Rabu, 09 Desember 2015

10 Tempat Wisata di Sentul dan Sekitarnya yang Paling Populer

10 Tempat Wisata di Sentul dan Sekitarnya yang Paling Populer - Sentul adalah sebuah daerah yang terkenal dengan lintasan balapnya. Padahal daerah yang berada dekat dengan Jakarta dan Bogor ini memiliki sejuta pesona keindahan alam yang layak menjadi tempat wisata di Sentul yang dapat dinikmati wisatawan. Kontur tanahnya merupakan pegunungan dengan hawa sejuk sangat cocok dijadikan tempat berlibur untuk melepas penat dari pekerjaan.

Lokasinya yang tidak jauh dari ibu kota dan akses jalan yang bagus serta mudah adalah alasan sebagian penduduk kota metropolitan untuk berwisata ke daerah ini setiap akhir pekan. Ada 10 tempat wisata di Sentul yang dapat menjadi referensi.

1. Air Terjun Bidadari

air terjun bidadari sentul
air terjun bidadari sentul
Seperti namanya, air terjun ini memiliki pemandangan yang indah dengan batuan besar di sekelilingnya. Telaga yang menjadi curahan airnya sangat jernih dan dangkal sehingga aman untuk berenang, bahkan oleh anak-anak. Air terjun Bidadari berasal dari sumber mata air di hutan lindung Sentul. Ketinggian air terjun ini mencapai 40 meter.

Air terjun yang berada di Sentul Paradise Park sudah dikelola oleh swasta, sehingga telaga di bawah air terjun dibuat sebagai wahana permainan air. Water Park Air Terjun Bidadari memiliki luas 6.000 meter dan dihiasi dengan pasir putih yang didatangkan langsung dari kepulauan Bangka. Tempat wisata di Sentul ini sangat cocok untuk wisata keluarga, terutama yang memiliki anak kecil. Harga tiket masuk dari Senin hingga Jumat Rp25.000, untuk hari Sabtu dan Minggu pengunjung harus membayar Rp30.000. Sedangkan hari libur nasional tiket masuk berharga Rp40.000 dan untuk Hari Raya Rp50.000.

2. Jungleland

Jungleland sentul city
Jungleland
Tempat wisata ini paling ramai dikunjungi wisatawan dari Jakarta dan Bogor. Jungleland adalah tempat wisata tematik berkelas internasional. Wahana permainan yang ada di tempat ini hampir sama seperti yang ada di Dunia Fantasi, namun lebih lengkap dan bervariasi. Ada 40 wahana permainan yang siap menghibur dan menantang adrenalin pengunjung.

Jungleland buka dari jam 10.00 hingga 17.00 setiap hari kerja dan buka jam 09.00 sampai 17.00 pada akhir pekan. Tiket masuk setiap pengunjung Rp200.000 pada pukul 09.00 sampai 15.00, sedangkan pukul 15.00 sampai tutup adalah Rp100.000. Dengan harga tiket itu pengunjung dapat menikmati berbagai wahana permainan yang tersedia dan merasakan sensasi yang berbeda pada setiap
permainan.

3. Pasar Ah Poong

Pasar Ah Poong
Pasar Ah Poong
Pasar Ah Poong adalah pusat kuliner yang menjajakan berbagai masakan dari nusantara dan menu internasional. Diberi nama Ah Poong karena tempatnya berada di atas perahu yang mengapung di sungai Cikeas. Pasar ini buka setiap hari mulai pukul 10.00 hingga 22.00. Khusus pada akhir pekan pasar buka dari jam 07.00 sampai 22.00.

Sistem pembayaran di pasar Ah Poong tidak dilakukan dengan tunai langsung tapi dengan sistem saldo. Pengunjung yang akan bertransaksi wajib mengisi deposit sejumlah tertentu pada kartu yang akan diberikan pihak pengelola. Kartu yang sudah berisi saldo ini yang akan digunakan untuk membeli makanan di pasar Ah Poong.

Di salah satu tempat wisata di Sentul ini pengunjung tidak hanya berwisata kuliner tetapi juga dapat naik perahu tradisional berkeliling kawasan sungai secara gratis. Di sini juga disediakan permainan anak untuk pengunjung yang membawa keluarga.

4. Taman Patung dan Taman Bambu Eco Art Park

Taman Patung dan Taman Bambu Eco Art Park
Taman Patung dan Taman Bambu Eco Art Park
Kedua taman tersebut berada di Eco Art Park Sentul City. Taman tersebut adalah pusat kesenian, terutama seni rupa. Patung-patung yang ada di dalam taman adalah hasil karya seniman dalam negeri maupun luar negeri, seperti patung karya Botaro, seniman Korea dan patung hasil karya seniman Spanyol, Salvador Dali. Ada juga patung robot yang unik dipajang di taman ini. Tidak hanya patung, di taman ini juga tersedia permainan edukatif dan petunjuk cara penggunaannya.

