Jumat, 11 Desember 2015

8 Tempat Wisata di Purwokerto yang Paling Sering Dikunjungi

8 Tempat Wisata di Purwokerto yang Paling Sering Dikunjungi - Ada banyak tempat wisata di Purwokerto yang layak dikunjungi, khususnya bagi pecinta alam. Kota yang masih termasuk dalam Propinsi Jawa Tengah dan tidak jauh dari Banyumas ini memiliki pemandangan alam yang luar biasa. Tidak heran jika Purwokerto layak disebut sebagai pusat wisata alam di Jawa Tengah.

Seperti halnya kota-kota lain di Jawat Tengah misalnya Wonosobo, Magelang, Yogyakarta Karakteristik alam di Purwokerto yang terdiri dari pegunungan meliputi wisata keindahan alam, air sungai, sumber air panas, dan camping ground. Tidak hanya wisata alam saja yang menarik dari Purwokerto tetapi juga wisata kuliner dan wisata sejarahnya sangat menarik dicoba. Purwokerto memang dikenal memiliki monumen dan museum bersejarah yang cukup terkenal.

Kota yang terletak di jalur selatan Jawa Tengah ini dikenal dengan beberapa sebutan, seperti Kota Wisata, Kota Kripik, Kota Transit, Kota Pensiunan juga Kota Jenderal. Disebut Kota Jenderal karena banyak jenderal militer Indonesia yang dilahirkan di kota ini. Sebagai Kota Wisata Purwokerto terkenal dengan beberapa tempat wisatanya. Berikut diulas mengenai tempat wisata di Purwokerto yang populer dan paling sering dikunjungi.

1. Baturaden


Wisata Baturaden
Wisata Baturaden
Tempat wisata di Purwokerto ini sangat populer tidak hanya oleh masyarakat sekitar tapi juga seluruh Indonesia. Baturaden terletak di lereng Gunung Slamet dan berada 15 menit dari kota Purwokerto dengan menggunakan kendaraan. Objek wisata yang berada di ketinggian 640 meter dari permukaan laut ini menyajikan keindahan alam pegunungan dengan sejuknya udara.

Dari tempat ini pengunjung juga dapat menyaksikan pemandangan kota Purwokerto dari ketinggian. Bahkan, jalan dan gedung di kota Cilacap juga terlihat, termasuk pulau Nusa Kambangan yang sangat terkenal. Di Baturaden ini ada beberapa spot menarik seperti Pancuran Pitu, Wana Wisata, Taman Bitanin dan Teater Alam Baturaden.

2. Telaga Sunyi


telaga sunyi baturaden
Telaga sunyi baturaden, kompasiana.com/linggapratama
Telaga Sunyi letaknya tidak jauh dari kawasan Baturaden hanya berjarak sekitar 3 km. Di sini akan ditemukan telaga indah dan air yang dingin. Sesuai dengan namanya Telaga Sunyi memang menyajikan suasana yang tenang dan sunyi, sangat cocok untuk bersantai dan menghilangkan stres. Pada musim tertentu di telaga ini mudah ditemukan kupu kupu dan capung warna-warni beterbangan.

3. Pemandian Air Panas Pancuran Telu


Pemandian Air Panas Pancuran Telu
Pemandian Air Panas Pancuran Telu
Objek wisata Pancuran Telu adalah pemandian air panas yang mengandung belerang. Pemandian air panas ini dipercaya dapat menyembuhkan penyakit kulit dan tulang. Disebut Pancuran Telu karena memang terdapat tiga mata air yang mengalir di pemandian air panas ini.

Pada hari libur tempat ini sangat ramai dikunjungi karena letaknya sangat dekat pintu masuk utama. Akses yang mudah adalah salah satu alasan tempat wisata di Purwokerto ini selalu padat dari pagi hingga sore. Umumnya para pengunjung mandi untuk mengobati penyakit atau sekedar berendam untuk melepas penat.

Khusus pada malam tertentu seperti malam Selasa Kliwon dan malam Jumat Kliwon, pemandian ini tetap dibuka hingga malam. Sebaiknya datang mulai pukul 21.00, sebab semakin malam justru semakin ramai. Kunjungan malam hari inipun dikenai tiket masuk dengan harga sama seperti hari biasa, hanya membayarnya cukup satu tiket, yaitu di pintu masuk utama. Hari biasa pengunjung dikenai dua tiket, yaitu di pintu masuk utama dan pintu masuk pemandian air panas.

4. Pemandian Air Panas Pancuran Pitu


Pemandian Air Panas Pancuran Pitu
Pemandian Air Panas Pancuran Pitu
Salah satu tempat wisata di Purwokerto yang banyak dikunjungi adalah Pancuran Pitu, karena letaknya tidak jauh dari Baturaden. Jarak dari Baturaden ke lokasi wisata ini hanya 2,5 km. Selain pemandian air panas, di sini juga terbentang pemandangan alam hutan dan suasana pegunungan yang indah. Pancuran Pitu terdiri dari tujuh air terjun yang sebenarnya tidak tinggi, karena hanya setinggi 1 meter saja. Menariknya air terjun ini terbentuk dari lengkungan yang tercipta akibat aliran air panas belerang terus menerus.

