Senin, 25 April 2016

10 Tempat Wisata Air Terjun di Sulawesi Selatan Yang Begitu Eksotis

Provinsi Sulawesi Selatan dengan ibu kota Makassar merupakan provinsi yang paling ramai di Indonesia Timur. Bisa dikatakan Sulawesi Selatan adalah jalur yang strategis dengan pertumbuhan ekonomi dan pemerataan pembangunan sangat cepat.

Dibalik itu semua Sulawesi Selatan juga menyuguhkan destinasi wisata alam yang cukup eksotis. Setidaknya ada 10 tempat wisata Air Terjun di Sulawesi Selatan yang berhasil idnusantara rangkum.
Keberadaan air terjun yang jauh di tengah hutan membuat keindahan alam ini terlindungi. Tidak seperti Air Terjun Bantimurung di kabupaten Maros yang sudah banyak diketahui, kali ini idnusantara memberikan informasi tempat wisata air terjun di Sulawesi Selatan yang masih alamai dan tersembunyi.

10 Tempat Wisata Air Terjun di Sulawesi Selatan Yang Begitu Eksotis:

1. Air Terjun Lembang Saukang di Sinjai
Tetangga terdekat Kabupaten Bantaeng, Sinjai juga punya air terjun yang alami. Namanya Air Terjun Lembang Saukang. Air terjun ini terletak di Desa Sukamaju, Tellulimpoe. Lembang Saukang adalah salah satu dari banyak air terjun di Sinjai.


Dulunya air terjun ini dikenal dengan dengan nama air terjun tujuh tingkat. Struktur batuan yang membentuk tujuh tingkatan membuat namanya menjadi air terjun tujuh tingkat. Namun banjir dan longsor pada 2006 silam di Sinjai membuat struktur air terjun ini mengalami perubahan. Tujuh tingkatan bebatuan yang tertata apik dan alami mengalami perubahan. Air terjun tujuh tingkat hanya tersisa tiga tingkatan saja.

2. Air Terjun Latuppa di Palopo
Bumi Sawerigading, Palopo juga punya air terjun yang menakjubkan. Namanya Air Terjun Latuppa. Air Terjun Latuppa terletak di Kelurahan Latuppa, Kecamatan Wara, Kota Palopo.

Air ternjun ini memiliki tiga tingkatan air terjun dan berada di rimbunnya perkebunan coklat. Di dekat lokasi air terjun ini banyak dijumpai pohon buah-buahan seperti durian, rambutan, langsat/duku dan manggis. Suasananya yang asri dan banyak ditumbuhi buah-buahan menambah nilai tambah Air Terjun Latuppa. Tidak heran kalau lokasi ini menjadi salah satu yang sering dikunjungi oleh warga Palopo.

3. Air Terjun Maddengge di Camba
Daerah perbatasan Kabupaten Maros dan Kabupaten Bone juga menyimpan banyak kekayaan alam. Letaknya yang bebukitan dan jalannya yang meliuk-liuk menyembunyikan air terjun Maddengge. Air terjun Maddengge terletak di Desa Maddengge’ kecamatan Camba, Kabupaten Maros. Posisinya di celah yang cukup sulit dijangkau. Meski masih jarang wisatawan yang berkunjung, lokasi ini telah akrab ditelinga para pencinta alam.

Bentuk air terjun Maddenge memang unik dan lain dari air terjun sebelumnya. Di tempat ini, bebatuan besar dan alami menjadi pemandangan yang indah. Berada di kaki air serasa berada di planet antahbaranta yang menakjubkan.

4. Air Terjun Ketemu Jodoh di Gowa
Seperti Maros, Kabupaten Gowa juga gudangnya air terjun. Salah satu yang indah di tanah para raja ini adalah Air Terjun Ketemu Jodoh. Air terjun ini terletak di Desa Majannang, Kecamatan Parigi, Kabupaten Gowa.

Air Terjun ini memiliki dua tingkatan terjunan air, dimana untuk mencapai tingkatan yang di atas harus melalui bukit yang cukup terjal. Meski harus bersusah payah, semuanya akan terbayar dengan keindahan yang menenangkan jiwa.

5. Air Terjun Lewaja di Enrekang
Kabupaten Enrekang juga terdapat banyak air terjun. Kontur daerah pegunungan yang banyak ditemui di Enrekang juga menambah daftar air terjun di Bumi Masenrengpulu tersebut. Air Terjun Lewaja di Desa Lewaja, Enrekang ini salah satunya. Selain karena keindahannya yang alami, Air Terjun Lewaja juga punya keterikatan batin dengan masyarakat sekitar.

