Api Purba Yogyakarta Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Yusuf Fikri

0 komentar:

Posting Komentar