Kamis, 21 Januari 2016

Inilah Tempat Wisata di Tegal Yang Menarik

Tegal adalah satu dari kota yang berada di Jawa Tengah yang letaknya berbatasan dengan Kabupaten Brebes. Walaupun kota Tegal ini tidak diakui akan pusat kebudayaannya dari salah satu Pulau Jawa, tapi banyak tempat wisata di Tegal yang menarik sudah terkenal sobat pembaca. Kota yang terletak sekitar 165 km dari sebelah barat kota Semarang atau sekitar 329 km dari sebelah timur kota Jakarta ini memiliki kesenian yang terbilang berkembang cukup pesat telah mendatangkan para budayawan internasional dan lokal, kesenian asli yang berasal dari kota tegal adalah tari endel dan juga balo-balo.

Di artikel ini, akan memberikan Anda referensi mengenai tempat wisata di Tegal, dimana Anda bisa kunjungi bersama keluarga pada saat liburan. Kira-kira tempat wisata seperti apa ya sobat pembaca? Mari kita bahas satu persatu ya.

1. Taman Wisata Kolam Air Panas Guci

Taman Wisata Kolam Air Panas Guci
Taman Wisata Kolam Air Panas Guci, wisatategalbahari.blogspot.co.id
Tempat ini mempunyai pancuran yang diyakini oleh para wisatawan bisa menyembuhkan banyak penyakit, seperti halnya sakit rematik hingga sakit kulit. Fasilitas yang disediakan oleh Kolam Air Panas Guci ini sangat lengkap, mulai dari penginapan villa maupun hotel, wisata air, tempat berbelanja buah tangan, ruang ganti atau ruang bilas dan masih banyak lagi. Tempat wisata ini terkenal karena pesona alam yang disajikan menarik bagi para wisatawannya.

2. Tirta Waduk Cacaban

Waduk Cacaban
Waduk Cacaban
Wisata waduk ini cukup terkenal di Tegal, pada awalnya waduk ini di dirikan sebagai waduk untuk irigrasi sawah yang ada di dekatnya. Namun, karena pemandangannya yang indah banyak wisatawan yang datang ke waduk ini untuk merasakan indahnya pemandangan yang ada di waduk ini, dan akhirnya dijadikan sebagai tempat wisata di Tegal. Fasilitas yang disediakan oleh waduk ini adalah dengan adanya warung terapung yang menjual berbagai masakan ikan dari air tawar, dan harga tiket untuk masuk ke dalam wisata waduk ini sudah termasuk asuransi Jasa Raharja sobat pembaca. Walaupun waduk ini hanya tempat wisata yang dibuat tapi keindahannya menjadikan waduk ini tidak kalah populer dengan tempat wisata lainnya yang berada di Tegal.

3. Pantai Purwahamba Indah

Pantai Purwahamba Indah
Pantai Purwahamba Indah, mustofasilver.blogspot.co.id
Pantai ini menyajikan kepada Anda keindahan pada warna airnya, pantai yang memiliki warna biru jernih ini menjadikan tempat wisata di Tegal ini memiliki keindahan tersendiri, dan dengan ombaknya yang tenang membawa kenyamanan dan ketenangan bagi para pengunjung yang berlibur ke tempat wisata ini untuk menghilangkan rasa jenuh pada aktivitas mereka sehari-hari.

4. Agro Wisata Loco Antik

Agro Wisata Loco Antik
Agro Wisata Loco Antik, jalanjalantegal.blogspot.co.id
Apa yang Anda pikirkan ketika mendengar kata “lokomotif”? Ya, tidak salah lagi pasti kereta. Tapi lokomotif yang satu ini bukan lokomotif biasa sobat pembaca. Lokomotif ini adalah lokomotif yang menjadi alat pengangkut bahan gula yaitu tebu pada zaman Belanda dulu, dan sekarang ini diaktifkan kembali menjadi agro wisata untuk para wisatawan yang ingin naik lokomotif antik ini untuk mengelilingi pemukiman warga dan juga untuk berkunjung ke pabrik gula pasir milik Belanda yang saat ini sudah menjadi produksi milik Indonesia.

5. Curug Cantel Bumijawa

Curug Cantel Bumijawa
Curug Cantel Bumijawa, wisatategal.com
Curug atau yang dengan nama lain air terjun ini terletak di Desa Sigedong, Tegal. Curug yang mempunyai tinggi sekitar 60 m ini sayangnya belum bisa dinikmati oleh para wisatawan, karena letaknya yang sulit untuk ditempuh. Tapi keindahan alam dari Curug Cantel ini dijamin tak kalah menarik dengan tempat wisata lain yang ada di kota Tegal ini.

