Senin, 19 Oktober 2015

Apakah Kamu Benar Benar Mengenal Indonesia Itu Seperti Apa

BicaraWisata.com - Indonesia adalah sebuah negara kepulauan, terdapat kurang lebih 14.000 pulau yang membentang dari Sabang sampai Merauke. Indonesia disebut juga dengan Nusantara terletak di Benua Asia atau lebih tepatnya di sebelah tenggara Asia.

Indonesia berbatasan langsung dengan wilayah daratan negara Malaysia di sisi sebelah utara dari pulau Kalimantan dan sebelah timur dengan wilayah daratan negara Papua Nugini di Pulau Papua. Sedangkan untuk sisi barat dan selatan, Indonesia di batasi oleh Samudera Indonesia dan Australia.

Peta Wilayah Indonesia

jelajah tempat wisata di indonesia

Jika melihat gambar peta Indonesia, ada beberapa pulau besar yang dapat dengan mudah kamu kenali, di antaranya Pulau Jawa, Pulau Sumatera, Pulau Kalimantan, Pulau Sulawesi, Pulau Bali, Kepulauan Maluku, Kepulauan Nusa Tenggara dan Pulau Papua.

Peta Wilayah Indonesia

Pulau Jawa

Pulau Jawa merupakan salah satu pulau di Indonesia dengan jumlah penduduk terbanyak yaitu sekitar 154 juta penduduk yang tinggal di sana. Penduduk Pulau Jawa di dominasi oleh tiga suku asli yaitu suku jawa, suku madura dan suku sunda. Ketiga kelompok suku di atas memiliki keistimewaan secara bahasa, suku jawa dengan bahasa jawanya, suku madura yang kental dengan logat bahasa madura dan suku sunda dengan bahasa sunda.

Pulau Sumatera

Pulau Sumatera Terletak di bagian barat dari Indonesia. Pulau ini memiliki luas wilayah sekitar 443.065,8 km2. Suku atau etnis yang mendiami Pulau Sumatera sangat bervariatif mulai dari suku aceh, batak, minangkabau, melayu, suku rejang, komering, lampung, ogan, besemeh dan suku tionghoa.

Pulau Kalimantan

Nama Kalimantan sendiri didapatkan dari bahasa sanskerta yaitu Kalamanthana. Kalamanthana didenifisikan dalam bahasa sanskerta berarti pulau yang memiliki udara panas. Pulau Kalimantan terbagi dalam tiga wilayah negara, yaitu selain Indonesia ada juga Negara Malaysia dan Negara Brunei Darussalam di bagian utara kalimantan.

Pulau Sulawesi

Pulau Sulawesi masuk dalam kategori keempat dari pulau-pulau lainnya yang ada di Indonesia berdasarkan besar luas wilayah daratannya. Bentuk pulau ini cukup unik, jika dilihat dari luar angkasa akan tampak seperti bunga mawar laba-laba atau juga menyerupai huruf  "K" besar. Pulau Sulawesi di dominasi oleh suku Bugis yang keberadaan bisa kamu temui di hampir daerah Pulau Sulawesi.

Pulau Papua

Sama halnya dengan Pulau Kalimantan, secara administrasi Pulau Papua dibagi oleh dua negara. Sisi sebelah barat dikuasai oleh negara Indonesia sedangkan sisi timur di miliki oleh negara Papua Nugini. Bentuk pulau ini juga cukup unik, yaitu menyerupai sebuah burung cendrawasih.

Pulau Bali

Pulau Bali memiliki keunikan tersendiri jika dibandingkan dengan pulau-pulau lain di Indonesia karena hanya memiliki satu provinsi saja. Keunikan lainnya adalah masyarakatnya yang mayoritas beragama hindu sehingga pada setiap acara keagamaan Nyepi semua aktifitas baik Bandara, hotel atau apa saja dihentikan untuk menghormati prosesi keagamaan tersebut.

Kepulauan Maluku

Kepulauan Maluku merupakan sekumpulan pulau-pulau yang ada di Indonesia yang terletak di sebelah timur pulau Sulawesi. Beberapa pulau yang membentuk Kepulauan Maluku, antara lain Pulau Ambelau, Pulau Ambon, Pulau Boana, Pulau Buru, Pulau Damar, Pulau Geser, Pulau Haruk, Kepulauan Babar, Kepulauan Kai, Kepulauan Aru, Kepulauan Leti dan lain sebagainya.

Kepulauan Nusa Tenggara

Kepulauan Nusa Tenggara adalah sebuah gugusan dari pulau-pulau yang ada di sebelah barat Pulau Bali hingga sebelah timur Pulau Timor (sekarang Timor Leste).

Negara Kaya Akan Keanekaragaman

Dengan populasi penduduk terbesar ke-4 dan negara kepulauan terbesar di dunia, Indonesia menyimpan potensi keanekaragaman baik pesona alam berupa tempat wisata maupun pesona kebudayaan yang terbentang sepanjang 5.120 km. Dengan keanekaragaman suku etnis yang jumlahnya ada 350-an, membuat Nusantara kaya akan bahasa dan budaya.

Kekayaan Alam dan Hayati

indahnya raja ampat
Sumber : Indonesia.travel

Indonesia memiliki potensi kekayaan alam dan hayati yang bisa temui hampir setiap pulau pulau besar di Indonesia. Di Papua contohnya terdapat pengelolaan tambang emas terbesar di dunia dan tambang tembaga terbesar ke-3 di dunia.

Pengelolaan tambang tersebut dikelola secara penuh oleh PT. Freeport Indonesia sebuah anak perusahaan dari Freeport Mc. Moran Copper dan Gold yang ada di Amerika Serikat dengan pembagian kepemilikan terdiri dari Freeport-McMoRan Copper & Gold Inc (67,5%), Rio Tinto Group (13%), Pemerintah Indonesia (9.3%) dan PT Indocopper Investama Corporation (9%).

peta pertambangan mineral di Indonesia

Kekayaan alam yang dimiliki Indonesia tidak hanya terbatas pada emas dan tembaga saja, namun juga sebagai penghasil sumber alam lainnya seperti gas alam, timah, petroleum,bauksit, batu bara, nikel dan perak.

Selain kaya akan sumber daya alam pertambangan, Indonesia juga dikenal sebagai negara dengan tingkat biodiversitas tertinggi ke-2 di Dunia. Hal ini dikarenakan oleh tingginya keanekaragaman sumber daya alam hayati yang dimiliki. Tingginya tingkat keanekaragaman tersebut disebabkan oleh beberapa faktor, antara lain:
  1. Letaknya yang berada di garis khatulistiwa membuat Indonesia dikenal sebagai daerah tropis dengan dua musim tiap tahunnya yaitu musim kemarau dan musim penghujan.
  2. Karena letak Indonesia berada dalam dua rangkaian pegunungan besar, yaitu rangkaian pegunungan mediterania yang terbentang dari pegunungan alpen sampai ke pegunungan himalaya di Asia dan rangkaian pegunungan pasifik yang terbentang dari pegunungan andes di Amerika Selatan sampai ke pegunungan rocky di Amerika Utara.
  3. Karena letak Indonesia berada pada pertemuan lempeng litosfer yaitu lempeng Indo-Australia dan lempeng Eurasia.

Kekayaan Seni dan Kerajinan

seni kebudayaan Indonesia reog ponorogo
Sumber : lensaindonesia.com

Potensi Indonesia tidak hanya bersifat alam dan hayati saja, ada potensi lain yang bisa dijadikan peluang komoditi ekspor yang cukup menjanjikan yaitu kekayaan akan seni dan hasil kerajinan. Salah satu jenis hasil kerajinan yang menjadi ciri khas Indonesia adalah kain tenun.

Budaya menenun yang dilakukan masyarakat Indonesia sudah seharusnya menjadi warisan budaya nusantara yang harus dilestarikan. Di kalimantan ada tiga jenis tenun yang cukup terkenal dan diminati masyarakat mancanegara yaitu kain tenun sambas, Kain tenun doyo, dan kain tenun pagatan.

Di Sumatera kamu bisa temui dua varian tenun yang cukup populer disana yaitu kain tenun pandai sikek dan kain tenun songket. Di Sulawesi juga ada kain tenun donggala dan kain tenun buton dan lain-lain. Selain hasil kerajinan berupa kain tenun, keunikan lain yang dimiliki Indonesia adalah seni pentas pewayangan. Seni pementasan wayang bisa bermacam-macam bentuk tergantung dari jenis wayangnya sendiri, ada seni pementasan wayang kulit, wayang orang, ataupun wayang golek (kayu).

Kekayaan Budaya Dan Religi

upacara pemakaman Rambu Solo di Toraja
Sumber : Wego Photo Contest/Maman Sukirman

Indonesia dengan kurang lebih 350-an suku etnis, memberi warna tersendiri dalam kaitannya dengan kebudayaan. Setiap suku yang ada tersebut menciptakan keanekaragaman kebudayaan Indonesia. Misalnya Suku Tengger di daerah pegunungan Gunung Bromo yang setiap akhir tahun selalu melaksanakan upacara kasodo, upacara adat Rambu Solo (pemakaman) oleh masyarakat Toraja. festival Toa Peh Kong Cina di Manado dan lain sebagainya.

Kekayaan Kuliner

Meskipun nasi dikatakan sebagai makanan pokok masyarakat Indonesia, namun di beberapa daerah lain tidak demikian. Bagi masyarakat Indonesia di bagian timur justru jagung, sagu, ubi atau ketela yang selalu menjadi santapan khas sehari-hari.

Perbedaan-perbedaan inilah yang menjadikan Indonesia kaya akan keanekaragaman masakan kuliner. Tidak percaya coba saja kunjungi salah satu daerah di Indonesia dan tanyakan kepada penduduk setempat apakah ada masakan atau kuliner khas dari daerah tersebut?. Pasti jawabannya tentu ada.

Apakah Kamu Benar Benar Mengenal Indonesia Itu Seperti Apa Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Yusuf Fikri

0 komentar:

Posting Komentar