Kamis, 13 November 2014

Daftar Tempat Wisata Di Palembang Dan Sekitarnya Yang Wajib Di Kunjungi

Tempat Wisata Di Palembang - Kota Palembang di Sumatera Selatan merupakan salah satu Kota besar di Indonesia. Selain itu kota ini juga merupakan kota terbesar kedua di Pulau Sumatera setelah Medan. Dulu Palembang merupakan tempat pusat Kerajaan Sriwijaya yang legendaris itu sebelum pidah ke Jambi. Di sebalah barat Kota Palembang terdapat Bukit Siguntang yang hingga kini masih diangap sebagai tempat keramat dan tempat suci bagi masyarakat Palembang. Di bukit ini ditemukan prasasti Kedukan Bukit yang isinya tentang kota Wanua sebagai ibu kota Kerajaan Sriwijaya tanggal 16 juni 682. Tanggal itulah yang dijadikan hari lahir dari Kota Palembang. Venice Of The East itulah julukan Kota Palembang saat ini sebagai pusat wisata air. Beberapa obyek wisata menarik bisa sobat temukan disini, diantaranya adalah sebagai berikut.

Daftar Tempat Wisata Di Palembang Sumatera Selatan Yang Menarik

1. Jembatan Ampera
Siapa yang belum pernah mendengar jembatan yang satu ini. Namanya begitu menggema di seluruh penjuru tanah air. Jembatan Ampera seolah menjadi landmark dari Kota Palembang. Jembatan yang dibangun diatas Sungai Musi ini memiliki panjang 1,7 Km dengan lebar 22 m dan tinggi sekitar 11,5 m. Pembangunan Jembatan Ampera memakan waktu 2 tahun yakni dari tahun 1962 hingga 1964. Kata Ampera yang digunakan untuk nama jembatan yang dulunya bernama Jembatan Musi ini adalah singkatan dari Amanta Penderitaan Rakyat. Sebenarnya bagian utama dari Jembatan Ampera ini bisa dinaikan agar kapal-kapal besar bisa masuk, namun kini untuk alasan keamanan hal tersebut tidak dilakukan.

2. Benteng Kuto Besak
Museum ini memakan waktu 17 tahun dalam proses pembangunanya yakni dari tahun 1780 dan baru diresmikan pada tanggal 21 februari 1979. Benteng Kuto Besak memiliki tinggi 9,99 meter, tebal 1,99 meter lebar 183,75 meter dan panjang 288,75 meter. Pada setiap sudut benteng ini terdapat pintu masuk. Pada pintu masuk utama yang diberi nama Lawang Kuto sobat bisa melihat sungai musi. Sementara itu pintu belakang memiliki nama Lawang Buritan. Benteng Kuto Besak menjadi kebanggan masyarakat Palembang, pasalnya benteng inilah yang menjadi saksi bisu keberhasilan mereka dalam menumpas bangsa Eropa.

3. Museum Sultan Mahmud Badarudin

Tempat wisata di Palembang ketiga yang wajib sobat kunjungi adalah Museum Sultan Mahmud badarudin. Museum ini memiliki sejarah panjang dan menjadi saksi perlawanan Sultan Mahmud Mahmud Badarudin dan pasukanya dalam perlawanan melawan Belanda. Tahun 1821 museum yang dulunya merupakan istana ini diserang oleh Kolonial Belanda. Tahun 1821 dibawah kepemimpinan I.L Van Seven House menghancurkan museum ini. Baru pada tahun 1825 museum ini kembali dibangun dan menjadi kantor perwakilan Pemerintahan Belanda. Bangunan ini kemudian dikuasai oleh tentara Jepang dari tahun 1942 hingga 1945. Pasca Kemerdekaan Indonesia, Museum Sultan Mahmud Badarudin direnovasi dan kemudian dijadikan Toritorium Sriwijaya II. 

4. Pulau Kemaro
Di tengah sungai musi tepatnya sekitar 6 km dari Jembatan Ampera terdapat sebuah pulau bernama Pulau Kemaro. Pulau ini menjadi salah satu tempat wisata di Palembang yang banyak di kunjungi. Didalamnya terdapat sebuah vihara yang biasanya dikunjungi oleh para pemeluk agama Budha unutk berziarah. Pulau Kemaro menyimpan beberapa tempat menarik seperti pagoda lantai 9 dan pohon cinta. Konon bia ada pasangan yang mengukir namanya di pohon ii, cintanya akan berlanjut sampai pelaminan.

5. Taman Hutan Wisata Punti Kayu

Tempat wisata di Palembang ini berupa hutan wisata dan satu-satunya yang ada di kota empek-empek ini. Lokasinya berada sekitar 7 Km dari pusat Kota Palembang. Taman Hutan ini sangat cocok bagi sobat yang ingin berwisata bersama keluarga. Luasnya mencapai 50 hektar dan memiliki fasilitas yang lumayan lengkap. Didalamnya terdapat kebun binatang dan penagkaran buaya. Bebera aktivitas yang bisa dilakukan disini diantaranya bermain perahu, berenang, menyaksikan aneka satwa atau hanya sekedar bersantai di taman. Taman hutan wisata Punti Kayu buka dari jam 9 hingga jam 4. 

6. Taman Kambang Iwak
Taman ini merupakan salah satu peninggalan pemerintahan Belanda di Palembang. Dari dulu Taman Kambang Iwak merupakan tempat wisata yang menarik di Palembang. Saat pagi hari, banyak orang yang berolah raga dengan lari mengelilingi kolam sepanjang 800 meter ini. Ada juga beberapa fasilitas bermain dan  aneka macam restoran berdiri di sekitar taman kambang iwak ini. 

7. Air Terjun Lematang Indah

Jika ingin mencari tempat wisata alam di Palembang, Air Terjun Lematang Indah adalah pilihanya. Air terjun ini memang tidak terlalu tinggi yakni sekitar 40 meter saja. Akan tetapi lingkungan disekitar air terjun masih begitu asri yang menyejukan mata. Saat menuju Air Terjun ini sobat akan disuguhkan dengan pemandangan yang memukau. Namun jika datang pada saat musim hujan seperti saat ini, sebainya berhati-hati karena jalan untuk menuju lokasi air terjun cukup licin. Harga tiket masuk air terjun lematang indah ini sangat murah yakni hanya Rp 4 ribu/ orang (harga bisa berubah sewaktu-waktu)

8. Masjid Cheng Ho Palembang
Tempat Wisata di Palembang yang terakhir yang semestinya sobat kunjungi adalah masji Cheng Ho. Masjid ini sangat unik karena memiliki arsitektur china. Sekarang, masjid unik di Palembang ini tak hanya untuk beribadah saja tapi juga menjadi tempat wisata. Berkeliling melihat arsitektur masjid dengan membawa sebuah kamera untuk sekedar mengabadikanya adalah hal yang bisa sobat lakukan disini.

Daftar Tempat Wisata Di Palembang Dan Sekitarnya Yang Wajib Di Kunjungi Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Yusuf Fikri

0 komentar:

Posting Komentar