Jumat, 18 Juli 2014

Pura Taman Ayun Di Mengwi Badung Yang Eksotis

Pura Taman Ayun merupakan wisata Budaya di Bali yang letaknya di desa mengwi, Badung sekitar 19 km dari kota Denpasar. Untuk mencapainya sobat bisa melalui jalan raya Denpasar – Gilimanuk. Di bagian luar area Pura Taman Ayun dikelilingi oleh sungai sedangkan di bagian dalam terdapat pura yang dikelilingi oleh kolam. Saat ini Pura Taman Ayun sudah dibangun menjadi taman yang indah tidak hanya menampilkan arsitektur pura. Pura ini dibangun pada jaman kerajaan mengwi yaitu pada abad ke 17 yang saat itu dipimpin Cokorda Sakti Blambangan.
Pura Taman Ayun Di Mengwi Badung Yang Eksotis
Pura Taman Ayun Di Mengwi Badung Yang Eksotis

Secara keseluruhan Pura Taman Ayun memiliki luas 11 x 250 meter dan terdiri dari 3 bagian. Bagian pertama dimulai dari pintu gerbang dimana sobat harus melewati jembatan. Dari sini terlihat kolam yang memiliki Sembilan pancuran . Kolam dan Sembilan pancuran tersebut melambangkan Dewata Nawa Sanga, yaitu Sembilan dewa yang menjaga arah mata angin. Mengikuti jalan berpaving yang ada di Pura Taman Ayun ini sobat akan sampai di gerbang kedua untuk memasuki Bagian Kedua dari Pura Taman Ayun. Di sini terdapat satu pura dengan ukuran yang kecil bernama Pura Dalem Bekak. Selain itu ada juga Bale Pungebengan yang memiliki pintu masuk serta bale kukul tinggi. Dari bale kukul tinggi ini sobat bisa melihat bagian ketiga dan paling suci dari Pura Taman Ayun. Bagian terdalam atau ketiga tersebut, setiap pengunjung dilarang untuk memasukinya karena untuk menjaga kesakralan Pura Taman Ayun. Di Bagian tersebut terdapat tempat untuk persembahyangan bagi umat hindu yang dilengkapi menru-menru bertingkat.
gerbang masuk Pura Taman Ayun


Sejarah Pura Taman Ayun


Pura Taman Ayun didirikan oleh Raja Mengwi pada tahun 1634 yang ditujukan untuk dipergunakan oleh kalangan kerajaan. Pada abad ke 17, Kerajaan Mengwi merupakan satu dari 8 kerajaan yang ada di Bali. Selain Kerajaan Mengwi di Bali ada juga kerajaan lain diantaranya kerajaan Jembrana, Badung, tabanan, Bangli, Buleleng, Gianyar, Karangasem, dan Klungkung. Dalam sejarah, Kerajaan Mengwi ditaklukan oleh kerajaan Badung, kemudian taman ini difungsikan sebagai tempat pertunjukan kebudayaan dan kesenian. 

Keunikan dari Pura Taman Ayun ini dibanding dengan pura-pura di Bali lainya adalah meru yang ada di Pura Taman Ayun adalah meru tumpang solas. Meru tompang solas merupakan meru yang memiliki atap bertingkat 11, dimana meru jenis ini merupakan meru milik para bangsawan bukan rakyat biasa. Meru-meru yang ada di Pura Taman Ayun tersebut didirikan untuk menghormati para leluhur mereka. Seperti meru Ulun Siwi yang didirikan untuk menghormati Dewi kesuburan. Oleh karena itu meru tersebut didirikan dekat sistem pengairan sawah. Meru lainya adalah meru Pasek Buduk dimana meru tersebut untuk menghormati leluhur dari desa Buduk yang meninggal karena membela kerajaan Mengwi. Jika sobat tertarik untuk mengunjungi Pura Taman Ayun, para pengunjung dikenakan tiket masuk Pura Taman Ayun sebesar Rp 3.000,-

Pura Taman Ayun Di Mengwi Badung Yang Eksotis Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Yusuf Fikri

0 komentar:

Posting Komentar