Mereka yakin air terjun ini adalah tempat yang suci, sehingga sering kali dijadikan lokasi ritual mandi bersama. Di tempat ini juga, kita bisa menemukan kolam renang alami.

6. Air Terjun Matabuntu di Luwu Timur
Di bagian utara Sulsel ada Air Terjun Matabuntu atau dikenal juga dengan sebutan Air Terjun Meruruno. Air terjun yang terletak Desa Matabuntu, Kecamatan Wasuponda, Kabupaten Luwu Timur ini terbilang unik dan langka.

Air terjun ini terdiri dari 33 susun dan berada di tengah pepohonan. Susunan-susunan ini terbentuk secara alami sehingga nampak begitu menakjubkan. Meski jumlah susunanya banyak, namun hanya ada 6 undukan yang tinggi. Sumber air ini mengalir ke Sungai Tumbura, diantara bebatuan kapur di lereng Gunung Lembeonga. Pada undukan paling atas, terdapat sesuatu yang unik, yakni undukan berbentuk kelamin lelaki. Warga sekitar yakin, siapun yang mencapai undukan teratas mampu membuat pasangan memiliki keturunan.

7. Air Terjun Pung Bunga di Maros
Kabupaten Maros memang bisa dinobatkan sebagai surganya air terjun di Sulsel. Salah satu yang belum banyak diketahui adalah Air Terjun Pung Bunga yang terletak di daerah Tompobulu, Kabupaten Maros.

Untuk mengakses tempat ini tidaklah mudah. Butuh perjuangan ekstra. Namun keindahan dan kealamian tempatnya akan membuat siapapun berdecak kagum. Tempat ini masih asri karena jarang dikunjungi. Setiap pengunjung harus melalui rute berjalan kaki kurang lebih 3 jam melewati sejumlah puncak, salah satunya puncak Kariango ke arah Bontosomba. Bagi pencinta hiking, tempat ini akan sangat menarik dikunjungi.

8. Air Terjun Wae Sai di Barru
Kabupaten yang dinobatkan sebagai kabupaten dengan jalan terpanjang di Sulsel, Barru juga memiliki air terjun yang menakjubkan. Namanya Air Terjun Wae Sai yang terletak sangat tersembunyi.

Untuk bisa tiba di air terjun ini pun tidak mudah. Jaraknya yang sekitar 40 kilometer dari Kota Barru memang memakan waktu perjalanan yang panjang. Kita harus menempuh jalur pendakian di pegunungan menuju Kabupaten Soppeng. Meski rute yang ditempuh terbilang sulit, namun air Terjun yang terletak di Lingkungan Wae Sai, Kecamatan Soppeng Riaja ini akan membuat mata dan pikiran jadi tenang. Keasliannya masih terjaga dan bentuknya menakjubkan.

9. Air Terjun Karawa di Pinrang
Kabupaten Pinrang juga menyimpan satu keindahan alam yang menakjubkan. Namanya Air Terjun Karawa. Karena masih jarang dikunjungi, air terjun ini memiliki keindahan alam yang masih alami.

Air terjun ini pun cukup unik, karena berbentuk cekung dengan tinggi dinding mencapai 60 meter. Suasana makin menakjubkan karena kawasan ini diselimuti oleh bebatuan dengan kolam besar tepat di tengah-tengah air terjun. Letaknya yang searah jalan menuju PLTA Bakaru di Betteng Kecamatan Lembang, tempat ini masih alami. Meski begitu, pemerintah setempat telah menjadikan lokasi ini sebagai tujuan wisata di Pinrang.

10. Air Terjun Simoko di Bantaeng
Kabupaten Bantaeng memang terus memantapkan diri sebagai daerah tujuan wisata. Air Terjun Simoko adalah salah satu daya tarik baru buat wisatawan di Bantaeng. Air terjun ini baru dibuka secara resmi oleh pemerintah setempat.

Tempatnya memang tidak terlalu jauh dari kota Bantaeng. Hanya berjarak 15 menit, tepatnya di Kecamatan Tompobulu-Banyorang. Namun, lokasinya yang menantang sangat disukai oleh mereka yang menyukai alam. Untuk mencapai tempat ini memang tidak begitu sulit, namun saat pulang kita harus mendaki tebing dengan kemiringan hingga 75 derat dengan jarak tempuh sekitar 2000 anak tangga.

10 Tempat Wisata Air Terjun di Sulawesi Selatan Yang Begitu Eksotis Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Yusuf Fikri

0 komentar:

Posting Komentar