Selasa, 14 April 2015

Gunung Andong Magelang, Gunung Untuk Pendaki Pemula

Gunung Andong Magelang - Tren naik gunung memang lagi "ngehits" belakangan ini. Tidak bisa dipungkiri film-film tentang pendakian adalah salah satu faktornya. Menapaki jalan setapak untuk menggapai puncak dan menikmati panorama dari ketinggian memberikan pengalaman tersendiri. Salah satu hal yang dinanti ketika naik gunung adalah lautan awan yang dibalut dengan warna kuning keemasan sang mentari ketika kembali ke peraduan. Untuk menikmati pemandangan ini pada umumnya, setiap pendaki harus mendaki dengan ketinggian sekitar 3000 mdpl. Bagi pendaki pemula, tentu mendaki dengan ketinggian tersebut seperti di gunung lawu, slamet atau semeru cukup berat. Namun tidak untuk gunung yang berada di Magelang ini. Gunung andong hanya memiliki ketinggian kurang dari 2000 mdpl, sehingga cocok untuk sobat yang baru pertama kali akan naik gunung. Menariknya di gunung ini sobat bisa menikmati keindahan lautan awan yang diapit oleh gunung-gunung besar seperti gunung merapi dan gunung merbabu.

lautan awan di gunung andong
perjalanan menuju puncak gunung andong
Gunung Andong Magelang memiliki ketinggian 1.726 mdpl dan hanya butuh waktu 1 hingga 2 jam untuk menggapai puncak. Namun demikian panorama yang sobat dapatkan tidak kalah bagusnya dengan gunung-gunung lain seperti gunung merapi, gunung merbabu, bahkan gunung slamet. Oleh sebab itu gunung ini sangat cocok untuk para pemula. Inilah yang membuat gunung andong ramai dikunjungi oleh para pendaki belakangan ini. Baik anak-anak, remaja, bahkan sampai orang tua sekalipun sanggup mendaki gunung andong. Di puncak gunung sobat akan disuguhkan panorama kabupaten magelang dan kota salatiga dari ketinggian. Tak hanya itu saja, gunung-gunung disekitar yang kokoh berdiri seolah menjadi pembatas mata memandang. Dari arah matahari terbit, Merbabu dan Merapi siap memanjakan kedua bola mata anda. Si kembar Sindoro dan Sumbing juga tak mau ketinggalan menyuguhkan panorama apik dari arah barat. Jika beruntung, sobat akan menyaksikan lautan awan diantara gunung-gunung tersebut.
gunung sindoro sumbing dari gunung andong
Keindahan semakin nyata ketika fajar muncul dari cakrawala dan ketika akan kembali ke peraduan.Oleh karena itu banyak para pendaki yang menginap di puncak untuk menanti sinar mentari lahir dari ufuk timur. Para pendakipun meluapkan hasratnya dengan berfoto selfie. Berfoto dengan selembar kertas dan sebait pesan untuk orang tersayang juga banyak dilakukan terutama para remaja yang sedang dilanda asmara. Setelah puas berfoto di atas puncak, para pendakipun turun dengan melewati hamparan hutan pinus. Dalam perjalanan turun ini, lebih cepat dari pada saat naik yakni tak lebih dari 1 jam. Gimana tertarik untuk mendaki Gunung Andong Magelang, gunung untuk pendaki pemula ini?

Gunung Andong Magelang, Gunung Untuk Pendaki Pemula Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Yusuf Fikri

0 komentar:

Posting Komentar