Rabu, 08 Juni 2016

Rute Dan Jalan Menuju Pantai Kedung Tumpang Tulungagung

Jalan Menuju Pantai Kedung Tumpang - Beberapa bulan belakangan ini pantai kedung tumpang yang berada di Kabupaten Tulungagung mulai ramai dikunjungi. Sebagian besar pengunjung tersebut adalah kalangan anak muda. Kolam kolam kecil alami yang berada di pinggir pantai menjadi ciri khas dari Pantai Kedung Tumpang. Karena keunikanya tersebutlah menjadikan spot ini menjadi tujuan para foto hunter. Pantai ini sebenarnya sudah lama ditemukan, hanya saja baru ramai diperbincangkan akhir akhir ini. Media sosial disini cukup mengambil peran besar dalam mempromosikan pantai yang berupa gugusan tebing dan karang tersebut.

Keindahan Pantai Kedung Tumpang Tulungagung

Lokasi Pantai Kedung Tumpang
Secara administratif, Pantai Kedung tumpang berada di desa Pucunglaban, Tulungagung, Jawa Timur. Tak ada hamparan pasir disini, karena hanya berupa tebing karang yang membentang dari Pantai Blabak hingga Pantai Globok. Namun disitulah letak keindahanya. Ceruk ceruk yang berada di permukaan karang terlihat biru kehijauan dengan gradasi kuning. Kolam kolam ini cukup dekat dengan pantai sehingga secara periodik akan terguyr imbak. Ketika air laut surut, kolam tersebut terlihat tenang jadi para pengunjung bisa mandi. Kolam kolam itu berbentuk tak beraturan karena memang terbentuk secara alami. Lokasinya juga bersusun sehingga pantai ini dinamakan kedung tumpang (kolam bersusun). Tak banyak fasilitas yang ada disini hanya ada beberapa pedagang itupun hanya beratap terpal dan tiang seadanya. Untuk menuju lokasi, para pengunjung harus melewati jalan yang cukup berat. Jalan setapak dengan kemiringan yang bervariasi bahkan sampai 45 derajat.

Rute Dan Jalan Menuju Pantai Kedung Tumpang

Rute menuju pantai kedung tumpang bisa ditempuh dari terminal Tulungagung. Berjalanlah ke timur melewati kampus IAIN Tulngagung dan sampai bertemu dengan traffic light. Dari sini arahkan perjalanan kamu ke kanan dan mengikuti jalan utama tersebut. Jalanya akan berkelak kelok melewati desa Jabon Dusun Njerok. Berjalanlah terus hingga menemui pertigaan dan ambil ke kiri arah pantai Molang. Setelah sampai di pos pantai Molang beloklah kekanan untuk menuju pantai kedung tumpang. Sesampainya di area parkir, kamu harus berjalan kaki dengan medan yang cukup berat. Hanya ada tali tampar ketika kamu melewati jalan menurun menuju lokasi pantai. Jarak dari tempat parkir ke lokasi adalah sekitar 400 meter.

Demikianlah lokasi, rute dan jalan menuju Pantai Kedung Tumpang Tulungagung. Memang kamu harus melalui perjalanan yang berat untuk menuju lokasi, namun akan terbayar dengan pemandangan yang kamu dapatkan. Karena wisata ini terbilang baru, jadi belum ada retribusi masuk hanya dikenakan biaya parkir saja. Jika tertarik menuju kesana, disarankan untuk menggunakan kendaraan roda dua saja mengingat medanya yang sulit.

Rute Dan Jalan Menuju Pantai Kedung Tumpang Tulungagung Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Yusuf Fikri

1 komentar: