Selasa, 22 Juli 2014

6 Lokasi Wisata Di Pulau Bawean Gresik

Pulau Bawean Gresik merupakan sebuah pulau yang terletak di Laut Jawa yang berjarak sekitar 120 Km jika dihitung dari Kabupaten Gresik Jawa Timur. Pulau ini termasuk pulau berpenghuni yakni sekitar 70 ribu penduduk yang terbelah menjadi 2 kecamatan yakni kecamatan singkapuran dan kecamatan tambak. Penduduk di Pulau Bawean sebagian besar memiliki mata pencaharian nelayan dan petani. Untuk menuju Pulau ini setidaknya dibutuhkan waktu 3 jam dari pelabuhan Gresik menggunakan kapal cepat.


Pulau Bawean di Gresik cukup menarik untuk diulas. Pasalnya di Pulau Kecil yang masuk adminstrasi Kabupaten Gresik tersebut memiliki sejumlah lokasi wisata yang tak kalah menariknya dengan wisata di Indonesia lainya. Mulai dari air terjun, danau dan wisata pantai tentunya ada di Pulau Bawean. Selain itu sobat juga bisa berbaur dengan masyarakat serta menikmati Budaya masyarakat setempat. Namun sayangnya Pulau Bawean tidak terkelola dengan baik di sektor pariwisata. Kurangnya perhatian pemerintah adalah penyebab utamanya. Oleh karena itu kami berharap pemerintah bisa lebih pro aktif lagi untuk meningkatkan pariwisata di Pulau Bawean Gresik. Berikut beberapa lokasi wisata di Pulau Bawean yang bisa sobat kunjungi.

Tanjung Gaang
Disini sobat akan melihat hamparan batu karang dan tebing-tebing yang menjulang tinggi. Lokasi wisata ini berada di sebelah barat dari Pulau Bawean. Untuk menikmati tanjung gang, sobat bisa ikut perahu nelayan untuk menyusuri lautnya atau hanya sekedar menikmati pemandangan hamparan batu karang dari atas tebing sambil menyaksikan birunya air laut.

Danau Kastoba
Di pulau Bawean ini terdapat satu buah danau yang bernama Danau Kastoba. Danaunya masih sangat alami dan terletak di atas bukit. Oleh karena itu untuk menuju Danau kastoba sobat harus melintasi hutan dan tebing melewati jalan setapak. Danau kastoba terletak tepat ditengah Pulau Bawean tepatnya di kecamatan Tambak. Rasakan jernihnya air danau yang tenang. Tidak ada larangan bagi para pengunjung untuk berenang di danau kastoba.

Pulau Gili
Lokasi wisata di Pulau Bawean yang ketiga adalah Pulau Gili. Pulau kecil ini berjarak 2,3 km sebelah timur pulau bawean. Sobat bisa menyeberang menggunakan perahu nelayan selama 30 menit. Pulau Gili berpenduduk sekitar 700 kepala rumah tangga. Di pulau ini sobat bisa menikmat keindahan matahari saat terbenam di pantai yang memiliki pasir putih.

Pulau Noko
Di sebelah pulau gili terdapat sebuah pulau kecil lagi dengan luas sekitar 1 Km persegi. Seluruh daratan Pulau Noko dipenuhi pasir putih dan hanya ditumbuhi semak belukar. Selain menikmati pasir putih, sobat bisa ber-snorkelling dengan membawa peralatan sendiri tentunya.

Air terjun Laccar
Di Pulau Bawean sebenarnya terdapat beberapa air terjun dengan ketinggian rata-rata 10 menter salah satunya adalah Air terjun laccar. Air terjun yang masih alami ini terletak di desa Teluk dalam sekitar 15 km dari Sangkapura. Di sekeliling Air terjun Laccar dipenuhi oleh aneka flora.

Penangkaran Rusa Bawean
Tempat ini merupakan penangkaran rusa langka yang hanya ditemukan di Pulau Bawean. Rusa tersebut memiliki nama latin Axis Kuhlii dan terancam akan punah. Penangkaran rusa bawean memiliki luas sekitar 4 ha. Sobat bisa melihat rusa-rusa yang masih liar, namun bagi siapapun yang datang tidak bisa sembarangan untuk memberi makan pada rusa-rusa tersebut.

Itulah keenam Lokasi wisata di Pulau Bawean yang bisa sobat kunjungi. Di Pulau Bawean ini juga belum terdapat pusat informasi wisata sehingga jika anda merasa kebingungan saat berada di Pulau Bawean lebih baik bertanya kepada warga setempat.

6 Lokasi Wisata Di Pulau Bawean Gresik Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Yusuf Fikri

0 komentar:

Posting Komentar