Selasa, 02 September 2014

Pulau Alor NTT, Sejuta Pesona Bahari Yang Memukau

Pulau Alor NTT sebenarnya lebih berupa kepulauan karena setidaknya terdiri dari 20 pulau yang memiliki wisata bahari yang tak kalah dengan wilayah lain di Indonesia. Perairan jernih dengan aneka biota laut didalanya tentu menjadi "surga" bagi para wisatawan terutama yang gemar melakukan aktivitas diving atau hanya sekedar snorkeling. Apakah sobat adalah salah satu penggemar diving ? jangan sampai terlewatkan untuk menyelami perairan disini.
Pulau Alor NTT
Pulau Alor NTT

Kabupaten Alor di Nusa Tenggara Timur (NTT) meski terdiri dari 20 pulau namun hanya 9 diantaranya saja yang berpenghuni. Ibukota Alor terletak di Kalabahi yang bisa ditempuh selama 1 jam perjalanan udara dari Kupang. Penerbangan pulang pergi Kupang-Kalabahi ada 2 kali dalam satu hari. Jenis wisata yang diandalkan di Pulau Alor tentunya adalah diving. Namun yang patut disayangkan sebagian besar yang menawarkan paket diving Alor merupakan perusahaan asing. Saat mencoba menyelam kedalanya, siap-siap untuk dibuat terkagum-kagum. Pasalnya Taman Laut Nasional yang satu ini terdiri dari perpaduan Australia dan Indonesia, sehingga kaya akan tetumbu karang dan biota lautnya.
Pulau Alor NTT
terumbu karang pulau alor
Tak hanya para penyelam amatir, para penyelam profesionalpun dibuat terkagum-kagum dengan keindahan pulau alor terutama perairanya. Di perairan Alor ini, sobat bisa menyelam bersama sunfish atau mola-mola serta menyaksikan secara langsung kehidupan mereka. Tebing dan jurang menjadi penghias alam bawah laut alor, uniknya tebing tersebut seperti tersusun layaknya rak buku yang setiap bagianya dihuni oleh berbagai biota laut. Salah satu spot di Kepulauan Alor NTT yang wajib dikunjungi adalah Selat Pantar yang berada diantara Pulau Pantar dan Pulau Alor. Selat yang cukup sempit ini dipenuhi pulau-pulau kecil seperti pulau ternate, pulau kepa, pulau buaya dan pulau tereweng. Namun sobat harus berhati-hati karena ombaknya sangat kuat dan pada bulan oktober sampai november arus lautnya berbahaya bagi penyelam. Disektiar sini terdapat 26 lokasi menyelam yang menakjubkan.
Pulau Alor NTT
diving di pulau alor
Jika sobat tertarik untuk diving di Pulau Alor, sobat bisa memulainya dari Pelabuhan Kalabahi. Operator diving akan menyiapkan segala kebutuhan anda seperti transportasi, perlengkapan, dan makanan. Namun jangan kaget bila operator diving di Pulau Alor sebagian besar adalah orang asing. Namun mereka sudah fasih berbahasa indonesia karena sudah lama menetap di Pulau Alor. Nah disekitar perairan Alor setidaknya terdapat lebih 60 titik menyelam dan 20 diantaranya adalah berkualitas dunia.

Pulau Alor NTT, Sejuta Pesona Bahari Yang Memukau Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Yusuf Fikri

0 komentar:

Posting Komentar