Jumat, 08 Juli 2016

Lokasi Dan Jalan Menuju Goa Tanding Di Gunung Kidul, Wisata Baru Dekat Goa Pindul

Jalan Menuju Goa Tanding Di Gunung Kidul - Kabupaten Gunung kidul Di Yogyakarta kian hari kian berkembang sektor pariwisatanya. Tak hanya pantai pasir putihnya yang menawan, kini Gunung Kidul juga terkenal sebagai rajanya Geo Wisata. Daerah yang memiliki sebutan Jogja Lantai Dua ini kembali meluncurkan sebuah wisata bernama Susur Goa Tanding. Tempat wisata yang satu ini belum lama dibuka dan bisa dikatakan duplikasi dari Goa Pindul yang sudah lama terkenal. Keindahanyapun tak kalah dengan Goa Pindul.



Lokasi Goa Tanding ini berada tidak jauh dari Goa Pindul lantaran masih satu aliran sungai. Menariknya Goa Tanding memiliki ruang sungai bawah tanah yang lebih besar dan lebih panjang. Goa tanding di Gunung Kidul ini bisa jadi alternatif bagi para wisatawan yang ingin cave tubing ala Goa Pindul.Seperti sebelum sebelumnya, saat libur lebaran Goa Pindul selalu dipadati pengunjung. Sebenarnya ini adalah alasan utama dibukanya Goa Tanding. Bukan sebagai goa tandingan, melainkan sebagai langkah antisipasi ketika pengunjung Goa Pindul memblundak.

Berbicara soal keindahan, goa tanding tak bisa dianggap remeh. Deretan stalakmit dan stalagtit bisa sobat jumpai ketika menyusuri goa tanding. Ketika disorot senter, akan memancakran kerlap kerlip kristal. Secara keseluruhan, Goa Tanding di Gunung Kidul ini memiliki tinggi 4 hingga 11 meter dan lebar 4 hingga 8 meter, terbayangkan seperti apa luasnya goa ini. Berbeda dengan goa pindul, di Goa tanding ini para pengunjung akan menyusuri goa sepanjang 450 meter dengan perahu karet bukan dengan ban. Perahu karet tersebut memiliki kapasitas 6 orang, dan akan membawa pengunjung selama kurang lebih 1,5 jam. Salah satu hal yang menjadi kekurangan dari Goa Tanding adalah goa ini tidak tembus alias buntu. Dengan demikian para wisatawan harus keluar masuk melalui pintu yang sama, sehingga para wisatawan harus bersabar menunggu giliran.

Jalan Menuju Goa Tanding Gunung Kidul

Lokasi Wisata Susur Goa Tanding ini bersebelahan dengan Goa Pindl yakni di dusun gelaran II Bejiharjo, Karangmojo, Gunung Kidul. Untuk menuju lokasi tidaklah sulit, jika sobat sebelumnya sudah ke Goa Pindul pasti tidak akan kesulitan. Jalan menuju goa tanding dari kota jogja bisa melalui jalan wonosari. Ikuti jalan tersebut hingga sampai di Bundaran Wonosari. Dari bundaran wonosari ambilah kekiri. Dari sini sudah banyak pemandu dari pengelola Goa Pindul/Goa Tanding yang siap menuntun perjalanan sobat.

Perjalanan menuju goa tanding gunung kidul dari kota jogja membutuhkan waktu 1 hingga 2 jam tergantung kondisi lalu lintas. Harga tiket masuk goa tanding ini cukup mahal dibanding dengan goa pindul. Pengunjung harus membayar tiket masuk sebesar Rp 250 ribu per orang sudah termasuk perahu karet, safety pack, pemandu, makanan ringan dan tempat istirahat beruba gazebo.

Lokasi Dan Jalan Menuju Goa Tanding Di Gunung Kidul, Wisata Baru Dekat Goa Pindul Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Yusuf Fikri

0 komentar:

Posting Komentar