Minggu, 01 Februari 2015

Daftar Tempat Wisata Di Medan Dan Sekitarnya

Tempat Wisata Di Medan - Kota yang satu ini merupakan salah satu kota terbesar di Indonesia setelah Jakarta dan Surabaya. Ibu kota Sumatera Utara ini memiliki sejumlah landmark yang sarat akan sejarah. Selain itu, seperti yang telah kita ketahui bersama Sumatera Utara ini memiliki ikon yang sudah terkenal hingga manca negara yakni Danau Toba. Danau ini merupakan danau terbesar di Indonesia dan memiliki sebuah pulau bernama Samosir di tengah-tengahnya. Dengan latar belakang tersebut tak heran jika banyak wisatawan baik dari Indonesia maupun mancanegara yang berlibur di Kota Medan.

Tempat  wisata di Medan ini terdiri dari berbagai jenis, namun yang paling menonjol adalah wisata kuliner dan bangunan-bangunan yang besar nan megah dan memiliki warisan religi serta sejarah. Ini lantaran Medan selama ini dihuni dari berbagai etnis dengan budaya yang berbeda-beda. Infrastruktur dari hari ke hari juga semakin modern, sehingga memberikan kontribusi terhadap kehidupan masyarakat Medan salah satunya di sektor pariwisata. Lapisan masyarakat yang heterogen juga menjadi daya tarik tersendiri dari kota ini. Jika melihat  data dari BPS, jumlah wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Medan pada tahun 2013 adalah sekitar 225 ribu. Apabila dibandingkan dengan Bali, masih kalah jauh yang mencatatkan 3,2 juta wisatawan asing. Namun melihat perkembangan pariwisata di Medan bukan tidak mungkin di masa mendatang bisa menyamai kota-kota wisata lainnya di Indonesia. Nah berikut ini beberapa obyek wisata di Medan yang bisa sobat kunjungi

Daftar Tempat Wisata di Medan

1. Hillpark Sibolangit

Hillpark Sibolangit merupakan taman bermain terbesar di provinsi Sumatera Utara. Berlokasi di wilayah pegunungan dan berjarak sekitar 1 jam dari kota Medan, tak membuat obyek wisata ini sepi pengunjung. Perbukitan Hijau di sekelilingnya menjadi daya tarik tersendiri. Selain itu tempat ini juga memiliki udara yang sejuk, sehingga sangat cocok untuk berwisata bersama keluarga. Taman bermain di Medan ini memiliki konsep tak jauh berbeda dengan taman bermain lainya seperti Dufan atau Trans Studio. Hillpark Sibolangit memiliki tiga tema besar yakni Heritage, Toon Town, dan Lost City. Beberapa wahana yang ada disini diantaranya 4D theatre, Roller Coaster, Ferries Wheel, amphiteather dan lain sebagainya. Jika sobat ingin berlibur kesini alamat Hillpar Sibolangit adalah di Jalan Jamin Ginting Km.45 Medan.

2. Kawasan Pecinan

Mungkin sobat pernah mendengar kawasan yang satu ini. Pecinan merupakan sentrum kuliner populer di Medan. Di sini sobat bisa menemukan berbagai macam hidangan yang lezat mulai dari sate, olahan mie, olahan bebek dan masih banyak lainya. Kawasan pecinan di Medan ini menjadi tujuan wisatawan untuk menikmati kuliner Medan. Dari anak-anak, dewasa hingga orang tua berbaur memenuhi tempat wisata kuliner yang terletak di Jalan semarang Medan ini. Sobatpun akan mendapati berbagai macam etnis disini mulai dari Tionghoa, karo,batak, india, nias hingga jawa.

3. Rumah Tjong A Fie

Inilah tempat wisata sejarah di medan yang bisa sobat kunjungi. Di rumah inilah sobat bisa belajar budaya Tionghoa- Melayu serta riwayat kota Medan. Terletak di Jl. Ahmad yani no 97-99, Rumah Tjong A Fie ini memiliki arsitektur campuran yakni China, Melayu dan Eropa. Perlu sobat ketahui Tjong A Fie merupakan saudagar kaya di masa itu dan menjadi orang terkaya di Asia Tenggara pada waktu itu. Kesuksesan yang diraihnya berasal dari bisni perkebunan dan kereta api. Tjong A Fie pada masanya disegani dan di hormati dari masa kolonial beladan hingga Sultan Deli. Sifatnya yang dermawan membuatnya di daulat sebagai pemimpin komunitas etnis Tionghoa di Medan.

4. Istana Maimun

Ketika sobat jalan-jalan di kota Medan, sobat akan menemukan sebuah bangunan megah berwarna kuning. Itulah Istana Maimun yakni sebuah istana peninggalan Kerajaan Deli. Istana di medan ini kental dengan warna kuning, karena kuning merupakan warna khas Melayu. Sobat bisa melihat beragam koleksi istana seperti singgasana sultan, foto sultan dan belajar mengenai sejarah kerajaan deli. Istana Maimun buka jam 8 pagi sampai 5 sore, dan tepatnya terletak di Jalan Brigadir Jendral Katamso Medan.

5. Merdeka Walk

Selain kawasan Pecinan, Medan juga memiliki satu kawasan lagi yang menyuguhkan wisata kuliner. Akan tetapi, lokasi yang satu ini hanya buka ketika malam hari saja. Merdeka Walk ini terletak di jantung kota Medan. Sobat bisa mendapati berbagai macam jajanan dan menikmatinya dibawah pepohonan yang rindang. Kerlap kerlip lampu semakin membuat tempat ini menarik. Tempat ini juga sering diadakan pergelaran seperti festival musik, parkur, konser musik, dan atraksi lainya.

6. Masjid Raya Al Mashun

Masjid yang berada di jantung kota Medan ini sudah berusiah lebih dari 100 tahun. Selain beribadah, sobat bisa melihat keindahan arsitektur bangunanya yang terdiri dari corak Eropa, melayu, Maroko dan Timur tengah. Masjid ini cukup unik karena berbentuk segi delapan dan memiliki 4 serambi yakni dibagian depan, belakang, kanan dan kiri. Di bagian atap terlihat kubah utama dengan gaya turki dan di kelilingi oleh empat kubah lain yang berukuran lebih kecil. Masjid Raya Al Mashun terletak di jalan Sisimangaraja no. 718 Medan.

Setidaknya keempat tempat wisata di Medan diatas, bisa sobat kunjungi ketika berlibur di Medan. Namun jika anda memiliki waktu yang cukup lama, sobat bisa berkunjung ke Danau Toba. Jarak dari kota Medan memang masih cukup jauh 170 Km yang memakan waktu perjalanan sekitar 6 jam. Namun itu semua terbayar lunas dengan keindahan yang ditawarkan Danau Toba. Namun jika sobat memilih untuk berlibur di kota Medan saja sobat juga bisa menunjungi beberapa obyek wisata lainya seperti penangkaran buaya Asam Kumbang, Graha santa maria annai velangkanni, Bank Indonesia medan, danau siombak dan tip top restauran

Daftar Tempat Wisata Di Medan Dan Sekitarnya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Yusuf Fikri

0 komentar:

Posting Komentar