Jumat, 09 Oktober 2015

12 Daftar Tempat Wisata di Jawa Tengah dan Sekitarnya yang Populer

Daftar Tempat Wisata di Jawa Tengah dan Sekitarnya yang Populer - Jawa Tengah adalah provinsi yang diapit oleh provinsi Jawa Barat dan Jawa Timur. Bila dilihat secara geografis, provinsi ini memang terletak di wilayah yang sangat strategis. Ini pulalah yang menjadi alasan mengapa provinsi Jawa Tengah memiliki pembangunan infrastruktur yang terhitung sangat baik. Dimana jalan raya serta jalan penghubung antar desanya yang sangat mulus dan memungkinkan perjalanan selalu lancar. Tak salah bila akhirnya tempat wisata di Jawa Tengah pun selalu ramai saat masa liburan telah tiba.

Jika dilihat lebih seksama, provinsi Jawa Tengah sendiri terbilang sangatlah kental dari sisi kebudayaan. Masyarakatnya terbilang masih mempertahankan kehidupan tradisional yang selama ini dianut secara turun temurun. Hal ini diperkuat dengan kehadiran 2 keraton, yaitu Keraton Solo dan Keraton Jogja yang kuat dengan adat istiadatnya. Ada begitu banyak upacara atau ritual rutin yang kerap dihelat untuk menghormati para leluhur atau nenek moyang mereka.

Daftar Tempat Wisata di Jawa Tengah

Agar Anda tidak lebih penasaran lagi dengan provinsi dibawah naungan Ganjar Pranowo ini, mari kita tilik beberapa tempat wisata menjanjikan disini.


1. Candi Borobudur

Tempat Wisata di Jawa Tengah

Siapa yang tidak pernah mendengar tempat wisata yang satu ini? Hampir seluruh masyarakat Indonesia familiar dengan peninggalan sejarah dari masa kejayaan Syailendra tersebut. Candi yang menjadi salah satu warisan budaya atau World Heritage oleh UNESCO ini terletak di kota Magelang. Magelang sebagai tempat wisata di Jawa Tengah dapat Anda akses melalui Yogyakarta ataupun Solo. Dengan jarak tempuh sekitar 1 – 2 jam, Anda bisa menyaksikan salah satu bangunan yang sempat masuk dalam 7 keajaiban dunia tersebut.


2. Lawang Sewu

Daftar Tempat Wisata di Jawa Tengah dan Sekitarnya

Sedikit melipir dari Magelang, kita kini ke daerah Semarang. Semarang yang terkenal sebagai kota lumpia ini ternyata punya pula tempat wisata malam yang sangat seru. Lawang Sewu atau “pintu seribu” adalah salah satu bangunan tua yang dibangun saat masa pemerintahan Belanda di Indonesia. Dahulunya, bangunan ini dijadikan sebagai kantor pusat kereta api yang menjalankan berbagai tugasnya. Seiring perjalanan waktu, ada beberapa orang Indonesia yang sempat pula merasakan siksaan dan penjara bawah tanah di bangunan tersebut. Inilah yang menjadi alasan mengapa Lawang Sewu sangat diminati oleh wisatawan di malam hari.


3. Pantai Kartini

Daftar Tempat Wisata di Jawa Tengah dan Sekitarnya yang Populer

Bagi Anda yang hobi traveling, tentu akan sangat familiar dengan pantai Kartini. Pantai yang menjadi akses utama menuju Karimun Jawa ini memang tak menyajikan pemandangan menakjubkan. Hanya saja Anda dapat menikmati tempat wisata di Jawa Tengah berupa pulau kecil yang berada di sekitarnya dari sini. Anda dapat menyewa sebuah perahu untuk sekedar menyaksikan pemandangan pantai dari lautan yang berombak kecil tersebut.


4. Grojogan Sewu

Daftar Tempat Wisata di Jawa Tengah dan Sekitarnya yang Populer
Gojogan Sewu via yasiryafiat
Bermain air memang tak pernah ada habisnya dan selalu mengasyikkan. Guna melengkapi liburan Anda yang ingin dipenuhi oleh air-air, kali ini kita akan membawa Anda ke Grojogan Sewu. Grojogan Sewu adalah salah satu tempat wisata yang terletak di Tawangmangu. Dengan pemandangan air manjur besarnya, Anda akan disuguhi suasana sejuk di daerah ini. Tak hanya itu, Anda pun bisa menjajal beberapa olahraga outdoor, layaknya flying fox. Bila memiliki waktu lebih, cobalah untuk menunggangi kuda yang disewakan oleh masyarakat sekitar.


5. Keraton Solo

Daftar Tempat Wisata di Jawa Tengah dan Sekitarnya yang Populer

Seperti yang telah disebutkan di atas, provinsi Jawa Tengah memang sangat kental dengan kebudayaan. Ini tidak bisa dilepaskan dengan kehadiran tempat wisata di Jawa Tengah berupa Keraton Solo. Keraton yang masih aktif hingga saat ini tersebut menyimpan wisata sejarah, budaya dan sosial yang sangat tinggi. Anda bisa berkunjung ke museum keraton yang menyimpan berbagai peninggalan sejarah sejak tahun 1744.