Untuk mencapai pemandian air panas ini pengunjung akan menuruni berpuluh-puluh anak tangga. Namun, jangan khawatir bagi pengunjung yang kakinya pegal atau keseleo di sini banyak ditawarkan jasa pemijat refleksi menggunakan belerang dengan tarif Rp10.000.

Dari pintu masuk atau tempat parkir pengunjung akan disuguhi barisan pohon damar yang memang banyak tumbuh di daerah ini. Damar adalah pohon yang diambil getahnya untuk menjadi bahan pokok pernis, cat, tinta, kemenyan, dan kosmetik. Harga tiket masuk terusan untuk menjelajah Pancuran Pitu, Goa Selirang, Telaga Sunyi, dan Pancuran Telu adalah Rp15.000. Sedangkan untuk mengunjungi Pancuran Pintu dan Goa Selirang saja, wisatawan cukup membayar Rp5.000.

5. Gua Sarabadak


Gua Sarabadak Purwokerto
Gua Sarabadak Purwokerto
Di Gua Sarabadak pengunjung dapat menyaksikan siraman air panas dan air dingin. Ciri khas bebatuan di Gua Sarabadak adalah warnanya yang kuning keemasan, tampak sangat indah dipandang mata. Untuk mencapai gua ini pengunjung harus berjalan kaki menyusuri jalan setapak.

Letak tempat wisata di Purwokerto yang menarik ini bersebelahan dengan Gua Selirang dan berada di Tebing Belerang. Aliran air panas yang mengandung belerang selama ratusan tahun memunculkan jejak belerang bewarna kekuningan di tebing. Oleh sebab itu, tebing ini disebut Tebing Belerang. Sedangkan dinding tebing yang tidak dialiri air panas ditumbuhi lumut yang hijau.

Untuk menuruni undakan di bawah tebing sudah dibuat jalan yang cukup baik, sehingga pengunjung tidak akan kesulitan menemukan Gua Selirang dan Gua Sarabadak. Tempat ini cukup ramai dikunjungi, terutama pada hari libur dan akhir pekan.

6. Wana Wisata


Wana Wisata Purwokerto
Wana Wisata Purwokerto
Wana Wisata terletak 2 km dari kawasan wisata Baturaden. Objek wisata ini terkenal dengan pemandangan alam hutan dan tempat perkemahan yang luas dan mampu menampung 1000 tenda. Di tempat ini pengunjung akan menemukan cagar alam dan pembibitan tanaman produksi, seperti cemara, pohon pinus dan sebagainya.

Untuk mencapai lokasi wisatawan bisa berjalan kaki dari Baturaden. Selain berwisata, pengunjung juga bisa mendirikan tenda untuk camping sekedar merasakan hidup di alam terbuka. Tempat ini sangat cocok digunakan untuk acara out bound atau kegiatan sekolah dan kantor.

7. Air Terjun Curug Cipendok


Air Terjun Curug Cipendok
Air Terjun Curug Cipendok, id.wikipedia.org
Lokasi air terjun Curug Cipendok berada di desa Karang Tengah kecamatan Cilingok, yaitu sekitar 25 km dari kota Purwokerto. Keindahan air terjun Cipendok ini memiliki ketinggian 92 km dengan pemandangan alam yang sangat indah. Suasana hutan yang hijau dengan udara segar dapat ditemukan di tempat wisata di Purwokerto yang sering dikunjungi wisatawan ini.

Air terjun yang juga disebut air terjun Cilongok ini merupakan air terjun tertinggi di Purwokerto. Curug Cipendok berada di lereng Gunung Slamet dan sering digunakan sebagai tempat camping para pecinta alam.

8. Air Terjun Curug Gede


Air Terjun Curug Gede
Air Terjun Curug Gede, olipeoile.files.wordpress.com
Curug Gede memiliki ketinggian 50 meter dan telaga sedalam 25 meter. Itu sebabnya telaga ini cukup berbahaya untuk berenang. Namun, pemandangan alam yang ditawarkan sangat indah dibandingkan curug yang lain.

Air terjun Curug Gede terletak desa wisata Ketenger. Lokasi tempat wisata di daerah purwokerto ini berada sekitar 3 km dari kawasan wisata Baturaden. Keindahan alam yang bisa dinikmati pengunjung adalah telaga bening dengan lempengan bebatuan dihiasi dengan aliran air terjun seperti tirai. Pemandangan alam ini sangat cantik bila diabadikan dengan kamera.

8 Tempat Wisata di Purwokerto yang Paling Sering Dikunjungi Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Yusuf Fikri

0 komentar:

Posting Komentar