Senin, 04 Januari 2016

6 Tempat Wisata Di Balikpapan Yang Wajib Dikunjungi

6 Tempat Wisata Di Balikpapan Yang Wajib Dikunjungi - Liburan menjadi salah satu alternative yang sering kali diambil oleh sebagian besar masyarakat untuk mengisi waktu luang bersama keluarga dan orang terdekat. Liburan sendiri juga memiliki banyak sekali manfaat seperti membuat pikiran dan fisik menjadi lebih fresh sehingga nantinya tenaga akan terisi kembali setelah liburan dan akan menjadi lebih maksimal di dalam menjalankan aktivitas seperti semula. Sekarang ini untuk bisa liburan tidak perlu lagi ke luar negeri karena di Indonesia sendiri banyak sekali tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi.

Dari berbagai kota di Indonesia yang memiliki tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi, pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai kota Balikpapan. Mengunjungi Balikpapan sendiri tentu saja menjadikan suatu pengalaman tersendiri karena di Balikpapan terdapat banyak sekali tempat wisata yang sangat menarik untuk dikunjungi, selain itu nantinya Anda juga akan mendapatkan pengalaman yang tak terlupakan dari liburan Anda bersama keluarga dan orang terdekat.

Wilayah di kota ini sediri merupakan salah satu yang terpenting di Kalimantan, hal tersebut karena memiliki beberapa fasilitas penting, salah satunya adalah jalur penerbangan yang ada di pulau ini. Balikpapan ini juga sering kali menjadi lokasi untuk transit penerbangan untuk menuju ke beberapa kota yang ada di Balikpapan ini atau kota lain yang ada di luar pulau contohnya saja Sulawesi, seperti Makassar, Palu dan juga Manado. Dengan adanya sarana dan akses transportasi yang sangt baik, tentu saja perkembangan dan kemajuan dari pariwisata di Balikpapan ini sangat berkembang dengan pesat karena memang sampai saat ini ada banyak sekali wisatawan yang berkunjung ke Balikpapan untuk liburan.

Lalu apa saja rekomendasi tempat wisata di Balikpapan yang menarik untuk dikunjungi? Berikut ini adalah beberapa di antaranya:

Carribbean Island Waterpark

Carribbean Island Waterpark
Carribbean Island Waterpark
Tempat wisata di Balikpapan yang pertama adalah Caribbean Island Waterpark, tempat wisata ini merupakan waterboom yang mana sangat menarik untuk dikunjungi serta sangat cocok untuk rekomendasi liburan bersama keluarga, terutama anak – anak. Lokasinya sendiri ada di sebuah perumahan yang beralamatkan di jalan Kolonel Syarifuddin yang ada di wilayah Yoes II Kota Balikpapan. Lokasi wisata ini bisa dibilang cukup megah dan memiliki banyak wahana permainan yang mana sangat mirip dengan tempat wisata water park yang ada di Bali, sehingga Anda juga bisa merasakan petualangan di waterpark ini. Untuk tiket masuknya sendiri cukup murah dan terjangkau. Jadi tempat wisata ini sangat cocok untuk Anda kunjungi bersama keluarga dan orang terdekat.

Taman Monpera

Taman Monpera
Taman Monpera
Kemudian tempat wisata di Balikpapan yang kedua adalah Taman Monpera, tempat wisata ini merupakan sebuah monument perjuangan rakyat yang mana bisa dijadikan sebagai tempat wisata sejarah dan sering kali dibilang unik. Hal tersebut karena letaknya tidak seperti yang lainnya yaitu tengah kota, melainkan di Pantai Balikpapan. Meskipun unik, tetapi bisa juga disebut wajar karena pusat dari kota ini sendiri ada pada sepanjang selat yaitu selat Makassar. Di monument ini sendiri ada banyak rumah makan yang terkenal menyajikan beberapa menu pilihan, namun yang identik dari rumah makan di lokasi ini adalah seafood. Untuk beberapa fasilitasnya sendiri juga bisa dibilang cukup lengkap karena tersedia tempat parkir yang cukup luas, kemudian juga sering kali diadakan beberapa aktivitas yang menarik pada saat – saat tertentu. Lokasi wisata ini juga sangat cocok dimanfaatkan sebagai sarana untuk liburan bersama keluarga dan orang terdekat dengan mengunjungi monument serta menikmati indahnya pantai.

