Kamis, 28 Januari 2016

10 Tempat Wisata Menarik di Mojokerto Jawa Timur

Mojokerto merupakan salah satu daerah di Provinsi Jawa Timur yang tak kalah menarik dari daerah lain di Jawa Timur. Indonesia memang sangat kaya akan tempat wisatanya, di setiap daerah pasti ada saja tempat wisata yang menarik yang harus didatangi oleh para wisatawan yang datang berkunjung ke sana. Begitu juga dengan Mojokerto. Jika Anda berkesempatan untuk datang ke Mojokerto dan tidak tahu tempat wisata yang bagus untuk didatangi maka simak informasi berikut tentang 10 Tempat Wisata di Mojokerto yang harus didatangi.

1. Petirtaan Jolotundo


Petirtaan Jolotundo
Petirtaan Jolotundo
Mojokerto memang memiliki banyak tempat wisata sejarah, di sana terdapat beberapa peninggalan dari jaman kerajaan dulu yang bisa Anda kunjungi. Selain bisa menikmati wisata alam di sekitarnya, Anda juga bisa mendapatkan pengetahuan baru tentang sejarah di tempat itu. Jika Anda sedang berada di daerah Trawas, Mojokerto, maka Petirtaan Jolotundo adalah Tempat Wisata di Mojokerto yang harus Anda datangi. Meskipun sudah sangat lama berdiri, namun Petirtaan ini berdiri dengan kokoh.

2. Air Terjun Dlundung


Air Terjun Dlundung
Air Terjun Dlundung
Masih berada di Kecamatan Trawas di Mojokerto jika Anda datang ke desa Kemloko maka Anda bisa menemukan sebuah wisata alam berupa air terjun yang indah. Air terjun dikenal dengan nama air terjun Dlundung. Air terjun tersebut tidak terlalu  tinggi namun cukup membuat suasana di sekitar air terjun menjadi sejuk, bagus sekali bagi Anda yang membutuhkan udara segar setelah penat dengan udara kota yang penuh polusi.

3. Pemandian Ubalan


Pemandian Ubalan
Pemandian Ubalan
Berpindah ke kecamatan Pacet tepatnya di desa Padusan maka Anda bisa mendatangi sebuah tempat pemandian yang sudah disulap sedemikian rupa sehingga bisa memuaskan Anda yang suka dengan wisata air. Nama Tempat Wisata di Mojokerto tersebut adalah pemandian ubalan. Pastinya akan menyenangkan jika Anda datang ke tempat wisata ini bersama dengan keluarga, karena pemandian yang ada bukan hanya sekedar pemandian biasa, melainkan terdapat wahana sederhana seperti perosotan yang pastinya disukai oleh anak-anak Anda.

4. Air Terjun Coban Canggu


Air Terjun Coban Canggu
Air Terjun Coban Canggu
Masih berada di kawasan yang sama dengan pemandian ubalan, jika Anda ingin kembali mengunjungi Tempat Wisata di Mojokerto yang bertemakan air namun dengan suasana yang lebih alami maka Anda bisa mengunjungi air terjun coban canggu. Serunya di sana terdapat vila-vila yang bisa Anda gunakan untuk menginap sehingga Anda bisa puas berwisata di sekitar air terjun tersebut. Air terjun ini menyuguhkan pemandangan yang indah khas alam sehingga Anda bisa dengan tenang bermain air di air terjun coban canggu ini bersama dengan orang-orang terkasih.

5. Museum Trowulan


Museum Trowulan
Beberapa pelajar tengah melihat salah satu koleksi Museum Trowulan
Apakah Anda adalah orang yang sangat suka melihat-lihat peninggalan sejarah kerajaan Indonesia? Maka Museum Trowulan adalah Tempat Wisata di Mojokerto yang pas sekali untuk Anda tandangi. Karena di mueum trowulan yang berada di desa trowulan, kecamatan Trowulan itu Anda bisa melihat-lihat peninggalan sejarah dari Kerajaan Majapahit dengan sangat lengkap. Seperti yang Anda ketahui bahwa kerajaan Majapahit adalah kerajaan yang sangat berjaya dahulu di Indonesia. Kerajaan ini memiliki peranan yang penting dalam membangun negeri ini dahulu. Selain itu, peninggalan sejarah dari kerajaan Singasari, Kediri dan juga Kahuripan bisa dilihat koleksinya di museum ini. Bisa dikatakan bahwa museum ini merupakan museum yang sangat lengkap sehingga harus Anda kunjungi saat Anda berkesempatan datang ke Mojokerto.

