Selasa, 22 Maret 2016

Lokasi Dan Rute Menuju Kedung Pedut Kulon Progo

Rute Menuju Kedung Pedut - Kalau mau menenangkan diri dari riuhnya perkotaan, cobalah menuju Jogja bagian barat. Melewati jalan godean teruslah kebarat hingga melewati jembatan Kali Progo. Dari sini pemandangan mulai menarik, dari pemukiman warga, persawahan hingga perbukitan yang menawan. Jalan yang menanjak dan berkelok kelok akan menemani perjalanan sobat. Plang tempat wisata mulai banyak ditemukan mulai dari Grojokan Sewu, Goa Kiskendo, Air Terjun Kembang Soka hingga ke Kedung Pedut. Namun kali ini mimin lebih tertarik untuk menuju ke Kedung Pedut.

Lokasi Kedung Pedut Kulon Progo
Lokasi kedung pedut ini terletak di Desa Jatimuloyo, Kecamatan Girimulyo, Kulon Progo, DIY. Meski baru dibuka tanggal 15 Februari 2015, wisata ini sudah ramai dikunjungi wisatawan saat ini. Kedung Pedut tak ubahnya seperti water park versi tradisional. Dikelola dan dikembangkan sendiri oleh masyarakat setempat, kedung pedut menjadi tempat yang asik untuk berakhir pekan. Selepas dari tempat parkir, sobat harus berjalan kaki sekitar 500 meter hingga sampai ke lokasinya. Jalan setapak yang naik turun cukup membuat ngos ngosan. Baiknya kalau kesini sobat memakai sandal gunng karena jika musim hujan cukup licin.

Dari atas bukit terlihat aliran sungai dengan warna turquois dan ornamen ornamen bambu disekitarnya. Beberapa wisatawan cukup asyik "ceciblon" di sungai tersebut yang dibentuk seperti kolam. Bagi yang mau menantang adrenalin bisa mencoba flying fox dengan harga Rp 15 ribu sekali meluncur. Pengelola juga menyediakan dokumentasi dengan harga Rp 5 ribu per foto. Meski bernama kedung pedut namun disini terdapat beberapa kedung seprti kedung anyes, kedung wedok, kedung lanang, kedung merak dan kedung merang. Kedalamnya juga beragam mulai dari 1 meter hingga paling dalam 4 meter. Rute menuju kedung pedut yang belum bagus dengan banyak lobang serta harus naik turun terbayar lunas saat berada disini. Nah selain kedung ada juga air terjun dengan ketinggian 15 meter dan biasanya digunakan untuk water canyon. Tertarik untuk mengunjunginya?

Rute Menuju Kedung Pedut
Jogja - Ringroad Demak Ijo - Jalan Godean - Pasar Godean - Jembatan Progo - Jalan Kiskendo - Goa Kiskendo - Pertigaan kekiri (arah waduk sermo atau menuju desa jatimulyo) - pertigaan lagi kekiri (lihat plang menuju kedung pedut) - Kedung Pedut.

Tak hanya air terjun dan kolam alami untuk berenang saja, wisata alam ini juga memiliki beberapa fasilitas yang sebagian besar terbuat dari bambu. Mulai dari kursi/tempat duduk - gardu pandang, jembatan, selfie corner, hingga pancuran bambu. Untuk tiket masuknya sendiri adalah Rp 5000,- per pengunjung.

Lokasi Dan Rute Menuju Kedung Pedut Kulon Progo Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Yusuf Fikri

0 komentar:

Posting Komentar