Sabtu, 16 Agustus 2014

Daftar Tempat Wisata Di Semarang Dan Sekitarnya

Semarang merupakan salah satu kota besar di Indonesia dan merupakan ibukota dari Provinsi Jawa Tengah. Kota yang satu ini memiliki populasi penduduk yang cukup padat. Namun taukan anda kota Semarang memiliki sejumlah tempat wisata yang wajib untuk dikunjungi. Semarang terletak di bagian utara Pulau Jawa dan berbatasan dengan Laut Jawa, sehingga terdapat beberapa pantai yang dijadikan sebagai obyek pariwisata salah satunya adalah Pantai Marina. Menengok beberapa puluh tahun kebelakang, Semarang juga menjadi salah satu tempat yang disinggahi oleh para penjajah. Beberapa bangunan tua yang kini dijadikan sebagai obyek wisata juga berada di Kota ini seperti Lawang Sewu. Jika anda sedang berada di Kota Semarang baik untuk waktu yang lama atau tidak, sayang jika tidak mengunjungi tempat-tempat wisata di Semarang. Berikut ini 10 tempat wisata di Semarang dan sekitarnya yang wajib untuk dikunjungi versi sobatpetualang.com.

Tempat Wisata di Semarang Dan Sekitarnya Yang Paling Menarik

1. Pantai Maron
Pantai Maron di Semarang ini terletak di sebelah utara Bandara Ahmad Yani. Pantai ini merupakan pantai yang cukup banyak dikunjungi wisatawan di Semarang. Jalan menuju pantai maron memang belum bagus karena masih berbentuk tanah, sehingga saat hujan jalan tersebut akan licin. Tiket masuk pantai maron adalah Rp 3.000,-

2. Pantai Marina
Pantai Marina terletak di jalan Yos Sudarso dan merupakan pantai di Semarang yang paling banyak dikunjungi. Saat pagi hari biasanya akan dipenuhi oleh orang-orang yang sedang jogging. Suasana disini cukup sejuk karena dipenuhi oleh pepohonan yang rimbun. Di kawasan Pantai Marina juga terdapat beberapa fasilitas seperti speed boat, kolam renang, ski air, serta taman bermain.

3. Kota Lama
Untuk menuju kota lama, dari tugu muda sobat bisa berjalan kearah utara. Tak sampai 10 menit maka sobat akan menemukan bangunan-bangunan tua peninggalan Belanda. Ikon utamanya adalah Gereja Blenduk yang memiliki atap berbentuk setengah lingkaran. Kota Lama Semarang, pada zaman penjajahan digunakan pusat pemerintahan Belanda. Maka tak heran bangunan-bangunan disini memiliki arsitektur eropa dan pada bagian luarnya memiliki kanal-kanal air yang menuju laut. Aktifitas fotografi tentu menjadi hal yang paling diminati ketika berada diantara bangunan-bangunan tua di Kota Lama Semarang. Kota lama Selengkapnya 

4. Lawang Sewu
Lawang sewu juga merupakan peninggalan kolonial Belanda. Lokasinya tepat disebelah utara Tugu Muda Semarang. Dulunya Lawang Sewu merupakan sebuah gedung untuk kantor pusat kereta api. Kemudian pada jaman penjajahan Jepang, lawang sewu digunakan sebagai tempat tahanan. Bahkan di ruang bawah tanah digunakan untuk tempat pembataian. Maka tak heran jika lawang sewu hingga sekarang masih dikenal sebagai bangunan yang angker. Nama Lawang Sewu begitu terkenal, lantas membuatnya menjadi ikonya kota semarang. Saat ini Lawang sewu digunakan sebagai obyek wisata yang cukup menarik para wisatawan baik dari dalam daerah maupun dari luar daerah. Lawang Sewu selengkapnya

