Minggu, 09 Maret 2014

5 Wisata Pantai Di Pulau Bangka Belitung Yang Paling Indah

Pulau Bangka Belitung dikenal sebagai Provinsi penghasil timah terbesar di Indonesia. Provinsi Bangka Belitung merupakan daerah kepulauan yang terdiri dari dua Pulau besar yaitu Bangka dan Belitung serta beberapa pulau-pulau kecil lainya seperti pulau pongkok, pulau lepar dan lainya. Selain sebagai penghasil timah, bangka belitung juga kaya akan potensi wisata alamnya terutama pantai
5 Wisata Pantai Di Pulau Bangka Belitung Yang Paling Indah
Wisata Pantai Di Pulau Bangka Belitung

Kepulauan Bangka Belitung terletak di pesisir timur Pulau Sumatra, dan lebih tepatnya pada koordinat 1°20’-3°7 LS dan 105° - 107° BT. Kata Bangka sendiri berasal dari kata vangka yang berarti timah, hal ini cukup beralasan karena wilayah ini terdapat timah yang melimpah ruah. Dulunya, kepulauan Bangka Belitung merupakan bagian dari Provinsi Sumatera Selatan, namun sejak tahun 2000 menjadi provinsi tersendiri dengan ibukota Pangkal Pinang. Daerah ini dipenuhi dengan rawa, hutan, bukit, dataran rendah dan pantai. Pantai di Pulau Bangka Belitung menawarkan pasir putih dengan puluhan batu granit. Beberapa pantai di Pulau Bangka Belitung yang cukup populer diantaranya:
5 Wisata Pantai Di Pulau Bangka Belitung Yang Paling Indah
batu granit Pantai Di Pulau Bangka Belitung

Daftar Pantai Di Pulau Bangka Belitung Yang Paling Indah:

1. Pantai Pasir Padi
Pantai ini terletak di Desa Air Itam, hanya berjarak 8 Km dari pusat kota. Pantainya yang luas serta memiliki ombak yang pantai membuat pantai pasir padi di Bangka Belitung ini begitu nyaman melakukan beberapa aktivitas pantai. Sebagai penunjang beberapa fasilitaspun dibangun seperti restaurant, hotel, tempat hiburan karaoke serta beberapa wahana olah raga air.
2. Pantai Parai Tenggiri
Pantai yang terletak di daerah Matras, Bangka Belitung ini terkenal dengan batuan granit yang memiliki berbagai ukuran. Pantai ini bisa dikatakan Ikon nya Pulau Bangka karena keindahanya. Hamparan pasir putih dengan air yang begitu jernih, beberapa pohon kelapa serta batuan besar di pinggir pantai menjadi sebuah formasi keindahan yang bisa sobat dapatkan. Keindahan lain terlihat pada bebatuan yang tersusun rapi sehingga terlihat begitu epik yang bernama rock island. Untuk menuju Rock Island bisa melewati jembatan yang dihiasi dengan lampu di kanan-kirinya. Untuk masalah akomodasi, di pantai tenggiri ini terdapat resort berbintang 4.
3. Pantai Tanjung Tinggi
Pantai ini terletak sekitar 30 Km dari tanjung padang. Pantai yang juga disebut dengan pantai Bilik oleh masyarakat setempat ini memliki panorama yang cukup mengagumkan. Ciri khasnya adalah adanya batu-batu granit yang besar di bibir pantai. Popularitas Pantai Tanjung Tinggi begitu melejit setelah digunakan untuk lokasi syuting film Laskar Pelangi.
4. Pantai Matras
Terletak di Desa Sinar Baru, Pantai Matras berjarak sekitar 40 Km dari Pangkal Pinang.Keistimewaan pantai ini adalah pasir putihnya yang begitu lembut dan adanya aliran air sungai alami.Karena keindahnaya Pantai Matras juga disebut dengan Pantai Surga. Beberapa bungalow juga tersedia di kawasan pantai.
5. Pantai Romodong
Meskipun namanya tidak begitu terkenal, namun siapa sangka pantai romodong menyiman sejuta keindahan. Pantai ini terletak di bagian utara Bangka Belitung yaitu di Kecamatan Belinyu. Pasir putih dengan riak ombak yang tenang adalah salah satu daya tariknya. Untuk menuju lokasi, sobat akan melewati celah diantara batuan yang besar. Keindahan lainya adalah sobat bisa melihat sunset di Pantai Romodong.

Nah itulah kelima pantai yang paling indah di Bangka Belitung. Untuk menuju Bangka Belitung sobat bisa menggunakan pesawat terbang atau menggunakan kapal laut dari Palembang. Untuk masalah kuliner, sobat bisa menemukan makanan khas Bangka Belitung yaitu Gebung.

5 Wisata Pantai Di Pulau Bangka Belitung Yang Paling Indah Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Yusuf Fikri

1 komentar:

  1. Jadi mau ke sana juga! Udah tau belum kalau di Kepulauan Seribu juga ada banyak pulau-pulau yang bagus kayak:
    Pulau Royal

    Pulau Ayer

    Pulau Bidadari

    Pulau Pari

    Pulau Harapan

    Wajib dikunjungi banget pas masa liburan! :D

    BalasHapus