Senin, 05 Oktober 2015

6 Tempat Wisata di Jawa Timur yang Menarik

Tempat wisata di Jawa Timur memberikan sensasi yang luar biasa untuk para wisatawan yang datang ke sana. Baik wisatawan domestik maupun mancanegara dipastikan menyukai wisata di wilayah provinsi Jawa Timur yang sebagian besar berpanorama alam mempesona.

Meskipun sama-sama alamnya, tetapi daya tarik yang ditawarkan tiap obyek wisata tentu saja berbeda. Hal inilah yang menjadikan wisatawan semakin betah untuk berlama-lama tinggal di sana. Jawa Timur menjadi salah satu provinsi di Indonesia yang memiliki cukup banyak obyek wisata yang unik dan menarik. Sangat disayangkan jika Anda sekalian melewatkannya untuk berlibur di sana yang menyenangkan sekaligus mengasikkan.

Oleh karena itu, jangan pernah ragu merencanakan untuk segera berlibur ke Jawa Timur. Namun sebelumnya, tidak ada salahnya Anda sekalian membaca informasi di bawah ini tentang beberapa tempat wisata di Jawa Timur yang pantas dan layak Anda kunjungi untuk berlibur ke sana. Berikut uraiannya untuk Anda simak.

Tempat Wisata di Jawa Timur


1. Gunung Bromo di Malang

Gunung Bromo sunset
Photo cedit
Keindahan panorama alam di gunung Bromo bahkan membuat tidak sedikit wisatawan mancanegara terbius untuk menikmatinya terus menerus. Perlu Anda ketahui bahwa ketinggian gunung Bromo memang tidak sehebat gunung Semeru. Namun demikian, keindahan pemandangan alamnya mungkin tidak ada duanya di dunia ini.
Baca juga 10 Tempat Wisata di Surabaya yang Menarik dan Layak Dikunjungi.

Dua momentum yang paling ditunggu oleh para wisatawan, yaitu melihat matahari terbit (sunrise) dan matahari tenggelam (sunset) yang begitu luar biasa. Bahkan, mereka rela antri mendaki hingga ke puncak gunung Bromo hanya untuk melihat pemandangan tersebut secara langsung. Selain itu, hamparan lautan pasir di kaki gunung Bromo juga pantas sebagai destinasi wisata. Di sana cukup banyak yang ingin sekedar jalan-jalan, berkuda, bermotor trail, hingga off road untuk menikmati sensasi tempat wisata di Jawa Timur yang menyenangkan.

2. Kawah Ijen di Banyuwangi

Kawah Ijen di Banyuwangi
Photo credit
Tempat wisata di Jawa Timur berikutnya adalah danau kawah Ijen di Banyuwangi. Sebuah kawah danau terbesar di pulau Jawa yang merupakan hasil letusan gunung berapi. Di sana terdapat danau berair belerang yang memiliki warna unik dan menarik. Beberapa orang atau pihak menyebut warna itu tosca dan blue fire (api biru).

Warna memukau pada danau dapat begitu terlihat di waktu malam hari hingga menjelang pagi. Begitu luar biasa hingga membuat banyak wisatawan rela pergi ke danau Ijen pada malam hari yang begitu dingin hanya untuk melihatnya. Untuk mencapai ke lokasi danau kawah, wisatawan harus berjalan mendaki sekitar 3 kilometer dengan waktu tempuh kurang lebih 1,5 jam. Sementara itu, kemiringan pendakian antara 25 – 35 derajat, sehingga memang cukup menguras tenaga. Namun tenang saja, semua rasa lelah dan letih akan terbayar semua setelah sampai di danau kawah karena keindahan panorama alamnya tidak mungkin bisa terlupakan.

3. Pantai Klanyar di Pacitan

Pantai Klanyar

Destinasi tempat wisata di Jawa Timur selanjutnya saat berkunjung ke Jawa Timur, yaitu di Kabupaten Pacitan. Daerah pesisirnya terdapat pantai yang bernama Klanyar. Seperti wisata pantai pada umumnya di berbagai daerah, pantai Klanyar menyajikan keindahakan panorama khas laut dan pantai. Namun demikian, tentu saja ada ciri khas di pantai Klanyar yang membuat pengunjungnya membludak. Misalnya, di sana terdapat batu karang yang menyerupai patung Sphinx seperti di Mesir, karang bolong, seruling laut, dan air mancur alami yang tingginya mencapai 10 meter.
Baca juga 9 Tempat Wisata di Banyuwangi Wajib Anda Datangi.

