Minggu, 31 Januari 2016

10 Tempat Wisata di Probolinggo dan Sekitarnya

10 Tempat Wisata di Probolinggo dan Sekitarnya - Ingin melepas beban hidup sekaligus menyatu dengan alam maka tempat yang cocok untuk mengisi liburan Anda adalah Probolinggo. Kabupaten yang terletak di Jawa Timur yang bisa dicapai dengan transportasi bus atau kereta dari ibukota provinsi Surabaya. Selain memiliki cerita sejarah yang menarik, Probolinggo memilki objek wisata andalan di antaranya adalah Gunung Bromo yang merupakan spot terbaik untuk menyaksika matahari terbit. Berwisata ke Probolinggo akan memberikan Anda petualangan yang seru sekaligus menjernihkan kembali pikiran yang lelah dengan rutinitas. Selain Gunung Bromo, berikut adalah tempat wisata di Probolinggo yang wajib masuk ke daftar rencana liburan Anda.

1. Pantai Bentar

Pantai Bentar
Pantai Bentar
Pantai Bentar yang terletak di Jln. Raya Probolinggo – Situbondo ini merupakan tempat wisata di Probolinggo yang sangat cocok untuk wisata keluarga. Jaraknya hanya 8 km dari pusat kota dan Anda tidak hanya bisa menikmati segarnya air laut dan pemandangan yang indah namun juga berbagai atraksi lain seperti permainan outbond dan kolam buatan. Bila Anda mengunjungi Pantai Bentar pada bulan Januari-Maret Anda bisa berkesempatan untuk menyaksikan hiu tutul yang sedang bermigrasi dari perairan Australia.  Untuk mengakomodasi wisatawan dengan lebih baik, pemerintah daerah berencana untuk membangu hotel apung yang bisa memberikan Anda pengalaman menginap di atas air laut.

2. Danau Ronggojalu

Danau Ronggojalu Probolinggo
Danau Ronggojalu Probolinggo
Bersantai di Danau Ronggojalu Anda bisa menikmati udara yang sejuk dengan pemandangan air danau yang bersih. Air danau digunakan untuk kebutuhan industri dan perumahan sehingga cukup bersih dan bening. Anda bisa berpiknik sambil mengajak putra putrid bermain air dengan pelampung yang disediakan. Ronggojalu terletak 15 km dari pusat kota Probolinggo tepatnya di Kecamatan Tegalsiwalan. Tersedia beberapa warung dan kedai di sekitar danau untuk mengisi perut Anda dengan makanan khas Probolinggo.

3. Gunung Argopuro

Gunung Argopura
 kompleks ini sering disebut Iyang-Argapura
Tempat wisata di Probolinggo yang tidak kalah menarik adalah Gunung Argopuro di mana Anda bisa mendaki gunung dan menikmati pemandangan beberapa puncak yang dimiliki oleh gunung ini. Argopura merupakan gunung berapi yang sudah tidak aktif dan memiliki dua titik wisata andalan yaitu Danau Taman Hidup dan Puncak Rengganis.  Puncak Gunung Argopuro yang berada di ketinggian 3.088 mdpl memiliki pos peristirahatan yang berupa danau yaitu Danau Taman Hidup dengan pemandangan yang asri. Selain itu Anda bisa menyaksikan sisa peninggalan jaman purbakala dari Kerajaan Dewi Rengganis yang berupa bangunan pada jalur puncak Rengganis.

4. Pulau Gili Ketapang

Pulau Gili Ketapang
Pulau Gili Ketapang
Ingin merasakan berlibur di pantai pribadi maka Anda harus mengunjungi tempat wisata di Probolinggo yaitu Pulau Gili Ketapang. Pulai yang berada di Selat Madura ini berjarak 8 km dari bibir pantai Probolinggo dan bisa dicapai melalui Pelabuhan Tanjung Tembaga. Dulunya Pulau dengan pasir putih ini merupakan bagian dari Pulau Jawa namun terpisah secara geologis akibat letusan dahsyat Gunung Semeru.  Pantainya yang masih perawan dan sepi bisa Anda nikmati dengan snorkeling atau sekedar bermain air di pinggir pantai.

5. Ranu Segaran

Ranu Segaran
Ranu Segaran, chielvieloverz.blogspot.com
Tempat wisata di Probolinggo satu ini terletak di Desa Segaran, Kecamatan Tiris yang terletak kurang lebih 45 km dari Probolinggo. Perjalanan untuk mencapai ranu atau danau ini memang cukup panjang namun jangan khawatir karena sepanjang perjalanan akan ditemani oleh alam yang asri beserta pepohonan yang melindungi Anda dari matahari. Puas menikmati ranu yang jernih Anda bisa menikmati pemandian air panas yang hanya terletak 250 meter dari Ranu Segaran.

