Kamis, 14 Agustus 2014

Curug Cigamea Bogor, Air Terjun Di Gunung Salak Endah

Curug Cigamea di Bogor merupakan destinasi wisata yang tak kalah menariknya dibanding wisata lain di kota Hujan tersebut. Sama dengan curug luhur, curug Cigamea letaknya juga berada di kaki gunung salak, bahkan lokasinya paling dekat dengan pintu masuk GSE atau Gunung Salak Endah. Jika dari pintu masuk GSE hanya berjarak sekitar 2 Km. Di Curug Cigamea ini terdapat 2 aliran air terjun. Di air terjun pertama yang terletak tak jauh dari jalan masuk, memiliki debit air yang kecil. Sedangkan air terjun kedua lebih tinggi dan memiliki debit air yang lebih banyak. 
curug cigamea bogor
curug cigamea bogor

Lokasi Curug Cigamea ini tepatnya terletak di Gunungsari, Pamijahan, Bogor dengan koordinat 6° 41' 40.30" S  106° 41' 8.48" E. Jika dari pusat Kota Bogor berjarak 38 Km. Jika sudah sampai di pintu Gerbang GSE,maka perjalanan dilanjutkan menuju pintu masuk Curug Cigamea dengan jarak tempuh sekitar 2 Km. Setelah itu maka perjalanan dilanjutkan dengan jalan kaki dengan jarak sekitar 400 meter dan waktu sekitar 20 menit. Sobat tak perlu khawatir karena track menuju Curug terbilang bagus. Jalanya terbuat dari batu yang tersusun rapi dengan bentuk anak tangga menuruni tebing. Di pinggir jalan juga sudah diberi pagar besi sebagai pengaman. 

Jika sobat merasa lelah dalam perajalanan menuju curug cigamea Bogor, sobat bisa beristirahat di shelter-shelter. Jika sobat membawa makanan sebaiknya di taruh didalam tas, karena selama perjalanan biasanya para pengunjung akan menjumpai beberapa ekor monyet. Menurut pengelola wisata curug cigamea, jumlah monyet yang berada di area wisata Curug Cigamea ini mencapai 50 ekor. Memasuki air terjun pertama, terlihat tebing curam dengan dinding batu berwarna kehitaman. Air terjun Cigamea yang pertama ini tidak memungkinkan untuk berenang. Jika sobat ingin berenang, bisa di air terjun yang kedua. Curug kedua ini cukup tinggi, bahkan ketika melihat keatas hanya bisa melihat setengahnya saja karena terhalang oleh pepohonan yang rimbun. Jika sobat berniat mau mandi di Curug Cigamea, sebaiknya jangan datang pada musim penghujan, karena debit air bisa melonjak dengan tiba-tiba.
curug cigamea bogor
mandi di curug cigamea bogor
Nah harga tiket masuk di Curug Cigamea Bogor sendiri adalah Rp 3.500,-. Namun setiap pengunjung akan dikenakan tiket masuk GSE terlebih dahulu yakni Rp 7.000,-. Di Kawasan Curug Cigamea juga terdapat beberapa penginapan, jika sobat memilih berlibur untuk waktu yang lebih lama. 

Curug Cigamea Bogor, Air Terjun Di Gunung Salak Endah Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Yusuf Fikri

0 komentar:

Posting Komentar