Semua panorama alam tersebut tersaji lengkap hanya di pantai Klanyar. Selain keindahan pantainya, wisatawan juga bisa menikmati berbagai kuliner khas daerah Jawa Timur ataupun Pacitan. Pasalnya, beberapa warung makan siap menerima tamu pengunjung untuk melepas lelah berlibur sembari mengisi perutnya dengan berbagai menu masakan yang menggugah selera. Silakan Anda buktikan sendiri dengan berlibur ke pantai Klanyar sebagai salah satu tempat wisata di Jawa Timur.

4. Arung jeram Pekalen di Probolinggo

Arung jeram Pekalen di Probolinggo

Salah satu tempat wisata di Jawa Timur yang cukup menantang di Jawa Timur, yaitu melakukan rafting atau arung jeram. Bagi Anda sekalian yang belum pernah merasakan berarung jeram, tidak ada salahnya menuju Kabupaten Probolinggo. Pasalnya, di sana terdapat wisata arung jeram di sungai Pekalen yang tepatnya berlokasi di Desa Ranu Gedang, Kecamatan Tiris, Kabupaten Probolinggo.

Bagi Anda yang masih awam tentang arung jeram, kegiatan ini menggunakan perahu karet untuk menyusuri sungai dengan berbagai jeram atau lintasan yang tidak beraturan. Oleh karena itu, arung jeram bisa dikategorikan sebagai olahraga ekstrem yang menguji adrenalin Anda sekalian. Namun demikian, keselamatan mereka yang berarung jeram selalu diutamakan. Sebelum memulainya, setiap orang yang ikut harus memakai jaket pelampung, helm, serta dayung. Selain itu, di setiap perahu karet pasti ada guide yang profesional dan berpengalaman siap mendampingi.

Sementara itu, sungai Pekalen terletak sekitar 25 kilometer dari Probolinggo. Saat Anda berarung jeram, bukan hanya keseruan dan uji adrenalin saja yang bisa dirasakan. Namun, para wisatawan juga bisa melihat indahnya beberapa air terjun yang dilewati saat melakukan arung jeram. Oleh karena itu, jangan pernah lupa membawa smartphone atau gadget lainnya saat arung jeram di sungai Pekalen untuk mendokumentasikan semua keindahan yang akan Anda lihat.
Baca juga Wisata Bahari Lamongan Tujuan Wisata Menarik di Jawa Timur.

5. Pantai Bandealit di Jember

Pantai Bandealit

Pantai Bandealit merupakan salah satu tempat wisata di Jawa Timur, tepatnya di Kabupaten Probolinggo. Pantai ini juga termasuk dalam bagian Taman Nasional Meru Betiri di Jember. Oleh karena itu, semua keanekaragaman hayati dan non hayati di dalamnya dilindungi oleh pemerintah. Jadi, Anda yang berwisata ke sana jangan sampai merusak ataupun mengambil tanpa sepengeahuan pihak taman nasional, jika tidak mau ditangkap atau dipidanakan.

Sementara itu, pantai Bandealit juga menawarkan berbagai kegiatan yang berhubungan dengan wisata laut dan pantai. Misalnya, sekedar berman-main di pantai, berolahraga di pantai seperti voli atau yang lainnya, body surfing, dan lain sebagainya. Anda bisa menyewa peralatan dan perlengkapan untuk melakukan semua kegiatan tersebut kepada pihak pengelola pantai. Dijamin, Anda yang berlibur bersama anggota keluarga ataupun teman dan sahabat tidak akan kecewa.

6. House of Sampoerna di Surabaya

House of Sampoerna di Surabaya

Inilah salah satu destinasi tempat wisata di Jawa Timur yang berupa museum atau tempat menyimpan berbagai peninggalan ataupun barang-barang berunsur sejarah pada zaman dahulu. Bangunannya berdiri cukup megah di kompleks bangunan bergaya kolonial Belanda yang didirikan pada tahun 1862.  Baca juga 9 Tempat Wisata di Malang Paling Populer, Jawa Timur.

Pada awalnya, bangunan museum ini difungsikan sebagai panti asuhan yang dikelola oleh pemerintah Belanda. Selanjutnya pada tahun 1932, Liem See Tee membelinya untuk dijadikan pabrik rokok. Dialah pendiri dari pabrik rokok Sampoerna. Bahkan hingga sekarang, beberapa bagian gedung di House of Sampoerna masih dimanfaatkan untuk memproduksi rokok sebagai salah satu penghasil devisa negara. Anda sebagai wisatawan juga bisa mengunjungi setiap bangunan yang ada di sana, sembari melihat proses pembuatan rokok. Itulah sedikit tulisan tentang tempat wisata di Jawa Timur.

6 Tempat Wisata di Jawa Timur yang Menarik Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Yusuf Fikri

0 komentar:

Posting Komentar