Kamis, 14 Mei 2015

Daftar Tempat Wisata Di Jawa Tengah Yang Menarik Wajib Untuk Dikunjungi

Daftar Tempat Wisata Di Jawa Tengah - Seperti namanya, Jawa Tengah merupakan sebuah propinsi yang terletak di tengah Pulau jawa diapit oleh tiga provinsi yakni Jawa Barat, Jawa Timur dan DIY. Karena letaknya yang berada di tengah-tengah, banyak orang yang melakukan perjalanan baik ke barat atau ke timur beristirahat di wilayah Jawa Tengah. Jika sobat adalah salah satunya, jangan hanya sekedar istirahat saja cobalah untuk mengunjungi beberapa tempat wisata di Jawa Tengah ini. Topografinya yang tediri dari dataran tinggi dan berbatasan dengan laut jawa membuat jawa tengah memiliki beberapa tempat wisata yang menarik. Tak hanya wisata alam saja, jawa tengah juga memiliki sejarah peradapan umat hindu dan budha sehingga tak heran terdapat beberapa candi di sini. Berikut beberapa obyek wisata menarik di Jateng yang bisa anda kunjungi.

Daftar Tempat Wisata Di Jawa Tengah Yang Menarik

1. Dataran Tinggi Dieng

Mau berkunjung ke wisata alam sekaligus wisata sejarah? disinilah tempatnya. Dataran Tinggi Dieng merupakan tempat dimana peradapan umat Hindu dimulai. Candi Arjuna saksi bisu yang hingga kini masih berdiri kokoh. Dataran Tinggi dieng berada di ketinggian diatas 2000 mdpl, tak heran udara disini cukup dingin. Selain candi disini sobat bisa mengunjungi beberapa obyek wisata sekaligus seperti kawah, telaga, gardu pandang dan lainnya. Lokasi dataran tinggi Dieng terletak sekitar 30 Km dari kota Wonosobo.

2. Candi Borobudur

Siapa yang tak pernah mendengar dengan candi yang satu ini. Namanya menggema tidak hanya di Indonesia namun ke mancanegara. Ini dikarenakan kemegahan Candi Borobudur yang hingga kini masih berdiri. Candi Borobudur juga tercatat masuk dalam 7 kejaiban Dunia. Lokasi candi Borobudur ini terletak di kabupaten Magelang dan berbatasan denga  DIY.

3. Karimunjawa


Tempat Wisata Di Jawa Tengah yang menarik selanjutnya adalah Kepulauan Karimunjawa. Provinsi jawa tengah yang berbatasan langsung dengan laut jawa membuatnya memiliki beberapa obyek wisata pantai yang menarik salah satunya adalah kepulauan karimunjawa. Sebenarnya wilayah ini sudah terpisah dengan Pulau Jawa yakni berada di Laut Jawa. Untuk menuju ke lokasi, sobat bisa melakukan penyebrangan dengan kapal baik melalui Jepara atau Semarang. Namun sobat harus mengetahui jadwal kapal terlebih dahulu karena tidak setiap hari ada penyebrangan dari pulau jawa ke kepulauan karimunjawa. Tempat ini menawarkan keindahan pantai dengan hamparan pasir putih dan terumbu karang. Beberapa aktivitas yang bisa dilakukan disini diantaranya diving, snorkeling, mancing, hingga naik boot keliling disekitarnya.

4. Masid Agung Jawa Tengah

Masjid Agung Jawa Tengah yang berada di kota semarang tidak hanya untuk tempat ibadah saja namun juga sebagai tempat wisata. Ini dikarenakan bangunanya yang megah dan memiliki arsitektur yang unik. Di halaman masjid terdapat beberapa payung raksasa yang bisa dibuka dan ditutup secara hidrolik. Masjid ini dibangun pada tahun 2011 lalu dan selesai pada 2006. Jika anda melewati Kota Semarang cobalah untuk berhenti di Masjid ini untuk beribadah, istirahat dan melihat kemegahan Masjid.

5. Keraton Surakarta

Tidak hanya Jogja saja yang memiliki keraton, Jawa Tengah juga memiliki keraton yakni Keraton Surakarta. Keraton ini memiliki hubungan yang erat dengan keraton Yogyakarta. Sampai sekarang keraton Surakarta juga masih dipimpin oleh raja namun kekuasaanya tidak penuh seperti yang ada di Jogja. Anda bisa berkunjung kesini untuk melihat beberapa peninggalan sejarah yang hingga kini masih terjaga.

6. Grojokan Sewu

Grojokan Sewu yang berada di Tawangmangu Karangayar, juga merupakan tempat wisata di Jawa Tengah yang wajib dikunjungi. Pasalnya air terjun ini tergolong besar dan tinggi dengan debit air yang juga tinggi. Ketika musim liburan tiba, tempat ini selalu saja dikunjungi oleh wisatawan. Saat berkunjung kesini jangan kaget jika akan bertemu dengan kera-kera yang masih liar. Jadi berhati-hatilah dalam membawa barang bawaan anda agar tidak dirampas oleh kera-kera tersebut.

7. Candi Prambanan


Satu lagi warisan sejarah yang patut dibanggakan yang berada di Jawa Tengah yakni Candi prambanan. Candi ini merupakan peninggalan umat Hindu. Selain memiliki arsitektur yang memukau, Prambanan juga memiliki legenda Roro Jonggrang yang hingga kini masih banyak yang mempercayainya. Lokasinya berada di Klaten Jawa tengah dan berdampingan dengan provinsi DIY.

8. Baturaden

Terletak di kaki gunung slamet, kawasan Baturaden menjadi salah satu destinasi wisata yang menarik di Jawa Tengah. Beberapa obyek wisata di Baturaden diantaranya pancuran pitu dan pancuran telu, telaga sunyi, wana wisata baturaden, taman kaloja widya mandala, dan teater alam baturaden.

Itulah tadi Daftar Tempat Wisata Di Jawa Tengah yang menarik yang bisa anda kunjungi. Gimana tertarik untuk mengunjungi salah satu dari beberapa obyek wisata diatas?

Daftar Tempat Wisata Di Jawa Tengah Yang Menarik Wajib Untuk Dikunjungi Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Yusuf Fikri

0 komentar:

Posting Komentar