Senin, 25 Januari 2016

12 Tempat Wisata di Wonogiri yang Menarik untuk Dikunjungi

12 Tempat Wisata di Wonogiri yang Harus Dikunjungi - Kabupaten Wonogiri adalah bagian dari wilayah Provinsi Jawa Tengah. Terletak di bagian selatan dari kota Solo serta berbatasan langsung dengan samudera Hindia, Kabupaten Wonogiri menawarkan berbagai pesona dan destinasi wisata yang cukup menarik dan harus dikunjungi.

Selain berbatasan dengan daerah yang kaya akan destinasi wisata seperti Solo, Wonogiri juga bersebelahan wilayah dengan Kabupaten Karanganyar, Sukoharjo, Ponorogo, Pacitan, Magetan, dan Gunung Kidul.

Berbatasan dengan daerah-daerah tersebut memberikan keuntungan tersendiri bagi berbagai daerah di Wonogiri terutama akses ke tempat wisata. Selain di dominasi oleh wisata pantai, Kabupaten Wonogiri juga menyimpan potensi wisata yang tak kalah indah dan menariknya.

Berikut berbagai daftar tempat tempat wisata di Wonogiri? Yuk simak ulasan dan informasinya di bawah ini.

1. Pantai Nampu


Pantai Nampu Wonogiri
Pantai Nampu Wonogiri, moelyokojozz.blogspot.co.id
Dengan karakteristik pasir putih dan bebatuan karang yang indah, pantai Nampu merupakan destinasi yang wajib dikunjungi oleh wisatawan saat berkunjung ke Wonogiri. Pemandangan sekitar pantai juga tak kalah menawannya. Angin khas pantai juga menjadi keunggulan tersendiri di pantai yang berlokasi di Kecamatan Paranggupito ini.

Pantai ini cukup asri karena belum begitu tersentuh olah banyak wisatawan. Jadi tak ada salahnya jika akhir pekan atau waktu liburan Anda meluangkan waktu mengunjungi pantai ini. Akses menuju pantai ini juga mudah melalui bis umum yang menuju Kecamatan Paranggupito.

2. Pantai Banyutowo


Pantai Banyutowo Wonogiri
Pantai Banyutowo Wonogiri, pariwisata.wonogirikab.go.id
Masih berada di wilayah Kecamatan Paranggupito tepatnya di Gudangharjo, pantai Banyutowo memiliki keunikan tersendiri yaitu air tawar yang bersumber dari sungai-sungai yang ada di sekitarnya.

Selain pesona air tawar dan air lautnya, pantai Banyutowo juga memiliki pemandangan alam yang indah dengan batu-batu karang yang begitu mempesona dan menjadi tempat wisata di Wonogiri yang wajib dikunjungi.

3. Pantai Sembukan


Pantai Sembukan Wonogiri
Pantai Sembukan Wonogiri, jatengprov.go.id
Tak berbeda jauh dengan dua pantai sebelumnya yaitu pantai Nampu dan pantai Banyutowo, di Wonogiri juga terdapat pantai lain yang layak dijadikan destinasi favorit para wisatawan. Pantai tersebut bernama pantai Sembukan. Pantai ini masih berada di Kecamatan Paranggupito.
Pemandangan yang ditawarkan pantai ini mampu mempesonakan mata para wisatawan. Selain menikmati suasana indah dan damai, pantai Sembukan juga bisa dinikmati dengan kegiatan memancing. Bahkan warga setempat kerapkali mengadakan acara adat di pantai Sembukan.

4. Waduk Gajah Mungkur


Waduk Gajah Mungkur
Waduk Gajah Mungkur, wikipedia
Wonogiri memiliki salah satu waduk yang sangat terkenal. Waduk ini telah lama dibangun yaitu pada tahun 1970. Luas waduk sekitar 8.800 hektar. Tak hanya dimanfaatkan untuk kebutuhan pertanian, waduk Gajah Mungkur bahkan dijadikan lokasi favorit para wisatawan.

Akses menuju waduk ini tak terlalu jauh. Dari kota Wonogiri wisatawan hanya perlu menempuh jarak sekitar 3 km ke lokasi wisata yaitu waduk Gajah Mungkur. Waduk ini memiliki pemandangan alam yang sangat indah. Tak hanya sampai di situ wisatawan juga bisa menikmati hasil ikan yang terdapat di waduk ini.

5. Air Terjun Setren Girimanik


air terjun girimanik wonogiri
air terjun girimanik wonogiri, giri-manik.blogspot.co.id
Wonogiri juga mempunyai potensi wisata air terjun yang tak kalah dengan daerah lain. Terdapat air terjun Setren yang menjadi kegemaran para wisatawan di kala akhir pekan maupun saat musim liburan tiba. Pemandangan di tempat ini akan memukai wisatawan dengan paduan air terjun nan indah.

Air terjun tersebut berlokasi di desa Setren, Kecamatan Slogohimo. Akses menuju objek wisata ini harus menempuh jarak sekitar 30 km dari kota Wonogiri tepatnya menuju ke arah timur. Biasanya air terjun Setren akan dipadati wisatawan setiap harinya, namun akhir pekan adalah waktu kunjungan terpadat.