5. Masjid Agung Jawa Tengah.
Tempat wisata di semarang yang menarik selanjutnya adalah Masjid Agung Jawa Tengah. Sebanarnya tempat ini bukan dijadikan sebagai obyek wisata tetapi tetap menjadi tempat ibadah. Akan tetapi karena memiliki arsitektur yang unik, maka banyak para wisatawan yang datang untuk beribadah dan sekaligus berwisata. Keunikan terlihat pada arisitektur masjid yang menggabungkan unsur eropa timur tengah dan jawa. Di halaman masjid terdapat payung raksasa yang bisa dibuka dan ditutup secara hidrolis. Saking luasnya masjid Agung Jawa Tengah di Semarang ini mampu menampung hingga 15 ribu jamaah. Untuk memasuki area masjid tidak dipungut biaya sepeserpun, hanya diminta biaya parkir kendaraan itupun seikhlasnya. Selengkapnya

6. Taman Budaya Puri Maero Koco
Taman ini terletak di jalan yos sudarso, semarang barat. Puri maerokoco bisa dikatakan miniaturnya jawa tengah. Pasalnya didalam taman tersebut didesain sedemikian rupa sehingga menggambarkan letak geografis Jawa Tengah. Didalam puri ini juga terdapat 35 anjungan yang mewakili setiap kabupaten di Jawa tengah yang letaknyapun disesuaikan dengan letak aslinya. Tertarik untuk mengujungi tempat wisata di Semarang yang satu ini? siapakan uang Rp 10.000,- untuk membeli tiket masuknya.

7. Simpang Lima
Kawasan simpang lima di semarang merupakan tempat asik untuk nongkrong di malam hari. Para anak-anak, remaja hingga yang sudah berkeluarga meramaikan kawasan simpang lima di Semarang. Berbagai aktivitas bisa dilakukan mulai dari bermain sepatu roda, skateboard, menikmati berbagai macam kuliner, atau hanya sekedar duduk santai saja. Untuk menuju simpang lima, jika dari tugu muda maka sobat tinggal berjalan kearah barat saja.

8. Taman Rekreasi Wonderia
Taman Rekreasi Wonderia terletak di jalan sriwijaya Semarang. Taman ini dibuka untuk umum sejak tahun 2007 lalu. Berbagai macam wahana menarik juga ada didalamya seperti super rally, ghost house, boom boom car, space gyro, merry do round, kiddy boat dan typhoon coaster. Wahana-wahana tersebut memang cocoknya untuk anak kecil.

9. Pagoda buddhagaya watugong
Pagona ini memiliki ketinggian 45 meter sehingga membutnya menjadi yang tertinggi di Indonesia. Lokasinya berada di Jl perintis kemerdekaan dan merupakan tempat ibadah agama Budha. Arsitekturnya yang unik sehingga cukup menarik untuk dikunjungi.

10. Candi Gedung Songo
Tempat wisata di Semarang dan sekitarnya yang terakhir adalah Candi Gedung Songo. Lokasinya sebenarnya sudah di luar kota semarang melainkan di Ungaran yang merupakan ibukota kabupaten semarang. Candi Gedong Songo ini terletak di kaki gunung ungaran sehingga membuat suasana disini begitu sejuk. Sesudah membeli tiket masuk, maka para pengunjung harus berjalan kaki dari candi pertama hingga terakhir. Jika sobat merasa lelah, sobat bisa menggunakan kuda yang disewakan. Gedung Songo selengkapnya

Itulah tadi kesepuluh tempat wisata di Semarang yang sebaiknya sobat kunjungi. Selamat berwisata.

Daftar Tempat Wisata Di Semarang Dan Sekitarnya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Yusuf Fikri

2 komentar:

  1. Jangan lupa juga untuk mengunjungi 55 tempat wisata di Semarang dan sekitarnya min, recommended banget deh wisata di Semarang, banyak tempat wisata untuk keluarga maupun organisasi.

    BalasHapus
  2. Artikelnya menarik sekali. Terima kasih ya! Yuk, yang mau ke pulau-pulau cantik di Kepulauan Seribu bisa pakai jasa terbaik di:
    Pulau Bidadari

    Pulau Harapan

    Pulau Pari

    BalasHapus