Rabu, 29 April 2015

Asiknya Snorkeling Di Pantai Nglambor Gunung Kidul Jogja

Snorkeling Di Pantai Nglambor -  Gunung Kidul selama ini dikenal memiliki pantai dengan pasir putih yang menawan. Berbatasan langsung dengan Samudra Hindia membuat pantai-pantai di selatan Pulau Jawa seperti di daerah Gunung Kidul ini memiliki ombak yang besar. Oleh sebab itu sebagian besar pantai-pantai tersebut ada larangan untuk berenang karena berbahaya. Namun siapa sangka di Gunung Kidul anda bisa melakukan snorkeling. Baru-baru ini di deretan pantai yang ada di Gunung Kidul terdapat satu pantai dimana para wisatawan bisa melakukan aktivitas snorkeling yakni berenang diatas permukaan air dengan alat bantu masker selam atau yang disebut snorkel. Pantai tersebut adalah Pantai Nglambor yang berada di sebelah barat Pantai Siung.

Snorkeling Di Pantai Nglambor Gunung Kidul Jogja
Snorkeling Di Pantai Nglambor Gunung Kidul Jogja
Snorkeling di Pantai Nglambor bisa dilakukan lantaran bentuk pantainya yang berupa teluk. Tepat didepan teluk tersebut terdapat dua batu karang yang berukuran besar yang menyerupai kura-kura. Kedua batu karang inilah yang menghalau gelombang ombak yang besar sehingga para wisatawan bisa melakukan snorkeling. Terumbu karang bisa tumbuh dengan indah karena tidak diterjang oleh derasnya ombak. Selain terumbu karang para wisatawan juga akan ditemani oleh ikan-ikan kecil yang berwarna-warni. Keindahan semakin nyata karena air laut cukup jernih sehingga terumbu karang dan aneka biota laut terlihat dengan jelas. Namun semua keindahan itu tidak bisa didapatkan secara mudah. Jal ini dikarenakan lokasi Pantai Nglambor yang "tersembunyi". Setelah memarkirkan kendaraan di tepi jalan, sobat harus berjalan kaki melewati ladang yang ditumbuhi kacang dan pandan laut untuk sampai di bibir pantai.

Secara administratif, Pantai Nglambor terletak di Desa Purwodadi, Tepus, Gunung Kidul sekitar 75 km jika dari pusat kota Jogja. Atau setidaknya membutuhkan waktu selama 2 jam perjalanan menggunakan kendaraan pribadi. Lokasi diapit oleh Pantai Jogan dan Pantai Siung yang memang sudah tenar duluan. Jadi untuk menuju pantai nglambor, sobat bisa melalui jalur menuju pantai sing, dan setalah melewati pos retribusi pantai siung sobat akan menemukan pertigaan. Beloklah kekanan dan ikuti jalan tersebut, Pantai Nglambor berada di ujung jalan. Namun jalan menuju Pantai Nglambor ini masih berupa tanah berbatu dan tidak begitu lebar jadi disarankan untuk berhati-hati.
Pantai Nglambor Gunung Kidul Jogja
Pantai Nglambor Gunung Kidul Jogja

Meski sudah dihadang oleh dua batu karang besar, namun untuk melakukan snorkeling di Pantai Nglambor juga harus melihat kondisi air. Waktu yang tepat adalah saat air dalam kondisi sedang. Apabila dalam kondisi pasang ombaknya terlalu tinggi sehingga berbahaya, namun jika dalam kondisi surut maka tidak bisa melakukan aktivitas snorkeling. Pantai Nglambor memang tempat yang unik untuk snorkeling. Pasalnya saat sedang snorkeling, sobat akan dikejutkan dengan gelombang ombak yang datang sehingga membuat tubuh sedikit bergoyang. Hal ini tentu jarang ditemukan di beberapa tempat snorkeling. Beberapa jenis ikan yang akan menemani selama snorkeling diantaranya blue devil, morish idol. trigger dan lain sebagainya.

Snorkeling di Pantai Nglambor Gunung Kidul memang lagi ngehits belakangan ini. Padahal pantai ini baru dikenal sekitar enam bulan yang lalu. Promosi melalui jejaring sosial seperti instagram cukup efektif mendatangkan para wisatawan. Jika anda tertarik untuk snorkeling di pantai ini, bisa menghubungi Bintang Nglambor Snorkeling yang menyediakan alat snorkeling. Biaya snorkeling di Pantai Nglambor adalah Rp 50 ribu untuk setiap orang selama satu jam. Biaya tersebut sudah termasuk jasa fotografer. Tak hanya wisatawan domestik saja yang berdatangan, wisatawan dari mancanegara seperti belanda, perancis dan singapura juga cukup banyak. Bataimana dengan anda?

Asiknya Snorkeling Di Pantai Nglambor Gunung Kidul Jogja Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Yusuf Fikri

2 komentar: