Selasa, 30 September 2014

Daftar Pantai Terindah Di Jogja

Daftar Pantai Terindah Di Jogja - Jogjakarta memang menjadi salah satu tujuan para pelancong untuk menghabiskan masa liburanya. Sejumlah pariwisata yang ada di jogja memang menjadi magnet tersendiri. Kota Gudeg ini memang memiliki aneka macam wisata mulai dari wisata sejarah seperti di Keraton dan tamansari, wisata belanja di Malioboro, wisata kuliner dan wisata pantai yang tersebar di 3 kabupaten yang ada di Yogyakarta yakni Bantul, kulon progo dan gunung kidul. Kendari demikian gunung kidul menjadi daerah yang paling banyak memiliki pantai terindah dengan pasir putih disepanjang garis pantai. Berlibur di jogja, sayang sekali jika tidak mengunjungi pantai-pantainya terutama pantai di Gunung kidul. Jika anda belum tau pantai mana saja di Jogja yang wajib dikunjungi, berikut kami memiliki daftarnya.


Daftar Pantai Di Jogja Yang Paling Indah

1. Pantai Glagah
Di mulai dari yang paling barat yakni pantai glagah. Pantai ini memiliki ciri khas adanya beton-beton yang digunakan untuk pemecah ombak. Rencananya, di pantai ini akan dibuat pelabuhan. Pantai Glagah terletak di Desa Glagah, Temon, Kulon progo, DIY. Selain menikmati deburan ombak dari gazebo-gazebo yang telah dibangun, anda bisa menikmat indahnya laguna di dekat pantai. Laguna tersebut cukup luas, untuk menikmatinya sobat bisa naik perahu yang disewakan oleh pengelola setempat. Di laguna ini juga terdapat ikan sehingga tak jarang di temui beberapa orang yang sedang asik memancing. Menariknya lagi di kawasan Pantai Glagah ini terdapat agrowisata buah naga, sehingga anda bisa membelinya untuk dijadikan oleh-oleh.

2. Pantai Parangtritis
Siapa yang belum pernah mendengar pantai yang satu ini. Pantai terindah di jogja yang satu ini memang namanya sudah melegenda dengan mitos Nyi Roro Kidul yang menyertainya. Sobat bisa bermain sepuasnya di pinggir pantai seperti berenang atau membuat kerajaan dari pasir hitam. Namun anda harus hati-hati kalau berenang, karena di beberapa titik sangat berbahaya. Tak sedikit korban baik yang masih hidup atau meninggal gara-gara tidak menghiraukan tanda agar tidak berenang di titik tersebut. Menikmati suasana senja sambil naik dokar di pantai parangtritis, sungguh menciptakan suasana yang romantis. Jika anda suka tantangan cobalah untuk naik paralayang dari atas bukit dekat pantai parangtritis ini.

3. Pantai Ngobaran
Mungkin namanya sedikit asing bagi anda, bahkan masyarakat jogja sekalipun. Pantai yang berdekatan dengan pantai ngrenehan ini memiliki daya tarik tersendiri. Disini sobat bisa melihat bangunan-bangunan yang memiliki nilai historis tinggi, menikmati pemandangan pantai dari atas bukit, dan melihat hijaunya rumput laut yang tumbuh di garis pantai. Menurut cerita Prabu Brawijaya V pernah singgah disini dan melakukan upacara muksa atau membakar diri. Karena apinya yang berkobar, maka pantai ini dinamakan pantai ngobaran. Bangunan yang menarik disini adalah empat tempat ibadah yang berdiri berdekatan, yang menyimbolkan bahwa sudah terjadi toleransi beragama sejak dulu. Pantai ini terletak di desa kanigoro, Saptosari, Gunung Kidul, dan berjarak sekitar 65 Km dari pusat kota Jogja.

4. Pantai Baron
Tak jauh dari pantai ngobaran, terdapat deretan pantai yang menarik salah satunya adalah pantai baron. Pantai Baron, namanya sudah terkenal terutama bagi masyarakat jogja. Meski tidak berpasir putih seperti halnya pantai di gunung kidul lainya, pantai baron tetap memiliki daya tarik tersendiri. Di kawasan pantai baron terdapat pelelangan ikan,sehingga anda bisa membelinya untuk dijadikan buah tangan. Pada hari-hari tertentu, di pantai ini akan diadakan kesenian tradisional seperti Reog.

5. Pantai Indrayanti
Dari daftar pantai terindah di Jogja diatas,mungkin pantai ini yang bisa dikatakan paling indah. Wajar saja karena pantai indrayanti kini sudah berkembang pesat. Anda bisa bermain-main di pinggir pantai dengan pasir putihnya, atau hanya duduk santai di gazebo-gazebo yang berdiri tepat di bibir pantai. Pada hari libur, pantai indrayanti selalu dipenuhi oleh pengunjung baik dari jogja atau kota-kota lain disekitarnya. Kini di kawasan pantai indrayanti ini sudah banyak terdapat penginapan baik yang berupa home stay atau cottage. Pantai indrayanti ini masih 1 kawasan dengan pantai Baron, jadi untuk memasukinya sobat cukup membayar satu kali.

Demikianlah daftar pantai terindah di jogja menurut sobatpetualang. Sebenarnya masih banyak lagi pantai-pantai menarik lainya di jogja yang bisa anda kunjungi terutama yang berada di daerah gunung kidul. Anda bisa melihat daftarnya di artikel kami sebelumnya yang berjudul Daftar Pantai Di Wonosari Jogja.

Daftar Pantai Terindah Di Jogja Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Yusuf Fikri

0 komentar:

Posting Komentar