Selasa, 05 Agustus 2014

Umbul Ponggok, Snorkeling di Klaten Serasa di Bunaken

Umbul Ponggok Klaten - Bunaken selama ini memang dikenal memiliki keindahan alam bawah laut yang mempesona. Tak ayal wisatawan dari mancanegara rela jauh-jauh datang ke Bunaken untuk menyelami perairan Bunaken. Berbagai jenis terumbu karang dan biota laut menempati perairan Bunaken. Sobat bisa menyelam dengan perlengkapan diving lengkap disana, atau hanya sekedar ber snorkelling saja. Nah bagi anda yang berada di Jogja dan sekitarnya dan ingin merasakan sensasi snorkeling di Bunaken tapi terkendala dengan budget, kini anda bisa bersnorkeling tanpa harus mengeluarkan banyak biaya untuk pergi ke Bunaken. Sobat cukup datang saja ke Umbul Ponggok yang berada di Klaten Jawa Tengah. Meski bukan bersnorkeling di laut namun sensasinya tak kalah menarik dengan snorkeling di Bunaken atau di wakatobi. Lantas seperti apa Umbul Ponggok di Klaten ini? Simak ulasan sobatpetualang.com berikut ini:
Umbul Ponggok, Snorkeling di Klaten Serasa di Bunaken
Snorkeling di Umbul Ponggok Klaten

Umbul Ponggok di Klaten merupakan sebuah kolam seluas tiga ribu meter persegi. Di tengah tengah kolam tersebut terdapat sumber atau mata air yang menyemburkan air bersih. Saat sobat menyelam maka akan menemui mata air tersebut yang terlihat seperti semburan pasir. Memang di umbul ponggok Klaten tidak terdapat biota laut ataupun terumbu karang, namun sobat bisa menyelam bersama ikan-ikan air tawar seperti nila, koi, bawal da laiya. Tenang saja, meski berisi air tawar, air disini tidak menimbulkan bau amis karena air di dalam kolam langsung dialirkan menuju sungai-sungai yang ada di desa setempat.
Ikan Umbul Ponggok Klaten
Berbagai jenis ikan di Umbul Ponggok Klaten

Lokasi Umbul Ponggok, Wisata Snorkeling di Klaten

Secara administratif, Umbul Ponggok terletak di Desa Ponggok, Kecamatan Polanharjo, Klaten, Jateng. Jika sobat belum mengetahui lokasi tersebut, dari perempatan Delanggu Klaten sobat tinggal mencari sebuah gang di selatan perempatan tersebut. Setelah belok ke barat maka sobat akan sampai di sebuah kolam yang masih asri bernama Umbul Ponggok. Masih bingung juga? silahkan bertanya kepada warga setempat. Sesampainya di lokasi, sobat tinggal membayar tiket masuk Umbul Ponggok yang hanya Rp 4.000,- saja.

Snorkeling Di Umbul Ponggok Klaten

Snorkeling merupakan sebuah kegiatan untuk menikmati atau mengamati aneka ragam biota laut di perairan yang dangkal. Snorkeling dilakukan dengan alat bantu berupa kaca mata dan selang pernafasan. Namun kini kegiatan snorkeling tidak hanya dilakukan di laut saja, di Klaten misalnya anda bisa snorkeling di sebuah kolam yang bernama Umbul Ponggok. Jika sobat tidak punya peralatan snorkelling, tenang saja karena pihak pengelola sudah menyediakanya, tentu saja harus membayar biaya sewa. Jika sudah memakai peralatan snorkeling cobalah untuk menikmati polah ikan-ikan air tawar didalam Umbul Ponggok. Air disini begitu jernih, sehingga sobat bisa mengabadikan moment-moment seru bersama ikan-ikan saat bersnorkeling di Umbul Ponggok Klaten. Tentu saja kamera yang digunakan adalah yang tahan air. Sobat bisa puas menyelam di Umbul Ponggok ini, pasalnya kedalamanya mencapai 2 meter dengan panjang 75 meter dan lebar sekitar 40 meter.
snorkeling Umbul Ponggok Klaten
wisatawan sedang asik bersnorkeling di Umbul Ponggok Klaten
Gimana tertarik untuk bersnorkelling di Umbul Ponggok Klaten ini? sebagai tambahan informasi, Umbul tempat wisata di Klaten ini sudah ada sejak zaman penjajahan Belanda. Sampai saat ini sudah beberapa kali mengalami renovasi, terakhir kali pada tahun 2010 lalu. Umbul Ponggok Klaten saat ini memang lagi naik daun, bahkan saat hari libur pengunjungnya bisa mencapai 600 orang. Oleh karena itu, pihak pengelola akan segera mengahadirkan fasilitas-fasilias baru agar lebih menarik.

Umbul Ponggok, Snorkeling di Klaten Serasa di Bunaken Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Yusuf Fikri

0 komentar:

Posting Komentar