Senin, 15 September 2014

Daftar Lengkap Taman Nasional Di Indonesia

Taman Nasional Di Indonesia - Sobat, seperti yang telah kita ketahui bersama bahwa Negara Indonesia ini merupakan negara kepulauan dan dilintasi oleh garis katulistiwa. Kita tentu harus berbangga dan bersukur, pasalnya dengan kondisi tersebut indonesia memiliki endemik flora dan fauna yang melimpah ruah. Maka tak heran di beberapa tempat terdapat kawasan pelestarian alam dengan beragam flora dan fauna atau yang dikenal dengan Taman Nasional.

Berdasarkan UU no.5 tahun 1990, Taman Nasional merupakan sebuah kawasan pelestarian alam dengan ekosistem asli yang dikelola dengan sistem zonasi untuk berbagai keperluan seperti untuk tujuan penelitian, pendidikan, ilmu pengetahuan, budidaya, dan tentunya pariwisata atau rekreasi. Setidaknya terdapat 45 Taman Nasional di Indonesia saat ini. Taman Nasional tersebut tersebar di seluruh penjuru nusantara mulai dari Pulau Sumatera, Jawa, Kalimantan, Sulawesi hingga Papua. Dari keempat puluh lima Taman Nasional di Indonesia tersebut ada beberapa diantaranya yang sudah terkenal sampai mancanegara. Maka tak heran, hal tersebut mengundang perhatian wisatawan mancanegara untuk mengunjunginya. Apa saja Taman Nasional tersebut dan apa saja hewan yang dilindungi? simak ulasan lengkapnya berikut ini

Taman Nasional Di Indonesia Yang Terkenal

1. Taman Nasional Bunaken
Taman Nasional yang satu ini terletak di Sulawesi Utara dan menjadi habitat bagi spesies kotal, moluska, ikan, reptil dan aneka mamalian laut lainya sehingga menjadikanya ekosistem air laut tropis terlengkap yang ada di Indonesia.. Selain itu Bunaken juga menjadi pusat Coral Triangle. Banyak para wisatawan baik lokal maupun yang tertarik menikmati keindahan surga bawah laut Bunaken baik dengan cara diving ataupun hanya sekedar snorkelling. Bagaimana dengan sobat?
2. Taman Nasional Ujung Kulon
Siapa yang tak kenal dengan taman nasional yang satu ini? namanya begitu akrab di telinga masyarakat Indonesia. Ya, Taman Nasional Ujung Kulon yang berada di ujung barat pulau jawa ini dijenal melindungi Badak Jawa atau yang memiliki nama latin Rhinoceros Sondaicus. Badak jawa menjadi spesies yang paling langka dan kini jumlahnya tak lebih dari 60 ekor saja.
3. Taman Nasional Komodo
Taman Nasional yang terletak di Nusa Tenggara Timur (NTT) ini begitu spesial karena menjadi habitat bagi spesies yang hanya terdapat di Indonesia. Sobat bisa menyaksikan Komodo ini di pulau Komodo, Rinca, Flores diatas padang savana yang menakjubkan. Dengan keindahan yang ditawarkan, Taman Nasional Komodo menjadi spot petualang yang menantang untuk wisatawan lokal maupun wisatawan mancanegara.
4. Taman Nasional Way Kambas
Taman Nasional Way Kambas merupakan salah satu taman nasional tertua di Indonesia. Lokasinya berada di sekitar sungai Way kambas di pesisir sebelah timur Lampung. Secara keseluruhan luasnya mencapai 1.300 km persegi. Beberapa hewan yang dilindungi di Taman Nasional Waykambas diantaranya harimau, badak dan gajah sumatera.

5. Taman Nasional Baluran
Taman Nasional yang satu ini berada di sebelah timur Pulau Jawa tepatnya di Kabupaten Banywangi dan Situbondo. Ekosistemnya yang beragam membuatnya menjadi perwakilan dari ekosistem yang ada di Pulau Jawa. Saat sobat berkunjung kesini akan menemui padang savana yang begitu luas dengan aneka satwa didalamnya, sehingga membuat seolah sedang berada di Afrika. Beberapa tempat yang menarik adalah pantai pasir putih, candi atau menikmati keindahan Baluran dari atas gardu pandang.

Meski belum sempat kami ulas semuanya, namun setidaknya kelima Taman Nasional di atas perlu sobat kunjungi. Nah untuk mengetahui apa saja taman nasional yang ada di Indonesia simak daftar lengkapnya berikut ini:

Daftar Taman Nasional Di Indonesia

Taman Nasional Di Pulau Jawa
  1. Ujung Kulon
  2. Kepulauan Seribu
  3. Gunung Gede Pangrango
  4. Gunung Halimun
  5. Karimunjawa
  6. Meru Betiri
  7. Baluran
  8. Bromo Tengger Semeru
  9. Alas Purwo
  10. Gunung Ciremai
  11. Gunung Merapi
  12. Gunung Merbabu
Taman Nasional Di Pulau Sumatera
  1. Tesso Nilo
  2. Way Kambas
  3. Bukit Barisan Selatan
  4. Gunung Leuser
  5. Berbak
  6. Sembilang
  7. Bukit Tigapuluh
  8. Bukit Duabelas
  9. Kerinci Seblat
  10. Siberut 
 Taman Nasional Di Pulau Kalimantan
  1. Sebangau
  2. Tanjung Puting
  3. Kutai
  4. Kayan Mentarang
  5. Bukit Baka-Bukit Raya
  6. Gunung Palung
  7. Betung Kerihun
  8. Danau Sentarum 
Taman Nasional Di Pulau Sulawesi
 
  1. Bunaken
  2. Bantimurung - Bulusaraung
  3. Kepulauan Togean
  4. Wakatobi
  5. Taka Bonerate
  6. Rawa Aopa Watumohai
  7. Lore Lindu
  8. Bogani Nani Wartabone
 Taman Nasional Di Pulau  Bali dan NTT
  1. Kelimutu
  2. Manupeu Tanah Daru
  3. Bali Barat
  4. Manupeu Tanah Daru
  5. Gunung Rinjani
  6. Laiwangi Wanggameti
 Taman Nasional Di Pulau Papua dan Maluku
  1. Wasur
  2. Lorentz
  3. Manusela
  4. Teluk Cendrawasih
  5. Aketajawe - Lolobata
Nah itulah tadi daftar lengkap Taman Masional yang ada di Indonesia, apakah sobat pernah mengunjungi salah satu diantaranya?

Daftar Lengkap Taman Nasional Di Indonesia Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Yusuf Fikri

0 komentar:

Posting Komentar