6. Arung Jeram di Sungai Progo Atas

Daftar Tempat Wisata di Jawa Tengah dan Sekitarnya

Anda suka tantangan dan pecinta olahraga yang memacu adrenalin? Cobalah olahraga arung jeram di Sungai Progo Atas, Magelang satu ini. Rute sepanjang 12 km siap menguji keberanian Anda, dengan waktu tempuh sekitar 2,5 hingga 3 jam. Jangan berharap Anda bisa berhenti di tengah jalan saat menjajaln arung jeram yang sangat populer ini. Pasalnya Anda akan disajikan jeram di sekitar sungai Progo Bawah, Hulu dan Atas yang berakhir di Kulon Progo.


7. Museum Kereta Api Ambarawa

Museum Kereta Api Ambarawa

Museum kereta api yang menyimpan sekitar 21 lokomotif tua ini memang sangat sayang untuk dilewatkan. Anda tak harus membayar uang masuk yang mahal untuk merasakan sensasi berada di alam pedesaan Jawa. Cukup luangkan uang sekitar 5 ribu untuk mengakses tempat wisata di Jawa Tengah yang satu ini. Pilihan paling tepat untuk mengelilingi museum serta suasana di sekitarnya memang sangat tepat untuk menumpangi kereta api uap yang disediakan.


8. Baturaden

Baturaden
Air terjun di Baturaden
Baturaden memang sempat gempar beberapa waktu yang lalu, diakibatkan oleh jembatan disini yang putus. Walaupun begitu, tak ada alasan Anda untuk membatalkan niat mengunjungi destinasi wisata yang sangat indah. Anda akan disajikan pemandangan alam yang luar biasa dengan suasana sejuknya. Dari sini, Anda pun diperlihatkan pulau Nusa Kambangan, daerah Purwokerto, hingga panorama Cilacap. Ada pula pemandian air panas yang dikenal dengan Pancuran Pitu dan menjadi favorit para wisatawan.


9. Museum Sangiran

Daftar Tempat Wisata di Jawa Tengah dan Sekitarnya

Mari berwisata sejarah sejenak usai puas berjalan-jalan di provinsi Jawa Tengah. Kali ini, Anda akan diajak menilik museum manusia di zaman purbakala, yang menjadi situs arkelogi dan warisan budaya dunia. Sangiran yang terletak Sragen ini tepat dijadikan tempat wisata di Jawa Tengah yang tak hanya menawarkan kesenangan. Pasalnya disini Anda akan mendapati informasi lengkap terkait kehidupan manusia di zaman batu dan megalitikum. Disini pulalah perkembangan ilmu pengetahuan yang sangat dibutuhkan dunia berasal.


10. Karimun Jawa

Daftar Tempat Wisata di Jawa Tengah dan Sekitarnya
Legon Lele di Karimun Jawa
Tadi kita sudah menyebut-nyebut pulau yang satu ini, sekarang kita akan menyuguhkannya ke hadapan Anda. Pulau Karimun Jawa terkenal sebagai spot diving dan snorkeling yang sangat indah di pulau Jawa. Bisa dibilang pulau ini masih sangat perawan dan belum mendapat campur tangan pemerintah sedikitpun. Anda dapat menyaksikan keindahan terumbu karang dan kehidupan bawah laut dengan biaya yang cukup murah.


11. Dataran Tinggi Dieng

Tempat Wisata di Jawa Tengah
Candi Arjuna di Dieng
Main-main ke Jawa Tengah belum lengkap rasanya bila belum mengunjungi dataran tinggi Dieng. Spot wisata yang satu ini memang dikenal dengan cuacanya yang sangat sejuk dan pemandangan sunrise atau matahari terbitnya. Benar, dari puncak Sikunir yang berada di Dieng, Anda dapat berburu matahari terbit yang tak kalah mengagumkan dari Bromo. Disini adapula kawah yang masih aktif serta candi yang terletak di atas dataran berketinggian 2000 mdpl.


12. Kota Lama Semarang

Tempat Wisata di Jawa Tengah dan Sekitarnya

Little Netherland, itulah sebutan yang acapkali disematkan oleh wisatawan pada tempat wisata di Jawa Tengah yang satu ini. Di sepanjang jalan, Anda akan menemukan bangunan tua yang masih berasitektur Belanda. Gambaran kota kecil layaknya kota tua di Jakarta ini memang akan membangkitkan nostalgia siapapun. Empat pilar kokoh yang melingkupi bangunan ini pun semakin mempertegas kesan antik pada bangunan tersebut.

12 Daftar Tempat Wisata di Jawa Tengah dan Sekitarnya yang Populer Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Yusuf Fikri

0 komentar:

Posting Komentar