Lokasinya Taman Patung tepat di tengah-tengah taman hijau yang mengelilinginya. Taman Bambu Eco Art Park berada di seberang Masjid Andalusia Sentul dan sangat dekat dengan pasar Ah Poong. Jika berkunjung ke tempat ini wisatawan dapat mengambil foto di depan patung-patung unik hasil karya seniman ternama dan mencoba permainan edukatif yang tersedia di salah satu tempat wisata di Sentul.

5. Hutan Pinus Gunung Pancar

Hutan Pinus Gunung Pancar
Hutan Pinus Gunung Pancar
Hutan pinus ini adalah tempat yang tepat untuk mengusir penat. Di sini pengunjung dapat menikmati pemandangan hijau dan aroma pinus yang khas, serta merasakan ketenangan alam. Hutan pinus Gunung Pancar ini terletak sangat dekat dengan Sentul City, hanya membutuhkan waktu 15 menit perjalanan. Satu lagi nilai tambah tempat ini adalah jalanan yang sangat nyaman karena jauh dari kemacetan seperti Puncak. Tempat ini sangat cocok menjadi tempat wisata di Sentul.

6. Alam Fantasia

Alam Fantasia
Alam Fantasia
Tempat wisata keluarga ini sangat cocok untuk yang memiliki anak-anak kecil. Di Alam Fantasia, pengunjung disuguhi permainan anak-anak yang aman dan menyenangkan. Pengunjung cukup membayar Rp10.000 untuk masuk ke tempat wisata ini.

Ada berbagai permainan yang dapat dinikmati seluruh keluarga seperti bom bom car, mobil rel, permainan out bound dan lain-lain. Dijamin Anda dan keluarga akan betah berlama-lama di tempat ini menikmati semua permainan yang tersedia dan segarnya udara.

7. Pemandian Air Panas Gunung Pancar

Pemandian Air Panas Gunung Pancar
Pemandian Air Panas Gunung Pancar
Satu lagi tempat wisata yang berada di hutan pinus Gunung Pancar adalah pemandian air panas. Letaknya berada di tengah hutan pinus. Meskipun berada di tengah hutan, namun tempat ini mudah ditemukan karena banyak papan penunjuk arah yang diletakkan sepanjang jalan. Pemandian air panas ini buka 24 jam, sehingga Anda dapat datang kapan saja.

Tiket masuk kawasan pemandian air panas hanya Rp2.000 perorang belum termasuk biaya kendaraan. Untuk masuk ke pemandian air panas pengunjung dikenakan tarif Rp10.000 perorang. Tempat wisata di Sentul ini juga dipercaya dapat menyembuhkan beberapa penyakit, seperti pada umumnya tempat pemandian air panas.

8. Science Garden

Science Garden sentul
Science Garden sentul
Science Garden adalah taman pengetahuan yang berada di kawasan terbuka. Taman ini memberikan pengetahuan mengenai energi dengan cara yang menyenangkan dan tidak membosankan. Anak-anak bisa bermain sambil belajar. Salah satu wahana yang digemari anak-anak adalah wahana sepeda tali yang unik dan menarik.

9. Taman Budaya Sentul City

Taman Budaya Sentul City
Taman Budaya Sentul City
Tempat ini adalah sebuah taman bermain dan meeting point yang populer di kalangan masyarakat Sentul. Selain tempatnya yang bersih, pemandangan alam yang melatarinya sangat indah dengan Gunung Pancar yang berdiri tegak. Taman ini tidak hanya untuk tempat bersantai tapi juga bisa menjadi taman bermain anak-anak dan dewasa.

Berbagai permainan yang ditawarkan adalah ATV, paintball, flying fox, trekking, high rope, camping, trampoline, berkuda, melukis dan sebagainya. Taman budaya ini bisa menjadi pilihan sebagai tempat wisata di Sentul yang layak dikunjungi.

10. Bellanova Country Mall

Bellanova Country Mall
.
Mall mungkin banyak di tempat lain, namun mall yang satu ini layak dikunjungi. Selain sebagai tempat perbelanjaan, Bellanova Mall juga menyediakan bioskop dan pusat kuliner yang nikmat. Apabila Anda lelah berpetualang di wisata alam, bisa mampir ke mall ini untuk sekedar bersantai sambil menikmati secangkir kopi atau nonton film terbaru di bioskop.

10 Tempat Wisata di Sentul dan Sekitarnya yang Paling Populer Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Yusuf Fikri

0 komentar:

Posting Komentar