Jumat, 08 Agustus 2014

Pantai Tanjung Lesung, Pantai Menarik Di Banten Selain Pantai Sawarna

Pantai Tanjung Lesung merupakan pantai yang terletak di daerah banten tepatnya di kabupaten Pandeglang. Pantai Tanjung Lesung sebenarnya merupakan kawasan pantai yang terdiri dari berbagai tempat wisata menarik. Sobat bisa melakukan berbagai macam aktivitas disini seperti bermain jet sky, snorkeling, berkeliling dengan boat hingga memancing. Ciri khas pantai yang terletak di ujung barat pulau jawa ini adalah hamparan pasir putihnya yang luas. Maka tak heran jika Pantai Tanjung Lesung ramai dikunjungi wisatawan baik lokal maupun turis asing layaknya pantai-pantai di Bali.
Pantai Tanjung Lesung

Secara administratif Pantai Tanjung Lesung terletak di desa Tanjung Jaya, Panimbang, Pandeglang, provinsi Banten. Jalan menuju Pantai Tanjung Lesung bisa melalui Jakarta-merak-pintu gerbang cilegon-anyer-carita-labuan-Tanjung Lesung. Jika sobat berasal dari Jakarta maka setidaknya dibutuhkan waktu 3 jam perjalanan untuk sampai di Pantai Tanjung Lesung. Pantai seluas 1500 hektar ini merupakan obyek wisata yang wajib dikunjungi di Banten selain pantai sawarna ataupun pantai carita.

Asal muasal penamaan Pantai Tanjung Lesung karena lokasinya yang berupa semenanjung atau daratan yang menjorok ke laut sehingga mirip dengan ujung lesung yaitu alat tradisional yang digunakan untuk menumbuk padi. Pantai-pantai di Tanjung lesung memiliki pasir putih dengan air laut yang berwarna biru jernih dan batu karang. Ombak disini tidak terlalu besar sehingga sangat cocok untuk berbagai aktivitas seperti berenang, snorkeling, atau naik jet sky. Bagi pasangan muda, Tanjung Lesung tentu menjadi tempat yang cocok untuk memadu asmara. Duduk di pinggir pantai sembari menikmati keindahan pantai dengan diiringi suara deburan ombak dan kicauan burung untuk menanti keindahan sang surya saat kembali ke peraduan tentu menjadikan suasana yang romantis. Jika anda memilih datang ke Pantai Tanjung Lesung bersama teman atau keluarga, anda bisa berolahraga pantai seperti voli atau lainya. Ingin yang lebih menantang? Selami keindahan alam bawah lautnya pemandangan eksotis seperti terumbu karang., berbagai jenis ikan.cangkang akan menyambut kedatangan sobat.
Pulau Liwungan

Wisata Tanjung Lesung mulai dibuka sekitar tahun 1998. Saat ini Tanjung Lesung sudah berkembang pesat, berbagai fasilitas yang tersedia diantaranya lifeguard, money charger, area parkir luas, information center, area bermain anak hingga penginapan seperti villa, homestay,resort.Beberapa tempat wisata yang ada di kawasan wisata Tanjung Lesung diantaranya:

1. Tanjung Lesung Resort
Di kawasan wisata ini para wisatawan bisa menikmati beragam permainan air diantaranya banana boat, jet sky, sea kayaking, glass bottom boat, open water diving, pedal boat, snorkeling hingga diving. Kawasan ini di kelola secara profesional sehingga terlihat lebih terawat.
2. Pantai Bodur
Pantai bordur di Tanjung Lesung ini juga memiliki pasir putih dengan air laut yang berwarna biru kehijauan. Dengan kedalaman air yang cukup sehingga Pantai Bordur aman untuk berenang. Tempat ini juga tempat yang cocok untuk menikmati keindahan sunset.
3. Pulau Liwungan
Pulau di Tanjung Lesung ini memiliki luas sekitar 50 hektar. Topgrafinya berupa karang, hutan mangrove dan terumbu karang dan aneka biota laut. Di sisi timur pulau, terlihat deretan baru yang rapi seperti buatan tangan manusia.
4. Kampung Wisata Cipanon
Berkunjung ke Pantai Tanjung Lesung Banten, cobalah untuk mampir di kampung wisata cipanon. Masyarakat disini sangat ramah dan sadar akan manfaat serta keindahan biota di lingkunganya. Masyarakat di kampung wisata cipanon tergabung dalam KSM WAP atau kelompok swadaya masyarakat wanan anak pantai sejak tahun 2005. Salah satu kegiatanya adalah menanam terumbu karang di lahan yang rusak seperti di Pulau Liwungan Tanjung Lesung Banten.

Pantai Tanjung Lesung, Pantai Menarik Di Banten Selain Pantai Sawarna Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Yusuf Fikri

0 komentar:

Posting Komentar