Selasa, 13 Oktober 2015

10 Tempat Wisata di Cirebon yang Paling Direkomendasikan

Apakah Anda ingin mengetahui 10 tempat wisata di Cirebon yang paling direkomendasikan? Anda tentunya mengetahui bahwa kota Cirebon berada di kawasan provinsi Jawa Barat. Letaknya berada pada jalur pantura atau pantai utara. Apabila kita mendengar kota Cirebon pastilah yang akan terbersit di benak kita adalah kerajinan batiknya yang sangat terkenal. Bisa dikatakan bahwa kota ini adalah pengrajin batik terbesar yang terlebih pada pulau Jawa. 

Namun tahukah Anda bahwa tak hanya batik yang ada pada kota Cirebon melainkan banyaknya tempat wisata yang sangat terkenal yang harus didatangi. Berikut ini akan dijelaskan mengenai sepuluh tempat wisata di Cirebon yang paling direkomendasikan untuk Anda.

Tempat Wisata di Cirebon


1. Wanawisata Ciwaringin

Wanawisata Ciwaringin
Sumber sebandung.com
Kawasan ini dinilai sangat cocok untuk liburan bersama keluarga dan menghabiskan waktu untuk kegiatan santai yang menyenangkan. Biasanya seseorang yang menjalani liburan di tempat wisata Wanawisata Ciwaringin ini akan sangat ramai pada hari minggu. Di tempat wisata di Cirebon ini seseorang akan mendapatkan berbagai hiburan misalnya saja menikmati pemandangan alam, menjalani hobi memancing dan juga menonton pertandingan balap. Pada saat pulang setelah menjalani acara memancing juga dapat dibawa pulang semuanya adalah pilihan pengunjung semua.

2. Desa Wisata Cikalahang

Desa Wisata Cikalahang

Untuk liburan keluarga memang bisa digunakan untuk tempat wisata keluarga yang bisa dijadikan salah satu pilihan. Pada saat wisata inilah banyak orang yang menggunakan tempat ini untuk menikmati wisata kuliner pada rumah makan yang menyediakan pilihan banyak ikan bakar. Mungkin jika hanya memesan ikan bakar dan langsung mengolahnya sama dengan rumah makan lainnya. Namun yang membuat suasana yang lain adalah pengunjung akan diberikan kebebasan untuk memancing sendiri ikan segar saat akan dimasak. Sehingga rasa ikan segar akan terasa lebih nikmat dibandingkan dengan ikan bakar pada umumnya.

3. Situ Sedong

Situ Sedong

Tempat wisata di Cirebon ini biasanya dijadikan sebagai tempat wisata favorid keluarga pada akhir pekan. Selain pemandangan yang sangat bagus wisata bebek air yang ada bisa dijadikan sebagai pilihan. Sangat direkomendasikan Anda datang pada sore hari karena cuaca yang tidak panas akan membuat segalanya akan lebih nyaman dirasakan.

4. Taman Ade Irma Suryani Nasution

Taman Ade Irma Suryani Nasution

Berkunjung ke Taman Ade Irma Suryani memang hal yang sangat menyenangkan namun tahukah Ada bahwa kita harus mengetahui mengenai sejarah pada taman ini. Dulunya taman ini dinamakan dengan Taman Traffic Garden Cirebon. Namun pada tahun 1966 diubah namanya dengan nama yang saat ini. Pada taman wisata ini ada tempat bermain anak, menikmati pantai karena dekat dengan pelabuhan dan biasanya pada hari libur serta hari besar nasional akan diadakan dengan pertunjukkan seni musik.

5. Keraton Kasepuhan

Keraton Kasepuhan

Kraton Kasepuhan yang biasanya adalah jenis kraton yang biasanya sangat termegah dan paling terawat hingga saat ini. Kraton ini dibangun pada tahun 1529 oleh Pangeran Mas Mochammad Arifin II yang dikelilingi oleh tembok bata berwarna merah. Didalamnya ada singgasana sultan dan juga tempat tidur untuk kenyamanan sultan. Bagi Anda yang berkunjung dari luar kota bisa berkunjung ke dalamnya dan berkeliling dengan menikmati peninggalan sejarah yang sangat baik untuk dikenalkan kepada anak-anak kita.

6. Keraton Kanoman

Keraton Kanoman

Kraton Kanoman juga memiliki keunikannya tersendiri yang akan membuat anak-anak belajar mengenai peninggalan sejarah. Kraton ini telah dibangun oleh Kraton Badaruddin kurang lebih pada tahun 1588. Apabila Anda mengunjungi kraton ini jangan lupa ketika melewati pasar berhenti sejenak untuk mengunjung pasar tradisional. Didalam pasar tradisional ini menyediakan barang souvenir yang bisa dibeli dan dijadikan oleh-oleh untuk kenangan yang bisa dibawa pulang.

