Senin, 25 Agustus 2014

Berpetualang Di Cagar Alam Pangandaran Atau Pananjung di Jawa Barat

Cagar Alam Pangandaran - Segunduk hutan lebat berdiam di ujung tenggara tanah pasundan dan membelah samudra Hindia. Lokasinya yang menjorok kelaut menjadikan pantai pandandaran menjadi dua bagian yakni pantai barat dan pantai timur. Hutan yang dulunya bernama Kawasan Suaka Margasatwa ini nyatanya tak henti-hentinya menyedot para wisatawan dari berbagai daerah. Rindangnya pepohonan acap kali membuat para wisatawan betah untuk menikmati alam pasundan.
cagar alam pangandaran
cagar alam pangandaran

Cagar Alam Pangandaran memang menjadi salah satu lokasi yang istimewa di Nusantara. Hal ini karena bentuknya yang berupa semenanjung sehingga membuat pantai pangandaran menjadi dua bagian, dengan demikian para wisatawan bisa menikmati matahari terbenam dan terbit dalam satu kawasan. Nah kalau sobat ingin menikmati matahari terbit datanglah kepantai timur, namun tatkala matahari sudah akan terbenam di garis cakrawala bergegaslah untuk menuju pantai barat. Di kawasan cagar alam pangandaran ini sobat bisa melakukan berbagai aktivitas seperti susur gua, snorkeling, tracking hutan, berenang, naik perahu hingga menikmat beberapa peninggalan sejarah.
satwa di cagar alam pangandaran
monyet di cagar alam pangandaran

Topografi di Cagar alam Pangandaran ini berupa daerah yang landai, dan bukit-bukit kecil dengan keringgian rata-rata 100 mdpl. Didalam kawasan cagar alam pangandaran ini terdapat aneka flora dan fauna. Pohon yang dominan diantaranya pohon kisegel, pohon marong, dan laban. Selain itu ada pula Pohon reungas, teureup, kondang, waru laut, nyamplung dll. Pada bagian dataran rendah terdapat mahoni, jati dan komis. Sedangkan fauna yang ada meliputi tando, kalong, kijang, kera abu-abu, kangkareng, lutung, rangkong dan ayam hutan.
pantai timur pangandaran
Daya tarik dari obyek wisata cagar alam pangandaran atau pananjung adalah para wisatawan bisa menikmati suasana alam yang masih asri yang meliputi vegetasi, biota laut dan satwa liar. Bagi anda yang berjiwa petualang tentu akan menyukai tempat seperti ini. Beberapa tempat yang menarik diantaranya goa-goa alam, taman laut, dan pantai pasir putih. Di taman laut tersebut anda bisa menikmati terumbu karang dengan snorkeling. Saat anda berjalan di area cagar alam pangandaran hati-hati saat membawa barang terutama makanan karena monyet-monyet liar siap mengincar anda. Tiket masuk cagar alam pangandaran adalah Rp 22.000,- (agustus 2014)

Berpetualang Di Cagar Alam Pangandaran Atau Pananjung di Jawa Barat Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Yusuf Fikri

0 komentar:

Posting Komentar