Sabtu, 25 Oktober 2014

Menelusuri Wisata Goa Kreo Di Semarang

Goa Kreo Semarang - Kota Semarang merupakan salah satu kota besar di Indonesia. Dengan tingkat kepadatan yang lumayan tinggi, kota ini penuh dengan hiruk pikuk keramaian. Kendati demikian tak jauh dari keramaian kota dan padatnya lalu lintas, ada sebuah tempat wisata yang masih asri dan juga penuh misteri. Tempat itu adalah Goa Kreo, sebuah tempat yang berada sekitar 8 Km dari Tugu Muda Semarang atau lebih tepatnya di dusun Talun Kacang, Desa Kandri, Kecamatan Gunung Pati. Di sekitar goa kreo ini masih terdapat hutan alami dengan kera-kera liar didalamnya. Tempat ini juga memiliki sejarah panjang yang melatar belakanginya. Konon di tempat inilah sunan kalijaga mencari kayu jati untuk mendirikan Masjid Agung Demak. Seperti apa cerita lengkapnya? simak ulasan berikut ini:

goa kreo semarang

Sejarah Goa Kreo Semarang
Tempat wisata yang penuh misteri ini diyakini oleh penduduk sekitar bahwa Sunan Kalijaga pernah mencari kayu jati disini. Melihat segerombolan Kera, kemudian Sunan Kalijaga menyuruhnya untuk menjaga kayu-kayu tersebut. Kata "Kreo" berasal dari Mangreho yang berarti peliharalah atau jagalah. Kata kreo inilah yang kemudian dijadikan nama goa disini. Kera-kera yang ada disekitar Goa Kreo dianggap sebagai penunggu kawasan wisata di semarang yang satu ini. Monyet-monyet tersebut memiliki ekor panjang dan tergolong dalam jenis Macaca Fascularis. Jenis monyet ini termasuk jinak dan bisa bergaul dengan orang khususnya warga disekitar. 
anak tangga menuju goa kreo

Berkeliling Di Goa Kreo
Untuk menuju mulut Goa, setiap pengunjung harus melewati puluhan anak tangga yang cukup melelahkan. Di sebelah utara Goa terdapat sebuah air terjun yang memiliki air jernih dari berbagai sumber mata air. Apabila musim kemarau tiba, air tersebut tidak pernah habis. Saat sobat berkeliling disini, jangan kaget kalau ada segerombolan kera yang datang. Namun jangan takut karena kera-kera ini tidak liar. Sobat bisa bercanda dengan kera-kera ini dan memberinya makan. Sesaat setelah melewati pintu masuk sobat juga bisa menikmat i indahnya waduk jati barang. Goa Kreo sendiri letaknya diatas bukit. Untuk memasukinya tentu sobat harus membawa alat penerangan yang cukup karena didalanya tentu saja gelap gulita. Di depan Goa, sobat bisa menikmati indahnya pemandangan disekitar, pasalnya disini telah dibangun pelataran yang lumayan luas. Meski sebenarnya sobat berada diatas jurang, namun tidak begitu menyeramkan. Duduk-duduk santai menikmati hembusan angin yang menyegarkan dengan pemandangan disekitar yang memukai, tentu saja bisa menjadi obat lelah setelah menaiki anak tangga yang cukup banyak.

waduk jati barang goa kreo
Goa Kreo di semarang ini buka jam 08.00 sampai 18.00 WIB. Tempat wisata di semarang ini memang cukup lengkap, selain Goa, sobat juga bisa menikmati air terjun dan sebuah waduk. Namun yang cukup disayangkan adalah akses menuju lokasi yang dirasa masih kurang.

Menelusuri Wisata Goa Kreo Di Semarang Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Yusuf Fikri

0 komentar:

Posting Komentar