Rabu, 20 April 2016

Rute Jalan Menuju Wisata Kalibiru Kulon Progo Yogyakarta

Rute Jalan Menuju Wisata Kalibiru - Pegunungan Menoreh di Kulon Progo memang menawarkan pemandangan yang menakjubkan. Salah satunya adalah di Kali Biru yang berada tepat diatas waduk sermo. Jika dari Kota Yogyakarta, tempat ini bisa ditempuh kurang lebih 1 hingga 1 1/2 jam perjalanan. Di pegunungan inilah, Pengeran Diponegoro pernah berperang melawan Belanda 200 tahun silam. Desa Kali Biru sendiri pernah tandus karena pembalakan hutan. Setelah berpuluh puluh tahun masyarakat "menghutankan" desa ini, kini Wisata Kalibiru menjadi roda perekonomian warga.



Menunggu senja datang di atas pohon, sambil menikati hijaunya pegunungan menoreh dan waduk sermodari ketinggian menjadi momen langka yang wajib kamu abadikan. Ditambah lagi udara segar yang menenangkan pikiran. So, waktu yang tepat jika datang kesini adalah sore hari. Ketika cuaca cerah, sambutan sinar jingga mentarisemakin membuat suasana melankolis. Spot yang paling diincar oleh instagramer adalah pohon pinus yang berada di bibir jurang. Diatas pohon inilah kamu bisa menikmati moleknya pegunungan menoreh. Di pohon tersebut sudah disediakan tangga gantung dan diatasnya diber papan kayu untuk berfoto ria. Nikmatilah setiap detik suasana disini, lupakan pikiran pikiran yang berlalu lalang dipikiran. Nikmati pemandangan yang menakjubkan dari kalibiru ini. Nah untuk menuju kesini, bisa melalui rute berikut ini.

Rute Jalan Menuju Wisata Kalibiru

Secara administratif, lokasi wisata kalibiru terletak di Desa Hargowilis, Kokap, Kulon Progo, DIY. Lokasinya tepat berada diatas waduk sermo. Jika dari pusat kota Yogyakarta, pergilah kearah barat menuju jalan wates. Ikuti jalan tersebut hingga kamu akan disebarangkan oleh jembatan bantar yang menghubungkan Kabupaten Bantul dan Kabupaten Kulon Progo. Setelah sampai di sentolo, beloklah kekanan melewati pasar sentolo. Ikuti jalan tersebut hingga sampai disebuah perempatan, belok kiri arah alun alun wates. Dari sini arahkan perjalananmu ke barat melalui jalan wates-sermo. Setelah melewati RSUD Wates ada pertigaan, belok kanan arah waduk sermo. Masuk ke waduk sermo, dari sini kamu tinggal mengikuti plang menuju desa wisata kalibiru.

Ikuti rute jalan menuju wisata kalibiru diatas, atau kamu bisa menggunakan Google Maps jika kamu memiliki smartphone. Tapi pastikan motor kamu dalam keadaan fit, karena jalan dari waduk sermo menuju wisata kali biru sangat menanjak. Bahkan ketika mimin kesana, teman mimin yang bonceng harus turun lantaran tidak kuat. Untuk tiket masuk sendiri cukup murah yakni hanya Rp 3000, - saja. Untuk berfoto diatas pohon, akan dikenakan biaya tambahan sebesar Rp 5000,00. Disini juga tersedia penginapan jika kamu ingin bermalam disini. Penginapan disini berupa cottage dengan bangunan bangunan yang terbuat dari kayu.

Rute Jalan Menuju Wisata Kalibiru Kulon Progo Yogyakarta Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Yusuf Fikri

0 komentar:

Posting Komentar