Pantai Kemala

Pantai Kemala
Pantai Kemala, klikbalikpapan.co
Lalu yang ketiga adalah Pantai Kemala, tempat wisata di Balikpapan ini memiliki pemandangan yang sangat indah karena memiliki pasir putih dan masih berada di sekitar lokasi wisata yang kita bahas tadi yaitu Taman Monpera. Anda juga bisa melakukan beberapa aktivitas yang memang sangat menyenangkan, adapun beberapa aktivitas yang bisa Anda lakukan di sana adalah bermain flying fox, banana boat, berjalan – jalan atau hanya menikmati keindahan alamnya saja. Untuk letaknya sendiri ada di Jalan Jenderal Sudirman, bagian Selatan Balikpapan. Yang menjadi keunikan dari pantai ini sendiri adalah menjadi salah satu pantai yang menjadi favorit wisatawan yang mana lokasinya ada di tengah kota serta banyak dikunjungi oleh wisatawan baik lokal maupun mancanegara. Pantai Kemala ini diresmikan pada 26 agustus 2007 oleh Hayati Indarto.

Hutan Bakau Margomulyo

Hutan Bakau Margomulyo
Hutan Bakau Margomulyo
Yang keempat adalah Hutan Bakau Margomulyo, tempat wisata di Balikpapan ini memiliki keunikan dan juga daya tarik tersendiri karena menghadirkan hutan bakau yang mana sangat menarik untuk dikunjungi dan pemandangannya sangat luar biasa serta jarang ditemukan di daerah yang lainnya. Hutan bakau ini sendiri memiliki fungsi sebagai hutan yang ada di tengah kota yang mana menggunakan jembatan yang terbuat dari kayudan digunakan sebagai akses untuk bisa menikmati keindahan dari hutan ini sendiri. Jembatan di hutan bakau ini memiliki panjang kurang lebih 800 meter. Untuk alamat dari tempat wisata ini adalah jalan AMD Gunung Empat, Margomulyo, yang mana masuk wilayah Balikpapan bagian Barat. Selain itu daya tarik dari hutan bakau ini juga memiliki menara untuk mengintai dan melihat berbagai macam burung yang mana tinggal di hutan ini. Kemudian hutan bakau ini juga menjadi rumah dari bekantan yang mana dapat dilihat pada pagi atau sore hari.

Pantai Manggar Segarasari

Pantai Manggar Segarasari
Pantai Manggar Segarasari
Tempat wisata alam di Balikpapan yang kelima adalah Pantai Manggar Segarasari, untuk lokasi dari pantai ini adalah dari 9 km Bandara Sepinggan ke arah timu dan 22 km jika dari kota Balikpapan. Luas dari tempat wisata ini kurang lebih adalah 13.000 m² sehingga tak heran pantai Manggar Segarasari ini sering kali dijadikan sebagai lokasi untuk menyelenggarakan berbagai kegiatan yang memiliki sifat mengibur serta rekreasi, salah satunya untuk merayakan hari ulang tahun kota Balikpapan ini. Pada tahun - tahun terakhir ini, pantai Manggar Segarasari ini menjadi wahana di mana berlangsungnya acara seperti pesta di laut dengan sangat meriah, kemudian juga sering dijadikan sebagai pertunjukan budaya maupun kreatifitas yang menggunakan panggung yang terbuka.

Tempat Penangkaran Buaya Teritip

Tempat Penangkaran Buaya Teritip
Tempat Penangkaran Buaya Teritip
Kemudian tempat wisata Balikpapan yang keenam adalah Penangkaran Buaya Teritip, lokasi wisata ini juga cukup diminati oleh sebagian masyarakat serta wisatawan karena memiliki daya tarik tersendiri seperti dapat melihat bagaimana cara penangkaran dari 3000 ekor buaya ini. Di tempat ini juga terdapat beberapa jenis buaya seperti buaya air tawar, kemudian buaya muara dan buaya supit. Penangkaran Buaya ini juga dibuka untuk umum sehingga siapapun dapat mengunjunginya. Kemudian untuk jam operasional dari obyek wisata ini adalah setiap hari mulai jam 08.00 sampai dengan 17.00. Dan untuk lokasinya sendiri berada di pusat kota sekitar 27 km. Lalu untuk koleksi buaya yang ada pada penangkaran ini juga bisa dibilang lebih banyak jika dibandingkan dengan yang berada di penangkaran buaya Asam Kumbang. Selain itu juga memiliki daya tarik tersendiri seperti terdapat atraksi yang sangat menarik, salah satunya adalah Anda dapat memberikan makanan berupa satu ekor ayam.

6 Tempat Wisata Di Balikpapan Yang Wajib Dikunjungi Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Yusuf Fikri

0 komentar:

Posting Komentar