6. Curug Putri

Curug Putri
Curug Putri
Curug Putri ini mempunyai dua pancuran yang sering disebut oleh masyarakat sekitar curug kembar. Namun, sekarang air terjun ini hanya tersisa satu pancuran saja karena jumlah air yang semakin sedikit keluar. Curug yang mempunyai tinggi sekitar 35 m ini terdapat ukiran alami yang terdapat di sisi tebing batu dekat curug ini. Indah sekali ya sobat pembaca?

7. Kompleks Pantai Alam Indah

Pantai Alam Indah
Pantai Alam Indah
Di daerah pantai ini terdapat pulau Karang Jeruk atau merupakan gugusan dari karang laut yang memiliki pesona bawah laut yang menyajikan keindahannya. Fasilitas yang disediakan oleh pantai ini cukup lengkap, ada wisata air, ada monumen bahari, dan bagi anak-anak disediakan juga wahana bermain anak, terdapat juga panggung kebudayaan di tempat wisata ini sobat pembaca, dijamin kalau liburan Anda tidak akan menjenuhkan apabila Anda berkunjung ke tempat wisata di Tegal ini.

8. Wisata Air Gebang Mas Bahari Waterpark

Wisata Air Gebang Mas Bahari Waterpark
Wisata Air Gebang Mas Bahari Waterpark, infotegal.com
Tempat wisata ini menyediakan ragam fasilitas untuk para pengunjung yang hendak pergi berlibur ke tempat wisata di Tegal ini. Anda bisa menikmati wahana-wahana air yang disediakan seperti halnya, kolam renang Olympic yang bisa Anda gunakan untuk mengasah keterampilan berenang Anda, ada juga kolam renang untuk anak-anak yang dibuat menarik dengan adanya patung ikan paus. Banyak pohon yang ditanami oleh para pengelola tempat wisata ini, semua dilakukan untuk membuat para pengunjungnya merasa nyaman berada di tempat wisata air ini.

9. Telaga Air Cempaka

Telaga Air Cempaka
Telaga Air Cempaka
Objek wisata ini dikelilingi oleh pepohonan dan pegunungan yang memberikan udara sejuk bagi setiap wisatawan yang datang untuk mengunjungi tempat wisata ini, telaga ini memiliki pesona air yang sangat bersih dan dingin. Telaga air ini dipercaya sebagai tempat yang dikeramatkan oleh masyarakat sekitar.

10. Rita Park

Rita Park
Rita Park
Tempat ini merupakan tempat wisata yang baru dibuka di tegal. Tempat ini menawarkan beberapa wahana bagi para pengunjung, mulai dari pengunjung anak-anak hingga pengunjung dewasa. Banyak yang menyebut Rita Park ini adalah Dufan bagi kota Tegal, objek wisata ini menyajikan banyak wahana bagi setiap pengunjung, mulai dari cinema 5 dimensi, ada kapal bajak laut, dan masih banyak lagi yang lain yang disediakan oleh tempat wisata di Tegal ini.

11. Gunung Tanjung

Tempat wisata yang sering juga disebut Bukit Sitanjung ini menawarkan kepada Anda indahnya pemandangan indah dari atas bukit, dan terlihat Gunung Slamet di sebelah tenggara bukit ini. Tidak jauh dari bukit ini terdapat rumah makan yang menyediakan fasilitas pemancingannya juga sobat pembaca, jadi dijamin menu yang disajikan kepada Anda adalah menu yang masih segar dan sehat untuk dikonsumsi. Menu yang terkenal disini adalah menu ikan bawal masak asam manisnya dan dijamin akan membuat Anda tidak puas dengan hanya menyantap 1 porsi saja.

12. Taman Rakyat Slawi Ayu (TRASA)

Tempat wisata di Tegal yang menjadi referensi terakhir bagi Anda adalah Taman Rakyat Slawi Ayu, taman ini dijadikan sebagai tempat untuk menyelenggarakan aktivitas kebudayaan maupun non kebudayaan, tempat wisata ini ramai akan pengunjung apabila hari sudah sore.

Demikian ada beberapa referensi tempat wisata di Tegal yang bisa Anda jadikan pilihan sebagai tempat berlibur Anda dengan orang-orang yang Anda kasihi, dan tentunya tempat-tempat ini akan menjadi pengalaman menarik Anda yang bisa Anda bagikan ke orang-orang terdekat Anda. Untuk informasi lokasi wisata menarik lain di Jawa Tengah dapat diklik pada tautan Tempat wisata di Jawa Tengah ini.

Inilah Tempat Wisata di Tegal Yang Menarik Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Yusuf Fikri

0 komentar:

Posting Komentar