7. Masjid Agung Sang Cipta Rasa

Masjid Agung Sang Cipta Rasa

Masjib Agung ini dekat dengan Kraton Kasepuhan yang ada di kota Cirebon dan sangat terkenal sebagai masjid yang perlu dikunjungi, Masjid ini memiliki sumur yang sangat terkenal karena memiliki sumber mata air yang sama dengan air zam-zam yang ada di kota Mekah. 

Ketika mengkonsumsi air pada sumur ini dan digunakan untuk membasuh wajah dipercaya masyarakat sekitar akan dapat membantu dalam menyembuhkan berbagai penyakit. Namun Anda perlu ketahui bahwa bukanlah airnya yang menyembuhkan namun kuasa Tuhan yang dimediakan melalui air ini sebagai sumber kesehatan dan juga kesembuhan dari berbagai penyakit seperti yang telah dikatakan. Pada saat masuk ke dalam pintu masjid kita akan menunduk karena pintu yang tidak terlalu tinggi ini juga ada filosofisnya tersendiri. Hal ini karena pada saat menunduk diumpamakan sebagai tanda kesopanan dan rasa menghormati.

8. Taman Sari Gua Sunyaragi

Taman Sari Gua Sunyaragi

Taman Sari Gua Sunyaragi memang ada makna yang tersurat dibalik pemberian nama ini karena nama berasal dari daerah Sunyaragi. Namun nama ini didapatkan dari nama bahasa Sangsekerta yang berasal dari Sunya dan ragi yang memiliki arti masing-masing. Sunya berati sepi sedangkan ragi memiliki arti raga yang bisa dijelaskan sebagai tempat yang dijadikan sebagai lokasi untuk raja dan keluarganya dalam menenangkan diri. 

Didalam bangunan tersebut ada dua tempat yang harus diketahui yaitu pesanggrahan dan gua. Pada ruang pesanggrahan ini biasanya digunakan sebagai tempat tidur dan tempat merias diri. Sedangkan yang menarik pada bagunan guanya akan nampak dari luar sebagai bangunan candi. Disebut sebagai gua karena lorong-lorong yang menyerupai sebagia gua dan juga ada saung serta rindangnya pepohonan akan membuat istirahat menjadi semakin nyaman dan juga menyenangkan.

9. Banyu Panas Palimanan

Banyu Panas Palimanan

Banyu panas ini sering sekali didatangi karena merupakan salah satu tempat wisata yang memberikan daya tarik yang luar biasa. Hal ini karena pemandian inilah yang digunakan sebagai banyak orang untuk menyembun berbagai penyakit kita. Pada air panas yang secara alami ada dikawasan Cirebon bagian Barat inilah yang ada kandungan belerang alami. Dengan kandungan tersebut maka banyak orang yang menggunakannya untuk dapat menyembuhkan penyakit kulit. Namun bagi Anda yang tidak mau mandi ada gazebo yang digunakan sebagai tempat bersantai.

Baca juga :
6 Obyek Wisata Cibubur yang Perlu Anda Kunjungi.
10 Tempat Wisata di Garut yang Sering Dikunjungi.
10 Tempat Wisata Menarik Yang Ada di Lembang.


10. Kampung Batik Trusni

Kampung Batik Trusni

Pada tempat wisata kota Cirebon ini apabila Anda ingin lengkap berbelanja memang tempatnya dipisahkan dari tempat wisata. Salah satu tempat yang dapat digunakan sebagai tempat belanja oleh-oleh ditempat ini. Tempat ini menjual banyak souvenir dan batik yang khas kota Cirebon yang dijual dengan harga terjangkau. Bahkan ketika dibandingkan akan sangat jauh perbedaan harganya dibandingkan dengan harga dengan harga yang dijual di mal atau di supermarket.

Setelah Anda mengetahui mengenai tempat wisata di Cirebon yang paling direkomendasikan diharapkan akan lebih mengetahui mengenai tempat rekreasi di cirebon yang bagus. Anda bisa menikmati wisata ini tanpa harus datang jauh-jauh ke luar negeri untuk mendapatkan tempat wisata yang indah. Didalam negeri ada banyak sekali kota yang menyuguhkan panorama keindahan bahkan kuliner yang selalu mengundang rasa takjub bagi yang datang.

Demikian info tempat rekreasi di Cirebon yang kami sadur dari berbagai sumber dari google.com dengan sumber utama id.wikipedia.org.

10 Tempat Wisata di Cirebon yang Paling Direkomendasikan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Yusuf Fikri

0 komentar:

Posting Komentar