Jumat, 22 Agustus 2014

Yuk Berlibur Ke Pantai Batu Hiu Pangandaran Jawa Barat

Saat anda sedang berlibur di Pantai Pangandaran, jangan sampai terlewatkan untuk mengunjungi Pantai Batu Hiu. Letaknya tak jauh dari Pantai Pangandaran sekitar 14 Km kearah barat. Lokasinya cukup mudah ditemukan karena ada beberapa plang petunjuk arah menuju pantai tersebut. Jika sobat tak membawa kendaraan pribadi, tersedia kendaraan umum menuju daerah Parigi. Perjalanan selanjutnya bisa menggunakan ojek selama kurang lebih 10 menit.
pantai batu hiu ciamis
pantai batu hiu ciamis
Jalan menuju Pantai Batu Hiu ini memang tidaklah terlalu besar dan sesekali terdapat lubang ditengah jalan. Sesampai disana mungkin sobat hanya melihat pantai yang tidak begitu istimewa dengan bukit karang disampingnya. Tapi cobalah untuk menaiki anak tangga keatas bukit, maka sobat akan menyaksikan pemandangan berupa tebing batu karang yang menghadap ke laut. Diantara batu karang yang menghiasi pantai terdapat sebuah batu yang mirip dengan ikan Hiu, inilah alasan mengapa pantai ini dinamakan Pantai Batu Hiu. Diatas tebing ini terdapat pepohonan yang rimbun sehingga sangat nyaman untuk bersantai. Ada pula beberapa gazebo yang memang disediakan untuk para wisatawan yang ingin berteduh. Semilir angin laut semakin membuat siapa saja terlena dan betah untuk berlama-lama disini.

admin :D
Dibalik keindahannya, Pantai Batu Hiu Pangandaran ternyata menyimpan Legenda yang dipercayai oleh masyarakat setempat. Konon batu yang mirip hiu tersebut merupakan jelmaan dari ikan Hiu sungguhan. Pada sekitar abad ke-11 ada sejumlah pasukan yang dipimpin oleh Aki Gede dan Nini Gede. Saat sampai di dekat bukit mereka memutuskan untuk beristirahat dan tinggal sejenak. Salah satu pasukan yang bernama Ki Braja Lintang pergi mencari ikan dipantai dan tanpa disangka ia berhasil menangkap ikan hiu. Saat Aki Gede mengetahui kejadian tersebut ia memerintahkan Ki Braja Lintang untuk mengembalikan hasil tangkapanya ke laut. Dan setelah dilepaskan ikan hiu tersebut berubah menjadi batu hitam besar yang berbentuk ikan hiu.

pintu masuk pantai batu hiu
Secara administratif, Pantai Batu Hiu terletak di Desa Ciliang, Kecamatan Parigi, Kabupaten Pangandaran Jawa Barat. Kabupaten Pangandaran sendiri merupakan pemekaran dari Kabupaten Ciamis sejak 2012 lalu. Pintu masuknya berupa sebuah gua berbentuk kepala Hiu yang berukuran raksasa. Meski tidak cocok untuk berenang, namun pantai ini menawarkan pemandangan yang spektakuler. Dari atas bukit, sobat bisa menyaksikan ganasnya ombak pantai selatan yang menhantam bebatuan. Saat berada diatas bukit ini begitu terasa nyaman dengan pepohonan pandan wong yang lebat. Saat matahari mulai terbenam di cakrawala siapkan kamera anda untuk mengabadikan momen-momen tersebut. Tak Jauh dari sini juga terdapat obyek wisata yang menarik yakni Green Canyon.

Yuk Berlibur Ke Pantai Batu Hiu Pangandaran Jawa Barat Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Yusuf Fikri

0 komentar:

Posting Komentar