Selasa, 25 Maret 2014

Warso Farm, Surga Durian Di Bogor

Warso Farm- Durian merupakan buah dengan nilai jual yang tinggi. Namun tak banyak orang yang menyukai buah yang satu ini. Bahkan ada sebagain orang yang mencium baunya pun sudah merasa "enek". Bagi sobat yang menyukai durian mungkin tempat ini bisa dijadikan untuk hunting durian. Warso Farm sebuah tempat yang terletak di Cihideung, Cipelang, Bogor merupakan surganya bagi para pecinta durian. Bagaimana tidak sekitar 900 lebih pohon durian tertanam diatas lahan dengan luas 8,5 hektar.
Warso Farm, Surga Durian Di Bogor
Replika Buah Durian Dan Naga Di Warso Farm

Warso Farm yang terletak di Bogor ini memiliki koleksi lebih dari 900 pohon Durian yang terdiri dari 19 jenis. Dari kesembilan belas pohon durian tersebut 7 diantaranya merupakan pohon durian dengan varietas unggul seperti Tembaga, Si Mas, Petruk, Sunan, Monthong dan Lay. Namun sebenarnya tak hanya ditanami dengan pohon durian saja, pohon pohon lain seperti pohon buah Naga, Jambu Monyet, Nangka juga terdapat di Warso Farm. Asal muasal berdirinya Warso Farm Bogor ini sekitar 7 tahun silam. Seorang pensiunan TNI AD bernama Bapak Soewarso Pawakan mendirikan kebun buah Durian diatas lahan seluas 8,5 hektar. 
Warso Farm, Surga Durian Di Bogor
Durian di Warso Farm Bogor

Untuk masuk ke Wisata Warso Farm, sobat tidak dikenakan biaya tiket masuk. Sebuah replika Buah Durian dan Buah Naga yang ukuranya cukup besar akan memberikan salam untuk kedatangan sobat.  Sesampainya di tempat parkir, di kanan-kirinya terdapat beberapa bangunan seperti mushola, restoran, aula, dan kolam ikan. Untuk menuju kebun buahnya sobat harus menaiki beberapa anak tangga. Waktu berkunjung yang pas adalah sekitar bulan Desember hingga Mei. Karena pada bulan-bulan itulah hampir setiap pohonya dipenuhi buah yang matang. Untuk buah Durian yang segar satu kilonya dijual dengan harga Rp 35,000,- . Dan rata-rata setiap buah Durian memiliki berat antara 2 hingga 4 Kg. Dan saya jamin buah durian disini rasanya sangat manis. Bergeser ke area Buah Naga, sobat bisa membelinya dengan harga RP 30.000 untuk setiap kilonya. Suasana di Warso Farm ini sangat sejuk dan nyaman. Ditambah lagi sobat akan dimanjakan pemandangan hijau dari pohon buah Durian dan Naga. Tak hanya itu di lokasi Warso Farm ini terdapat areal persawahan dengan para petani di dalamnya yang sedang beraktivitas. Ketika sobat datang diwaktu yang pas, sobat bisa ikut untuk memanen singkong, padi, dan beberapa tanaman lainya.
Warso Farm, Surga Durian Di Bogor
Tanaman Buah Naga Di Warso Farm Bogor

Akses jalan menuju Warso Farm Bogor bisa melalui tol Jogorawi dan keluar di tol Ciawi kemudian menuju arah sukabumi. Sesampainya di pertigaan dekat pasar Caringin beloklah ke kanan hingga sampai di pertigaan cipelang dan belok kanan lagi. Setelah berjalan sekitar 3 Km, maka sobat sudah sampai Di Kebun Durian Warso Farm.

Warso Farm, Surga Durian Di Bogor Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Yusuf Fikri

0 komentar:

Posting Komentar