6. Air Terjun Binangun Watu Jadah


Air Terjun Binangun Watu Jadah
Air Terjun Binangun Watu Jadah
Selain air terjun Setren, Wonogiri masih punya tempat wisata menarik yaitu air terjun Binangun Watu Jadah. Hanya saja tempat wisata ini tersembunyi karena akses menuju lokasi yang membutuhkan waktu yang tak sedikit.

Wisatawan yang ingin menuju ke air terjun Binangun Watu Jadah harus menempuh perjalanan kaki selama 1 jam yang harus melewati persawahan dan perbukitan di sekitar gunung Lawu. Lokasi air terjun ini berada di desa Girimulyo, Kecamatan Jatipurmo. Pemandangan dan semburan dingin air di tempat wisata ini akan menjadi obat setelah menempuh jarak dan waktu yang cukup lama.

7. Goa Putri Kencono


Goa Putri Kencono
Goa Putri Kencono, solopos.com
Tempat wisata di Wonogiri yang menjadi wisata unggulan adalah Goa Putri Kencono yang. Goa ini memiliki pemandangan yang sangat memukau. Karakter utama goa ini adalah memiliki banyak stalagmid dan stalagtid yang terdapat di sepanjang goa.

Luas goa yang memiliki nama Putri Kencono ini sekitar 1000 m2.. Goa Putri Kencono terdapat di Kecamatan Pracimantoro yang berjarak sekitar 40 km jika dilalui dari kota Wonogiri. Wisatawan bisa menikmati keunikan goa dengan ciri khas batu-batu menggantung.

8. Papan Luncur Gantole


Papan Luncur Gantole
novitashary-keindahanwonogiri.blogspot.co.id
Bagi wisatawan yang menyukai tantangan ketinggilan maka tempat wisata di Wonogiri yang bernama wahana papan luncur di bukit Gantole layak dicoba. Arena wisata ini cukup menantang dan sangat menguji nyali serta adrenalin wisatawan. Lokasi arena wisata ini terletak di bukit desa Sendang.

Wisatawan bisa memilih ketinggian untuk mencoba papan luncur Gantole. Terdapat dua pilihan yaitu dari ketinggian 200 m dan ketinggian 400 m. Arena papan luncur ini bisa Anda jadikan wisata alternatif saat berkunjung ke Wonogiri. Di bukit Gantole ini juga wisatawan bisa melihat kegiatan paralayang.

9. Museum Karst Dunia Wonogiri


Museum Karst Dunia Wonogiri
pracimantara.blogspot.co.id
Wonogiri masih memiliki beragam tempat wisata menarik. Kali ini wisatawan akan diajak melakukan wisata edukasi yaitu mengenal bebatuan Karst. Melalui Museum Karst Dunia yang dimiliki oleh Kabupaten Wonogiri wisatawan bisa mengenal banyak berbagai jenis bebatuan Karst.

Wisatawan bisa mengajak keluarga tercinta menikmati wisata edukasi dan informasi di museum ini.
Museum Karts Indonesia berlokasi di desa Gebangharjo Kecamatan Pracimantoro. Jarak tempuhnya sekitar 38 km ke arah selatan dari kota Wonogiri.

10. Museum Wayang Indonesia


museum wayang wonogiri

Jika ingin mengenal salah satu karya seni dan budaya datanglah ke Museum Wayang Indonesia yang terletak di Kecamatan Wuryantoro Wonogiri. Di sini terdapat berbagai koleksi wayang Jawa seperti wayang kulit, golek, topeng, suket, dan lain sebagainya.

Wisatawan bisa tahu lebih banyak tentang produk dan warisan budaya wayang Indonesia melalui Museum Wayang Indonesia yang berada di Kabupaten Wonogiri ini.

11. Hutan Alas Kethu


Hutan Alas Kethu
wonogirikab.go.id
Wisata hutan Alas Kethu memiliki luas sekitar 40 hektar. Wisatawan bisa memanfaatkan rekreasi di kawasan hutan yang menjadi nafas dan paru-paru kota ini. Berbagai tumbuhan dan pepohonan seperti Jati, Katu Putih, Akasia, dan Mahoni menghiasi wajah Alas Kethu.

Suasana hutan yang asri dan rindang akan memanjakan wisatawan. Wisatawan bisa memilih menyusuri hutan Alas Kethu dengan jalan kaki atau bersepeda sembari menikmati pemandangan hutan yang mempesona.

12. Kahyangan


Wisata di Wonogiri
ndangkrang.wordpress.com
Tempat wisata yang terletak di desa Dlepih, Kecamatan Tirtomulyo ini memiliki pemandangan yang sungguh indah dan menawan. Terdapat air terjun dan sendang yang menjadi penghuni tempat wisata ini. Tak hanya itu tempat wisata Kahyangan juga digunakan untuk kegiatan spiritual dan tempat petilasan Mangkunegaran I dulunya. Baca juga info tentang 12 Daftar Tempat Wisata di Jawa Tengah dan Sekitarnya yang Populer.

Nah, itulah 12 tempat wisata di Wonogiri yang harus Anda kunjungi pada hari-hari biasa, akhir pekan atau pada masa liburan. Anda bisa menjadikan daftar tempat wisata itu sebagai referensi kunjungan Anda nantinya.

12 Tempat Wisata di Wonogiri yang Menarik untuk Dikunjungi Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Yusuf Fikri

0 komentar:

Posting Komentar