6. Pendopo Agung Trowulan


Pendopo Agung Trowulan
agustinsasmita.blogspot.co.id
Masih dari lokasi yang sama dengan Museum Trowulan, sebelum Anda pergi dari kecamatan Trowulan rasanya tidak lengkap jika Anda tidak mengunjungi tempat wisata yang dikenal dengan pendopo agung trowulan ini. Di sana setiap tahunnya banyak wisatawan yang datang dan letaknya tidak begitu jauh dari museum trowulan. Sehingga jika Anda datang ke museum trowulan tanpa singgah di pendopo agung trowulan maka rasanya kurang lengkap. Di pendopo agung trowulan, dari gerbang depannya Anda akan di sambut dengan pintu utama masuk ke pendopo yang mirip dengan pintu masuk yang ada di tempat-tempat suci di Bali. Anda tidak akan menyesal jika datang ke tempat wisata ini.

7. Mahavihara Majapahit Patung Budha Tidur


Mahavihara Majapahit Patung Budha Tidur
dhelittyafinaly.blogspot.co.id
Mahavihara majapahit ini merupakan tempat beribadahnya orang-orang penganut agama Budha yang berada di Mojokerto. Hal yang unik yang menjadi daya tarik di Tempat Wisata di Mojokerto itu adalah karena di sana terdapat patung budha tidur yang paling besar ketiga di dunia. Patung budha tersebut berwarna emas dan berada di samping vihara tersebut. Jadi orang-orang yang datang ke sana bukan hanya ingin beribadah, orang-orang non Budha pun bisa datang ke tempat itu untuk melihat keunikan dari patung budha yang tersohor itu. Lokasi dari tempat wisata ini berada di Desa Bejijong, Mojokerto, Provinsi Jawa Timur.

8. Kolam Segaran Mojokerto


Kolam Segaran Mojokerto
sejarah-andychand.blogspot.co.id
Kota Mojokerto memang terkenal memiliki banyak sekali peninggalan dari Kerajaan Majapahit. Salah satunya adalah kolam segaran di Mojokerto. Kolam segaran ini berada di Kecamatan Trowulan. Di Indonesia kolam ini dianggap merupakan kolam dari jaman kuno yang paling besar. Karena jika Anda datang ke sana dan melihat dengan mata kepala sendiri, barulah Anda akan takjub dengan besar dan lebarnya kolam tersebut. Dengan melihat besarnya kolam tersebut maka bisa dilihat juga bagaimana dahulu kerajaan Majapahit menjadi kerajaan yang sangat berjaya di Indonesia. Kolam ini masih terawat dengan baik dan banyak menjadi tempat yang dikunjungi oleh wisatawan yang datang ke kota Mojokerto.

9. Candi Wringin Lawang


Candi Wringin Lawang
Candi Wringin Lawang
Satu lagi lokasi candi bersejarah yang ada di Mojokerto yang menarik untuk didatangi adalah candi wringin lawang yang lokasinya berada di Kecamatan Trowulan tepatnya di Desa Jati Pasar. Candi ini pun juga dipercaya oleh masyarakat Mojokerto sebagai salah satu candi peninggalan Kerajaan Majapahit, dari banyaknya peninggalan kerajaan tersebut di Mojokerto bisa dilihat bahwa kerajaan ini memang sangat berkuasa pada zamannya dahulu. Candi ini masih terawat dengan baik, candi ini memilik dinding yang berwarna oranye kontras dengan lingkungan sekitarnya yang hijau. Dengan melengkapi candi ini maka pengetahuan Anda tentang Kerajaan Majapahit bisa makin bertambah.

10. Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala


Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala (BP3) Trowulan
thearoengbinangproject.com
Jika saat Anda berwisata ke Mojokerto Anda membawa serta anak-anak maka Anda bisa mengunjungi Tempat Wisata di Mojokerto yang satu ini. Tempat ini bernama Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala.  Dengan datang ke tempat ini maka Anda dan juga anak-anak Anda bisa mendapatkan pengetahuan dengan melihat langsung benda purbakala yang di simpan di tempat ini. Anda tidak hanya diajak belajar di tenmpat ini tapi juga bisa melihat dari jarak dekat barang-barang purbakala yang dirawat di tempat ini. Pastinya seru sekali belajar dengan melihat langsung benda yang sedang dibicarakan apalagi karena ini merupakan benda yang bersejarah dan sudah ada sejak zaman dulu. Anak-anak Anda pasti akan tertarik tidak hanya dengan bendanya melainkan juga dengan sejarah yang ada di balik benda-benda tersebut. Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala ini terletak di Kecamatan Trowulan, Mojokerto. Untuk informasi destinasi wisata lain di Jawa Timur anda bisa membuka di tautan berikut ini 6 Tempat Wisata di Jawa Timur yang Menarik.

10 Tempat Wisata Menarik di Mojokerto Jawa Timur Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Yusuf Fikri

0 komentar:

Posting Komentar