Kamis, 28 Agustus 2014

Taman Nasional Gunung Leuser : Kekayaan Flora Dan Fauna Di Sumatra

Taman Nasional Gunung Leuser atau yang biasa disingkat dengan TNGL merupakan salah satu kawasan konservatif di Indonesia dengan total luas mencapai 1.094.692 hektar. Lokasinya berada di dalam dua provinsi yaitu Sumatera barat dan Aceh. Sebagian besar Hutan yang berada di Taman Nasional Gunung leuser berada di wilayah Aceh selatan, aceh timur dan Langkat Sumut. Taman Nasional yang satu ini juga dikenal sebagai penghasil kopi dan tembakau kelas dunia.
taman nasional gunung leuser

Jika ingin berpetualang di Taman Nasional Gunung Leuser, sobat bisa melalui bukit lawang yang berada di Sumatera Utara. Sobat pasti akan menemukan orangutan yang mengensankan. Selain itu ada juga primata, dan cobalah untuk berinteraksi dengan mereka. Tak hanya faunanya saja, Gunung Leuser juga memiliki kekayaan buahnya katakanlah seperti buah rambutan, mangga, alpukat, durian, pepaya, jambu biji dan jeruk.
            Satwadi taman nasional gunung leuser

Kawasan yang juga dikenal kawasan Ekosistem Leuser ini setidaknya terdapat 130 spesies seperti gajah, bawak, harimau, kera, reptil, macan tutul, dan 325 spesies burung. Gunung leuser memiliki ketinggian 3.381, disinilah tempatnya para petualang sejati untuk menikmati keindahan Indonesia. Taman Nasional Gunung Leuser juga menjadi taman nasional terbesar di Indonesia, jadi sobat tidak akan kecewa jika menjelajahnya. Secara keseluruhan taman ini meliputi pantai, hutan bakau, hutan lumut, hutan rawa, hutan subalpine dan pegunungan tinggi. Kawasan diujung pulau sumatera ini selain difungsikan sebagai pelestarian alam juga digunakan untuk tujuan ilmu pengetahuan, penelitian, rekreasi atau pariwisata, budidaya, dan pendidikan.
sungai alas gunung leuser

Di puncak Gunung Leuser maka akan tampak sungai Alas yang memotong Taman Nasional Gunung Leuser menjadi dua bagian yakni barat dan timur. Pemandangan hutan tropis yang menakjubkan juga akan mengobati rasa haus sobat akan pemandangan alam. Taman Nasional yang satu ini sebenarnya merupakan kumpulan dari beberapa cagar alam diantaranya Cagar alam kluet, kappi cagar alam, Cagar alam gunung leuser, singkil barat, dolok sembilin, ketambe researceh station, dan sikundur-langkat widlife reserve. Jika ingin berpetualang disini cobalah untuk menuju Desa Ketambe, disana sobat akan menemui sungai Alas. Ada juga beberapa ban yang disewakan untuk meluncur dari atas sungai. Kegiatan lain yang bisa sobat coba diantaranya mengunjungi gua kelelawar, perkebunan karet, hiking ke puncak gunung leuser selama 10-14 hari. Karena luasnya wilayah sangat disarankan bagi anda untuk menggunakan jasa pemandu lokal.

Taman Nasional Gunung Leuser : Kekayaan Flora Dan Fauna Di Sumatra Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Yusuf Fikri

0 komentar:

Posting Komentar