6. Air Terjun Madakaripura

Air Terjun Madakaripura
Air Terjun Madakaripura
Tempat wisata alam satu ini merupakan bagian dari Taman Nasional Bromo Tengger Semeru dan memiliki air terjun dari tebing yang cukup tinggi dan kolam dengan aliran air cukup deras. Air terjun ini berada di Kecamatan Lumbang yang lokasinya agak sulit untuk dicapai dengan menggunakan kendaraan pribadi. Seringkali para pengunjung setelah sampai di pintu gerbang air terjun harus berjalan kaki selama kurang lebih 1 jam menelusuri jalur khas pegunungan. Meski begitu, apa yang Anda dapat dan rasakan ketika sudah sampai di air terjun akan membayar semua kelelahan perjalanan.

7. Arung Jeram Sungai Pakelan

Arung Jeram Sungai Pakelan
Arung Jeram Sungai Pakelan
Bosan dengan tempat wisata yang itu-itu saja dan ingin mencoba hal yang baru dan menantang datang saja ke Sungai Pakelan di mana Anda bisa merasakan serunya arung jeram. Tempat wisata di Probolinggo yang menantang dan mamacu adrenalin ini melintasi tiga kecamatan yaitu Maron, Tiris, dan Gading. Sungai dengan panjang 29 km ini dibagi menjadi 3 bagian area arung jeram yaitu Pakelan Atas, Tengah dan Bawah. Selama melakukan arung jeram Anda akan ditemani oleh instruktur profesional dan melintasi arung dengan pemandangan yang tidak kalah eksotis termasuk gua-gua kecil dan beberapa air terjun.  Jika masih amatir, jangan lupa untuk memperhatikan instruksi dari staff yang sudah profesional dan mengenakan peralatan pengaman dengan benar.

8. Candi Jabung

Tempat Wisata di Probolinggo dan Sekitarnya
Candi Jabung
Selalu menarik untuk membayangkan kehidupan pada jaman kerajaan dahulu kala yang bisa kita raba dengan bentuk-bentuk peninggalan sejarah yang bisa dipelajari. Salah satu peninggalan sejarah kuno di Probolinggo adalah Candi Jabung yang merupakan candi peninggalan kerajaan Majapahit pada masa pemerintahan Raja Hayam Wuruk. Tempat wisata di Probolinggo ini terletak di Kecamatan Paiton yang dibangun pada tahun 1354 Masehi. Yang unik dari candi ini adalah ia dibangun tidak dengan tumpukan batu tetapi dari bata merah. Meski begitu struktur bangunannya masih sangat baik walau sudah lewat ratusan tahun.

9. Bee Jay Bakau Resort

Tempat Wisata di Probolinggo
Bee Jay Bakau Resortl, pusatwisatajawatimur.blogspot.co.id
Tempat wisata di Probolinggo ini sedang naik daun dan bertujuan untuk melestarikan hutan bakau atau mangrove menjadi tempat wisata yang menarik dan indah. BJBR terletak di kawasan Pelabuhan Perikanan Pantai Kecamatan Mayangan, di Kota Probolinggo. Ekowisata mangrove ini sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti pantai pasir putih buatan, berbagai permainan air, saung untuk berteduh dan bersantai, lapangan bola voli standar internasional, berbagai makanan laut di restoran O-tent, dan penginapan yang dihadapkan langsung pada pemandangan hutan mangrove atau laut. Tempat wisata ini sangat cocok untuk liburan keluarga sekaligus menyadarkan kepada masyarakat pentingnya pelestarian hutan mangrove yang sangat berguna untuk lingkungan dan keseimbangan alam.

10. Museum Probolinggo

Museum Probolinggo
Koleksi di Museum Probolinggo, visitprobolinggo.com
Probolinggo yang merupakan tempat dengan perjalanan sejarah yang tidak sedikit memiliki cerita-cerita yang sayang jika tidak diabadikan dan disimpan dengan baik dalam sebuah museum. Museum Probolinggo yang terletak di Kota Probolinggo menyimpan jejak rekam sejarah Probolinggo mulai dari temuan arkeologi, etnografi, nomismatik, filologi, keramik, pusaka, alat transportasi kuno, hingga bukti-bukti sejarah dalam  foto-foto yang menyimpan banyak cerita. Total ada 140 koleksi kuno yang bisa Anda lihat di museum ini yang sudah dikumpulkan sejak tahun 2009. Belajar sejarah Probolinggo di Museum Probolinggo berarti Anda menambah wawasan nusantara Anda sehingga bisa mencintai tanah air lebih dalam lagi. Untuk informasi lain tentang destinasi wisata di Jawa Timur anda bisa membuka tautan berikut ini Tempat Wisata di Jawa Timur yang Menarik.

sumber :  https://id.wikipedia.org/wiki/Kota_Probolinggo#Obyek_Wisata 

10 Tempat Wisata di Probolinggo dan Sekitarnya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Yusuf Fikri

0 komentar:

Posting Komentar