Kamis, 20 Maret 2014

Rujak Cireng Makanan Khas Jawa Barat Berbahan Tepung Tapioka

Rujak Cireng- Indonesia ini memiliki banyak sekali makanan khas. Bukan hanya makanan berat saja, makanan-makanan ringan yang biasa untuk camilanpun beragam jenisnya. Nah ketika sobat sedang berada di jawa barat akan menemukan sebuah makanan yang bernama cireng. Cireng sendiri merupakan singkatan dari Aci dan Goreng. Dalam bahasa sunda Aci adalah sebutan untuk tepung tapioka. Seperti namanya makanan khas jawa barat ini terbuat dari tepung tapioka dan kemudian di goreng.
Rujak Cireng Makanan Khas Jawa Barat
Rujak Cireng Makanan Khas Jawa Barat 

Cireng sendiri memiliki beberapa jenis seperti cireng isi, cireng original dan kini muncul inovasi baru yakni Rujak Cireng. Biasanya makanan ini dijual masih mentah atau belum dimasak. Satu bungkus rujak cireng biasanya berisi 20 pc cireng dan dilengkapi dengan bumbu rujak. Harga dari rujak cireng  bervariasi ada yang 15 ribu adapula yang dijual dengan harga 27 ribu. Ternyata rujak cireng ini bertahan cukup lama, apabila disimpan didalam kulkas bisa bertahan hingga 1 minggu namun jika disimpan diuar hanya bertahan 3 hari saja.
Rujak Cireng Makanan Khas Jawa Barat
Rujak Cireng

Cara memasak Rujak Cireng sangatlah mudah. Ambil cireng dari bungkusnya dan ketukan dulu tepungnya kemudian langsung digoreng hingga crispy. Tapi ingat dalam menggoreng cireng jangan menggunakan api yang terlalu besar dan hati-hatilah karena sering kali cireng yang sedang digoreng meletus. Rujak cireng memang paling enak dimakan dalam keadaan hangat karena ada sensasi kriuk-kriuknya. Dari segi teksturnya meskipun terbuat dari tepung kanji tapi tidak begitu alot. Teksturnya kenyal dan renyah apalagi ditambah bumbu rujaknya yang asam manis dan lumyan pedas. Untuk mendapatkan satu bungkus Rujak Cireng kini kian mudah karena beberapa penjual menjualnya secara online.

Rujak Cireng Makanan Khas Jawa Barat Berbahan Tepung Tapioka Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Yusuf Fikri

0 komentar:

Posting Komentar